Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

10 Tools Bisnis Online yang WAJIB Kamu Gunakan

Beberapa tahun terakhir ini, bisnis online menjadi trend yang sangat luar biasa. Mengajak siapapun untuk menjadi pebisnis online. Hingga menciptakan beberapa tools bisnis online yang siap digunakan untuk membantu menjalankan bisnis online.

Hal ini terbukti dari banyaknya pebisnis online yang semakin mudah menjalankan bisnisnya. Baik dengan media sosial maupun dengan website toko online yang professional.

Januari 2017, Hootsuite.com memastikan bahwa ada sekitar 24.74 juta orang di Indonesia yang melakukan transaksi secara online. Lebih dari $5,6 miliar jumlah transaksi yang tercatat secara global.

Ini menandakan adanya potensi untuk siapapun menjadi pebisnis online. Baik mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis online, maupun mereka yang baru akan memulai. Seperti UMKM Lokal yang ingin memasarkan produk mereka lebih luas lagi melalui dunia online.

Namun untuk mendukung perkembangan dan kebutuhan pasar yang terus meningkat, banyak tools yang bisa digunakan agar bisnis online bisa lebih optimal.

Berikut ini adalah 10 tools yang dikutip dari Whiskeyandred.com, yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan bisnis online.

1. Hosting -> untuk website toko online dan blog bisnis profesional

Hosting menjadi hal yang sangat penting untuk bisnis online. Kenapa?

Jika kamu ingin membangun bisnis online yang professional, kamu akan menyadari media sosial saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan marketing bisnismu. Kamu akan memilih untuk menggunakan blog atau website untuk memajang foto produkmu.

Mulai dari yang gratisan, yang mudah digunakan, sampai yang memastikan website aman dan cepat diakses.

Beberapa orang akan berpikir, kenapa harus saya memikirkan hal teknis seperti ini? Sedangkan saya harus memastikan bisnis saya berkembang secara marketing?

Jelas, kamu tidak harus memikirkan hal teknis ini. Kamu bisa memilih provider yang memudahkan kamu mulai dari memilih – order – pembayaran – sampai maintenance hosting untuk websitemu.

Misalnya saja saat kamu memilih nama domain murah untuk bisnismu. Dimana nama domain sangat penting untuk identitas sebuah bisnis online. Kamu bisa memilih di provider yang menyediakan promo domain murah. Selain sudah dipastikan kualitasnya, domain di provider ini akan memberikan kamu keuntungan dari promo-promo yang ada.

Setelah itu, hosting yang akan kamu gunakan untuk menyimpan data di website, bisa kamu pilih dari provider hosting terbaik yang bisa kamu temukan di Google. Mau hosting biasa atau hosting WordPress yang digunakan untuk website dan blog bisnismu nantinya.

Kamu tidak perlu bingung. Kini banyak provider yang menyediakan shared hosting terbaik dan juga WordPress Hosting Indonesia. Murah dan tentu saja memudahkan kamu untuk bisa melakukan maintenance. Tanpa perlu keahlian khusus di dunia IT, kamu bisa tetap fokus menjalankan bisnis online.

2. Email -> untuk komunikasi bisnis onlin lebih mudah

Bisnis online tidak bisa dipisahkan dari komunikasi online yang akan kamu lakukan. Bukan hanya lewat aplikasi chatting atau pesan singkat kepada pelangganmu. Email adalah salah satu alat komunikasi yang harus dan wajib kamu gunakan.

Beberapa tools sudah disiapkan dan bisa langsung kamu gunakan untuk memaksimalkan bisnismu. Mulai dari G Suite, produk Google yang membantu banyak bisnis online memaksimalkan bisnis mereka.

Google memberikan banyak kemudahan untuk para pebisnis online. Bahkan dari smartphone yang ada pun bisa langsung menggunakannya. Mulai dari membuat document sampai mengirim email.

Saat kamu memastikan untuk berbisnis secara professional, maka hal yang tidak akan kamu lupakan adalah membuat email dengan nama domainmu sendiri. Nama domain ini akan membantu bisnismu melakukan branding kepada pelanggan dan calon pelangganmu. Kamu bisa mendapatkan domain murah untuk emailmu di banyak provider, salah satunya di Jagoanhosting.com.

