10 Tools Bisnis Online untuk Mendukung Aktivitas Bisnis

Bisnis online adalah salah satu usaha yang cukup populer dan juga menjanjikan khususnya di beberapa tahun belakangan ini. Oleh karenanya, sekarang banyak tersedia berbagai pilihan tools bisnis online yang ditujukan bagi para pemilik online shop tersebut.

Tools bisnis online mampu membantu para owner menjalankan aktivitas bisnis menjadi lebih efektif, baik dengan media sosial maupun dengan website toko online yang professional.

Nah, apabila kamu memiliki bisnis online atau baru saja ingin merintis ke dunia ini, maka beberapa tools bisnis online berikut tak boleh terlewatkan.

10 Tools Bisnis Online yang Wajib Digunakan

Dikutip dari Whiskeyandred, ada 10 tools yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan bisnis online.

1. Hosting

Hosting adalah salah satu tools bisnis online yang berguna khususnya untuk website toko online dan blog bisnis profesional.

Hosting menjadi hal yang sangat penting untuk bisnis online. Kenapa?

Jika kamu ingin membangun bisnis online yang professional, kamu akan menyadari media sosial saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan marketing bisnismu.

Kamu akan memilih untuk menggunakan blog atau website untuk memajang foto produkmu.

Mulai dari yang gratisan, yang mudah digunakan, sampai yang memastikan website aman dan cepat diakses.

Beruntungnya, sekarang kamu tidak harus memikirkan hal teknis ini sendirian.

Kamu bisa memilih provider yang membantumu mulai dari memilih, order, pembayaran, sampai maintenance hosting website.

Misalnya saja saat kamu memilih nama domain murah untuk bisnismu. Di mana nama domain sangat penting untuk identitas sebuah bisnis online.

Kamu bisa memilih di provider yang menyediakan promo domain murah.

Selain sudah dipastikan kualitasnya, domain di provider ini akan memberikan kamu keuntungan dari promo-promo yang ada.

Cloud VPS

Setelah itu, hosting yang akan kamu gunakan untuk menyimpan data di website bisa kamu pilih dari provider hosting terbaik yang bisa kamu temukan di Google.

Mau hosting biasa atau hosting WordPress yang digunakan untuk website dan blog bisnismu nantinya, kamu tidak perlu bingung.

Kini banyak provider yang menyediakan shared hosting terbaik dan juga WordPress Hosting Indonesia. Murah dan tentu saja memudahkan kamu untuk bisa melakukan maintenance.

Tanpa perlu keahlian khusus di dunia IT, kamu bisa tetap fokus menjalankan bisnis online.

2. Email

Email merupakan tools bisnis online yang bisa membuat komunikasi bisnis menjadi lebih lancar dan mudah.

Cek Konten Lainnya:
3 Cara Mengatasi Bisnis Sepi dari Pelanggan

Bisnis online tidak bisa dipisahkan dari komunikasi online yang akan kamu lakukan.

Bukan hanya lewat aplikasi chatting atau pesan singkat kepada pelangganmu, email adalah salah satu alat komunikasi yang harus dan wajib kamu gunakan.

Beberapa tools sudah disiapkan dan bisa langsung kamu gunakan untuk memaksimalkan bisnismu.

Mulai dari G Suite, produk Google yang membantu banyak bisnis online memaksimalkan bisnis mereka.

Google memberikan banyak kemudahan untuk para pebisnis online. Bahkan dari smartphone yang ada pun bisa langsung menggunakannya. Mulai dari membuat document sampai mengirim email.

Saat kamu memastikan untuk berbisnis secara professional, maka hal yang tidak akan kamu lupakan adalah membuat email dengan nama domainmu sendiri.

Nama domain ini akan membantu bisnismu melakukan branding kepada pelanggan dan calon pelangganmu.

Kamu bisa mendapatkan domain murah untuk emailmu di banyak provider, salah satunya di Jagoanhosting.com.

Kamu bisa mendapatkan beberapa list tools email untuk bisnis yang bisa kamu gunakan untuk bisnis onlinemu.

Beberapa sudah terbukti membantu banyak pebisnis, mulai dari mengirim sampai memantau bagaimana respon dan insight yang bisa digunakan untuk email selanjutnya.

Baca Juga: 5 Tools Instagram Marketing yang Bisa Meningkatkan Bisnis Kamu!

