Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

5 Aplikasi Terbaik Untuk Transfer File Dari Android ke PC Tanpa Kabel

aplikasi-transfer-data-android
Aplikasi transfer data Android – via makeuseof.com

Halo, Sobat Jagoan! tentu kita sering melakukan pemindahan data dari smartphone ke PC atau laptop, kan?. Entah itu data berupa foto, video, ataupun yang lainnya. Memang, terdapat kabel USB untuk trasfer file dari smartphone ke PC atau laptop. Namun, tidak selamanya kita bisa bergantung pada kabel data. Mengingat proses transfer datanya yang lama, sampai dengan resiko gagalnya proses transfer data, jika kabel tiba-tiba tercabut, perlu kita waspadai.

Tenang, karena kali ini kami bakal memberi kalian solusi alternatif untuk memindahkan file dari smartphone android ke PC atau laptop, tanpa menggunakan kabel data. Bagaimana bisa?. Tentu saja bisa! yuk simak 5 aplikasi transfer data Android dibawah ini.

AirDroid

Aplikasi Transfer Data AndroidAirdroid – via play.google.com

AirDroid adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mentransfer file baik dari smartphone ke PC ataupun sebaliknya. AirDroid mengandalkan jaringan internet agar dapat bekerja. Selain bisa digunakan untuk transfer file antar perangkat, AirDroid juga bisa digunakan untuk melihat notifikasi smartphone dari PC dan membalas pesan dari PC. AirDroid adalah aplikasi wajib bagi kamu yang sering bekerja menggunakan PC dan smartphone sekaligus.

 

Sweech

Aplikasi Transfer Data Android
Sweech Apps – via play.google.com

Sweech menggunakan teknologi FTP (File Transfer Protocol) untuk menangani urusan transfer file antar perangkat, baik dari smartphone android ke PC ataupun sebaliknya. Walaupun merupakan teknologi yang sudah cukup lama, namun FTP masih dapat diandalkan sampai sekarang. Aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk transfer file antar perangkat tanpa menggunakan kabel USB sama sekali. Yang perlu kamu lakukan adalah mendownload Sweech di kedua perangkat, lalu menghubungkannya kedalam satu jaringan wifi yang sama.

 

Amaze File Manager

amaze-aplikasi-transfer-data-android
Amaze File Manager – via play.google.com

Amaze File Manager sebenarnya adalah aplikasi file manager namun memiliki fitur tambahan yang bisa kamu gunakan untuk transfer file antar perangkat. Masih sama dengan Sweech, Amaze File Manager juga menggunakan teknologi FTP. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang menarik karena sudah mengadopsi tampilan material desain. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di Google Play.

 

Portal

Aplikasi Transfer Data Android
Portal App – via play.google.com

Portal adalah aplikasi transfer file tanpa kabel yang dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan Pushbullet—aplikasi produktivitas terkenal untuk perangkat android. Dengan Portal, kamu bisa berkirim file antar perangkat melalui jaringan wifi, tanpa perlu menggunakan kabel USB. Tak seperti kebanyakan aplikasi transfer file antar perangkat, Portal adalah aplikasi transfer file satu arah. Namun jika kamu membutuhkan aplikasi transfer file yang bisa diandalkan, Portal tetap menjadi pilihan yang bagus untuk kamu.

 

ShareIt

Aplikasi Transfer Data Android
Share-it App – via play.google.com

ShareIt awalnya dikembangkan oleh Lenovo. ShareIt adalah aplikasi yang sangat powerfull digunakan untuk transfer file antar prangkat. Kamu bisa mentransfer file baik dari android ke android, android ke iPhone, android ke PC, ataupun PC ke android. Kabar baiknya adalah, ShareIt adalah aplikasi bebas biaya alias gratis. Kamu bisa mendownloadnya di masing-masing toko aplikasi perangkat kamu.

Nah, itu dia 5 aplikasi transfer data Android yang bisa kamu gunakan untuk mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel USB sama sekali. Kalian tertarik mencobanya? Atau mungkin kalian sudah pernah mencobanya?