Kamu bisa mendapatkan beberapa list tools email untuk bisnis yang bisa kamu gunakan untuk bisnis onlinemu. Beberapa sudah terbukti membantu banyak pebisnis, mulai dari mengirim sampai memantau bagaimana respon dan insight yang bisa digunakan untuk email selanjutnya.

Baca Juga: 22 Tools Email Marketing yang Siap Meningkatkan Keuntungan Bisnis

3. Digital backups + File Organisation -> memastikan semua data penting tersimpan dengan baik

Bisnis online sedikit memaksamu untuk akrab dengan dunia digital dan semua aplikasi yang memudahkan kegiatan marketing bsinismu. Seperti GDrive, Dropbox dan media atau alat penyimpanan cloud lainnya.

Beberapa memilih untuk menggunakan Dropbox untuk membackup data mereka. Kenapa? Karena Dropbox membantu dalam mengorganisasikan file dan konten dalam bentuk, text, gambar, audio dan lainnya.

Bahkan jika kamu memiliki hosting untuk website toko onlinemu, kamu bisa menggunakannya untuk tempat atau media backup data pentingmu. Banyak pilihan media penyimpanan cloud yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kecil seperti yang sedang kamu jalani. Beberapa diantaranya seperti di artikel berikut ini. 

Bisa jadi penyimpanan awan ini lebih aman, murah dan juga mudah untuk diorganisasikan, ketimbang media penyimpanan konvensional seperti USB ataupun hardisk eksternal.

4. Penjadwalan -> memudahkan untuk melakukan promo

Beberapa orang sukses menjalankan bisnis atau kegiatan lainnya karena sudah terjadwalkan dengan sangat baik. Ini akan sangat memudahkan dalam mengatur jadwal bertemu klien, jadwal melakukan promosi sampai jadwal untuk melakukan evaluasi.

Kamu bisa menggunakan calendar dari smartphone, laptop ataupun yang sangat digital seperti Google Calendar dan aplikasi calendar lainnya.

Bahkan mengatur jadwal akan memudahkan kamu untuk bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan yang berada di luar negeri. Aplikasi Calendly bisa menjadi pilihanmu juga dalam melakukan penjadwalan dalam bisnismu.

5. Management project -> memastikan setiap to do list terlaksanakan

Kamu yang terbiasa bekerja seorang diri, maka kamu harus membiasakan diri bekerja secara tim saat membangun sebuah bisnis. Banyak project yang nyatanya tidak bisa kamu kerjakan seorang diri. Kamu membutuhkan bantuan banyak orang untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Mulai dari merencanakan sampai melakukan eksekusi suatu pekerjaan.

Kamu pastinya membutuhkan media yang bisa membantu memanajemen project bersama dengan tim. Contohnya Trello atau Basecamp. Kedua aplikasi ini bisa membantumu bekerja bersama dengan tim. Aplikasi manajemen project lainnya bisa kamu cek di sini

Untuk bisnis online, kamu bisa memasukkan beberapa project wajib di dalam aplikasi ini, seperti melakukan developing product, fotografi produk baru, analisis SEO, dan lain sebagainya.

6. Invoicing -> metode pembayaran yang mudah

Bisnis online akan membuatmu menjalankan semua transaksi secara online. Paypal adalah salah satu aplikasi yang akan membantumu menerima pembayaran secara online dari customer.

Paypal. Beberapa bisnsi online juga menggunakan jasa Bank untuk membantu mencatat pembayaran dan menerima pembayaran dari pelanggan.

Berikan kemudahan bagi customer, dengan menggunakan aplikasi atau media yang mudah mereka temukan dan mereka gunakan dalam segi pembayaran online. Jika tidak, mereka tidak akan mau membuang waktu untuk mengurus pembayaran online.

7. Email marketing -> memastikan customer menerima email penting dari kita

Masih tentang email marketing, bisnis online tidak sekedar membuat dan menyebarkan kode kupon promo di website atau media sosialmua. Kamu bisa menggunakan aplikasi atau tools pengiriman email marketing untuk pelanggan. Misalnya saja saat kamu menggunakan Mailchimp untuk mengirim email marketingmu.