3. Digital backups + File Organisation

Tools bisnis online berikt ini dapat memastikan semua data penting tersimpan dengan baik.

Bisnis online sedikit memaksamu untuk akrab dengan dunia digital dan semua aplikasi yang memudahkan kegiatan marketing bsinismu, seperti GDrive, Dropbox dan media atau alat penyimpanan cloud lainnya.

Beberapa memilih untuk menggunakan Dropbox untuk membackup data mereka. Kenapa?

Karena Dropbox membantu dalam mengorganisasikan file dan konten dalam bentuk, text, gambar, audio dan lainnya.

Bahkan jika kamu memiliki hosting untuk website toko online, kamu bisa menggunakannya untuk tempat atau media backup data pentingmu.

Banyak pilihan media penyimpanan cloud yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kecil seperti yang sedang kamu jalani.

Bisa jadi penyimpanan awan ini lebih aman, murah dan juga mudah untuk diorganisasikan, ketimbang media penyimpanan konvensional seperti USB ataupun hardisk eksternal.

4. Penjadwalan

Tools bisnis online penjadwalan akan memudahkan untuk melakukan promo.

Beberapa orang sukses menjalankan bisnis atau kegiatan lainnya karena sudah terjadwalkan dengan sangat baik.

Ini akan sangat memudahkan dalam mengatur jadwal bertemu klien, jadwal melakukan promosi sampai jadwal untuk melakukan evaluasi.

Kamu bisa menggunakan calendar dari smartphone, laptop ataupun yang sangat digital seperti Google Calendar dan aplikasi calendar lainnya.

Bahkan mengatur jadwal akan memudahkan kamu untuk bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan yang berada di luar negeri.

Aplikasi Calendly bisa menjadi pilihanmu juga dalam melakukan penjadwalan dalam bisnismu.

Cek Konten Lainnya:
Mau Lebih Tahu Tentang SSD? Baca ini Dulu, Sob!

5. Management project

Jangan lupa memanfaatkan tools bisnis online yang berkaitan dengan manajement project untuk memastikan setiap to do list terlaksanakan.

Kamu yang terbiasa bekerja seorang diri, maka kamu harus membiasakan diri bekerja secara tim saat membangun sebuah bisnis.

Banyak project yang nyatanya tidak bisa kamu kerjakan seorang diri. Kamu membutuhkan bantuan banyak orang untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Mulai dari merencanakan sampai melakukan eksekusi suatu pekerjaan.

Kamu pastinya membutuhkan media yang bisa membantu memanajemen project bersama dengan tim. Contohnya Trello atau Basecamp. Kedua aplikasi tersebut bisa membantumu bekerja bersama dengan tim.

Untuk bisnis online, kamu bisa memasukkan beberapa project wajib di dalam aplikasi ini, seperti melakukan developing product, fotografi produk baru, analisis SEO, dan lain sebagainya.

6. Invoicing

Untuk metode pembayaran yang mudah, pastikan kamu memiliki tools bisnis online yang dapat mengurus invoice.

Bisnis online akan membuatmu menjalankan semua transaksi secara online. Paypal adalah salah satu aplikasi yang akan membantumu menerima pembayaran secara online dari customer.

Paypal. Beberapa bisnsi online juga menggunakan jasa Bank untuk membantu mencatat pembayaran dan menerima pembayaran dari pelanggan.

Berikan kemudahan bagi customer, dengan menggunakan aplikasi atau media yang mudah mereka temukan dan mereka gunakan dalam segi pembayaran online.

Jika tidak, mereka tidak akan mau membuang waktu untuk mengurus pembayaran online.

Baca juga: Apa itu Payment Gateway? Metode Pembayaran Secara Online

7. Email marketing

Pastikan customer sudah menerima email penting dari toko onlinemu.

Masih tentang email marketing, bisnis online tidak sekedar membuat dan menyebarkan kode kupon promo di website atau media sosialmu.

Kamu bisa menggunakan tools bisnis online berupa aplikasi pengiriman email marketing untuk pelanggan. Misalnya saja saat kamu menggunakan Mailchimp untuk mengirim email marketingmu.

Mailchimp sangat cocok untuk bisnis yang baru dijalankan. Di mana kamu tidak memerlukan tools email marketing lebih dari 2000 pelanggan.

