Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Kamu Harus Ikut Membawa Indonesia Sukses dengan UMKM Go Online

Menurut data Badan Pusat Statistik, Indonesia saat ini memiliki 56,5 juta jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto sangat berpengaruh dengan peningkatan dari 57,84% menjadi 60,34% dalam lima tahun terakhir. Serapan tenaga kerja pada sektor ini juga meningkat dari 96,99% menjadi 97,22% pada periode yang sama.

Namun permasalahan utama UMKM saat ini adalah masih banyak yang masih menggunakan cara konvensional untuk berjualan. Padahal jika memaksimalkan teknologi, gaung UMKM Indonesia dapat lebih besar lagi dan kegiatan berjualan pun tidak hanya di lingkup lokal saja, namun juga internasional. Namun hingga detik ini tercatat baru 15 juta UMKM yang sudah go online.

Berjualan secara online dapat memberikan tiga keuntungan, yakni:

  • Lebih mudah,
  • Lebih murah biayanya,
  • Tidak perlu modal banyak

Melalui berjualan online, dengan memanfaatkan tampilan yang menarik, harga jual pun dapat meningkat drastis dari harga jual ketika menjual produk secara offline.

Dalam berbisnis online, hal apa saja yang harus dibutuhkan agar kegiatan berjualan berjalan efektif. Berikut diantaranya:

1. Dalam mencari ide bisnis online, usahakan ide produk harus spesifik sehingga dapat menentukan target pasar dengan jelas. Ide yang unik juga mendorong bisnis untuk dicari orang.

2. Sebelum membangun usaha, kita harus tahu bidang apa yang akan ditekuni dan apa yang dibutuhkan dan dicari di bidang tersebut. Kedua, kita harus mencari supplier sebagai penyedia produk berkualitas.

3. Tentukan tujuan anda dalam berbisnis online. Lalu, pelajari ilmu tentang barang dagangan anda.

4. Riset produk pesaing dan kelemahannya, dan memaksimalkan traffic kunjungan website/sosmed kita. Tools untuk riset antara lain: google.co.id, google trends, google keywords planner, alexa.com, google luar negeri, dan google translate.

5. Selain melalui media sosial, buat website murah untuk menjadi media berjualan. Saat ini banyak cara untuk membuat website yang mudah. Anda dapat menggunakan layanan dari salah satu perusahaan hosting murah, Jagoan Hosting untuk membangun website-mu.

Tidak mudah bukan untuk mendigitalkan bisnismu? Kalau kamu masih belum mendapat gambaran, ikuan juga #PahlawanDigital yang membantu UMKM go online. Informasi lebih lanjut tentang kegiatan ini klik www.pahlawandigital.com.

Jika saat ini kamu sudah memiliki bisnis online, namun masih sekedar menggunakan sosial media untuk melakukan promosi dan penjualannya, maka kini saatnya kamu mengembangkan bisnis onlinemu. Website toko online adalah salah satu cara agar bisnis onlinemu lebih sukses menjual produk. 

Kenapa?

Sebab, website menjadi tempat yang pas untuk sebuah bisnis melakukan branding secara online. Website mampu menampung semua konten yang menjadi bahan branding sebuah bisnis. Website toko online hampir dimiliki oleh semua bisnis online yang suskes menjual ratusan produk. Dengan website toko online setiap proses order sampai dengan pelayanan customer tidak akan merepotkan kamu sebagai pebisnis. Justru lebih memudahkan prosesmu menjual produk-produk itu.

Website toko online bukan lagi sebuah hambatan untuk dimiliki oleh semua pebisnis online. Bahkan untuk kamu yang tidak memiliki keahlian di dunia IT atau hanya tahu menggunakan blog untuk bisnis, maka kamu pun bisa memiliki website toko online ini. Jagoanhosting.com menjadi tempat untuk kamu memilikinya. Membangun dan mengembangkan bisnis online dengan media yang lebih profesional lagi.

Jadi, untuk apa menunggu terlalu lama? Pastikan kamu bisa membawa nama Indonesia menjadi lebih tinggi dengan membantu UMKM lokal Go Online.

 

 

 

SM Team