Baca juga: 7 Hal ini Buktikan Bahwa Email Marketing Masih Berpengaruh Besar bagi Bisnis

Mailchimp sangat cocok untuk bisnis yang baru dijalankan. Dimana kamu tidak memerlukan tools email marketing lebih dari 2000 pelanggan. Mailchimp juga bisa dijalankan secara gratis, sehingga akan lebih memudahkan kamu dalam mengirim email marketing.

Bahkan melakukan analisis hasil email yang dikirim ke pelanggan. Kamu bisa menemukan banyak insight dari email marketing yang kamu jalani.

8. Kalender editorial -> semua jadwal harus rapi

Jika kamu masih merasa kesulitan mengatur jadwal dalam menjalankan bisnis, maka Coschedule cocok untuk kamu gunakan. Memastikan jadwal harianmu bisa terlaksana dan mencapai target yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Kamu yang memiliki tim bisa membagikannya dengan semua anggota timmu. Bekerja bersama dan mencapai target bisnis bersama. Coschedule adalah aplikasi yang terhubung dengan website WordPressmu, sehingga lebih memudahkan kamu untuk menjadwalkan konten dan program marketing hanya dari 1 platform saja. Dipastikan website, media sosial dan blog akan terjadwal dengan sangat baik.

Platform yang user friendly, memberikan kenyamanan untuk siapapun yang bahkan belum familiar dengan dunia IT dan aplikasi yang bisa memudahkan mereka dalam menjalankan bisnis online.

9. Desain -> tidak ada waktu untuk biasa saja

Kamu pasti menyadari hal ini, desain menjadi kebutuhan yang wajib digunakan saat kamu memasarkan konten di media online, terutama media sosial. Konten visual akan memberikan kesan dan mampu menyampaikan pesan kepada calon pelangganmu.

Tapi bagaimana jika kamu tidak memiliki keahlian dalam desain? Apakah harus menghire desainer di saat bisnismu masih di awal?

Jangan berkecil hati, kamu yang tidak memiliki basic desain untuk konten promo bisnismu, kamu bisa menggunakan Canva.com. Tools yang akan membantumu menciptakan berbagai desain mulai dari cover facebook, Instagram, media promo sampai dengan desain email dan poster untuk websitemu.

Kamu tidak perlu lagi keahlian Photoshop atau Illustrator untuk bisa mendesain kebutuhan promosi bisnis.

Kamu bisa menggunakannya secara gratis, tapi kamu pun bisa menggunakan Canva berbayar yang akan memberikan lebih banyak otoritas dan kemudahan untuk mendesain.

10. Media sosial – lebih dekat dengan pelanggan lewat media sosial

Sekali lagi, media sosial menjadi media yang sangat terstruktur untuk memasarkan produk kita. Banyaknya media yang bisa digunakan, memberikan kemudahan untuk pebisnis online baru dalam memaksimalkan upaya mereka memasarkan bisnisnya.

Menggunakan media sosial untuk bisnis tentu sedikit berbeda dari media sosial pribadi. Beberapa tips yang bisa kamu gunakan bisa kamu dapatkan di sini. 

Ada banyak tools yang bisa kamu gunakan juga untuk memaksimalkan campaign di media sosial untuk bisnismu. Mulai dari penjadwalan konten sampai analisa program yang kamu jalankan.

Tidak ada batasan untuk menggunakan tools dalam menjalankan bisnis online. Karena tools tersebut akan membudahkan kamu dalam menjalankan bisnis online.

Lalu apa yang akan kamu gunakan lebih dulu?

Saran saya sebaiknya kamu mulai memikirkan memiliki website toko online lebih dulu, bisa jadi setelah kamu membuat akun sosial media untuk bisnismu. Karena website akan membantumu melakukan branding secara online. Termasuk memilih nama domain bisnis yang sesuai. Jika kamu memikirkan biaya yang harus kamu keluarkan, jangan khawatir, sebab modal yang akan kamu gelontorkan tidak akan ada apa-apanya dengan hasil branding dan marketingmu nanti.

Jadi, apa yang akan kamu pilih?

Nelsi Islamiyati