Mailchimp juga bisa dijalankan secara gratis, sehingga akan lebih memudahkan kamu dalam mengirim email marketing.

Bahkan melakukan analisis hasil email yang dikirim ke pelanggan. Kamu bisa menemukan banyak insight dari email marketing yang kamu jalani.

8. Kalender editorial

Jika kamu masih merasa kesulitan mengatur jadwal dalam menjalankan bisnis, maka tools bisnis online Coschedule cocok untuk kamu gunakan.

Tools ini memastikan jadwal harianmu bisa terlaksana dan mencapai target yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Kamu yang memiliki tim bisa membagikannya dengan semua anggota timmu. Bekerja bersama dan mencapai target bisnis bersama.

Coschedule adalah aplikasi yang terhubung dengan website WordPressmu, sehingga lebih memudahkan kamu untuk menjadwalkan konten dan program marketing hanya dari 1 platform saja. Dipastikan website, media sosial dan blog akan terjadwal dengan sangat baik.

Cek Konten Lainnya:
13 Poin Plus yang Penting untuk Toko Online Kamu

Platform yang user friendly, memberikan kenyamanan untuk siapapun yang bahkan belum familiar dengan dunia IT dan aplikasi yang bisa memudahkan mereka dalam menjalankan bisnis online.

9. Desain

Desain menjadi kebutuhan yang wajib digunakan saat kamu memasarkan konten di media online, terutama media sosial.

Konten visual akan memberikan kesan dan mampu menyampaikan pesan kepada calon pelangganmu.

Tapi bagaimana jika kamu tidak memiliki keahlian dalam desain?

Jangan berkecil hati, kamu yang tidak memiliki basic desain untuk konten promo bisnismu, kamu bisa menggunakan Canva.com.

Tools bisnis online ini akan membantumu menciptakan berbagai desain mulai dari cover Facebook, Instagram, media promo sampai dengan desain email dan poster untuk websitemu.

Kamu tidak perlu lagi keahlian Photoshop atau Illustrator untuk bisa mendesain kebutuhan promosi bisnis.

Kamu bisa menggunakannya secara gratis, tapi kamu pun bisa menggunakan Canva berbayar yang akan memberikan lebih banyak otoritas dan kemudahan untuk mendesain.

Baca juga: Apa itu Social Media Marketing? Manfaat, Platform dan Strategi

10. Media sosial

Yuk lebih dekat dengan pelanggan lewat media sosial! Sekali lagi, media sosial menjadi media yang sangat terstruktur untuk memasarkan produk kita.

Banyaknya media yang bisa digunakan, memberikan kemudahan untuk pebisnis online baru dalam memaksimalkan upaya mereka memasarkan bisnisnya.

Menggunakan media sosial untuk bisnis tentu sedikit berbeda dari media sosial pribadi.

Ada banyak tools yang bisa kamu gunakan juga untuk memaksimalkan campaign di media sosial untuk bisnismu. Mulai dari penjadwalan konten sampai analisa program yang kamu jalankan.

Tidak ada batasan untuk menggunakan tools dalam menjalankan bisnis online. Karena tools tersebut akan membudahkan kamu dalam menjalankan bisnis online.

Lalu apa yang akan kamu gunakan lebih dulu?

Tak perlu bingung, kamu bisa mulai dengan membangun website toko online setelah kamu membuat akun sosial media untuk bisnismu.

Karena website akan membantumu melakukan branding secara online. Termasuk memilih nama domain bisnis yang sesuai.

Jika kamu memikirkan biaya yang harus kamu keluarkan, jangan khawatir, sebab modal yang akan kamu gelontorkan tidak akan ada apa-apanya dengan hasil branding dan marketingmu nanti.

Jadi, yuk kembangkan bisnis onlinemu dari sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pebisnis online
Read More
7 Hal Suka dan Duka Yang Dialami Pebisnis Online
Kamu seorang pebisnis online, tentu banyak suka dan duka yang kamu alami. termasuk ketemu dengan client atau pelanggan…
8 Kesalahan Sosial Media Marketing yang Sering Dilakukan
Read More
8 Kesalahan Sosial Media Marketing yang Sering Dilakukan
Belajar memahami sosial media sebagai sarana promosi memang asik dan tidak ada habisnya. Bayangkan betapa banyaknya pengguna aktif…