Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Beginilah Algoritma Instagram dan Manfaatnya untuk Bisnis Online (Part 1)

Kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis online dengan banyak platform sosial media, maka Instagram sudah pasti kamu gunakan. Jika begitu, kamu wajib tahu Algoritma Instagram untuk bisnis onlinemu!

Instagram yang menjadi salah satu platform sosial media teramai di dunia memiliki 700 juta pengguna aktif setiap bulannya. Bukan hanya sekedar menjadi tempat berbagi konten visual saja, tapi kini Instagram menjadi ladang yang cukup menguntungkan bagi pebisnis online.

Salah satu yang menjadi kekuatan bisnis online di Instagram adalah konten yang mereka buat. Mulai dari gambar, description sampai dengan konten lain yang cukup memanjakan pengguna Instagram termasuk follower sebuah akun bisnis.

Tapi sebenarnya bagaimana algoritma Instagram itu bekerja? Dan apa yang sih yang menyebabkan sebuah konten atau postingan bisa berada di urutan teratas halaman home.

Idenya memang cukup sederhana, yaitu memastikan setiap pengguna Instagram melihat setiap postingan yang paling mereka inginkan.

Nah, tentunya kamu yang menjual produk di Instagram pasti ingin foto produkmu tampil di halaman pertama explore Instagram. Mari kita coba ulas satu persatu.

Bagaimana Algoritma Instagram itu sebenarnya?

Selama 6 tahun Instagram mengudara di dunia sosial media, Instagram merupakan media yang cukup strategis digunakan oleh banyak bisnis untuk mendapatkan lebih banyak follower atau pengikut akun bisnis, tidak terkecuali pembeli.

Sederhananya saat kamu masuk ke Instagram, kamu akan melihat postingan terbaru terlebih dahulu kan? Terlepas itu dari merek favoritmu atau merek yang tidak kamu kenal.

Kemudian pada bulan Maret 2016, Instagram mengumumkan bahwa mereka akan beralih dan menggabungkan algoritma ini dengan orang-orang yang tidak mengikuti suatu postingan.

Sebuah petisi dari Change.org yaitu “Keep Instagram Chronological”, mengatakan bahwa Instagram memperoleh 70.000 signatures dalam 24 jam. Meski demikian implementasi algoritma Instagram terus menunjukkan perningkatan dalam beberapa bulan setelahnya.

Sementara itu beberao orang masih mengeluhkan tentang algoritma Instagram ini. Instagram sendiri mengatakan, karena algoritma ini orang yang menyukai dan mengomentari lebih banyak foto atau postingan. Dan bagi mereka yang terhubung dengan suatu komunitas menjadi cara yang lebih efektif.

Dengan Algoritma Instagram ini, mereka berhasil meningkatkan basis pengguna hampir 50% dalam 10 bulan, setelah algoritma diperkenalkan.

Ini menandakan pertumbuhan yang cukup pesat dari 500 juta pengguna pada bulan Juni 2016 sampai 700 juta pada bulan April 2017.

Dengan 100 juta pengguna terkahir bergabung lebih cepat dari waktu sebelumnya.

Lalu bagaimana cara kerja Algoritma Instagram?

Dimuat dari Blog Instagram, perubahan Algoritma Instagram ini memungkinkan pengguna untuk “melihat ­postingan mana yang paling kita minati lebih dulu.” Intinya semua tentang bagaimana Instagram menemukan konten apa yang menarik minat kita dan mengarahkan ke postingan paling tinggi.

Nah, tunggu kelanjutannya di artikel besok ya gaes….

Sumber

Nelsi Islamiyati