Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Menciptakan Postingan Instagram yang Menarik dan Viral? Ini Dia Tipsnya

Sekali lagi! Sosial media memegang peranan penting dalam membesarkan sebuah bisnis. Ya, jelas saja dengan konten yang menarik dan bisa menjadi viral, pebisnis online bisa mendapatkan keuntungan berlipat dari Instagram.

Setiap bulannya, sebanyak 700 juta orang menggunakan Instagram. Dimana setiap harinya ada lebih dari 400 juta orang yang aktif menggunakan Instagram. Konten yang diposting mulai dari story, foto sampai dengan text dan juga video. Konten yang disampaikan melalui media Instagram memberikan banyak pengaruh kepada penikmatnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang bagaimana algoritma Instagram memberikan kemudahan untuk penggunanya menampilkan postingan di urutan pertama. Berdasarkan kemungkinan follower ataupun pengguna lainnya tertarik dengan konten kita.

Artinya, foto atau video dengan banyak like dan komentar memiliki kesempatan yang lebih besar untuk muncul di halaman utama atau di urutan pertama.

Lalu untuk membuat postingan yang menarik dan bisa menjadi viral, dengan konten yang informatif tanpa ‘hoax’ itu seperti apa?

Pastikan judul yang kamu berikan mengundang untuk dibaca

Konten berupa text pada Instagram akan menunjukkan identitas dari sebuah merek. Dimana bukan hanya membuat orang tahu apa yang kamu jual, tapi juga bisa menghibur pengguna dan meminta pengguna untuk ikut bertindak.

Instagram memberikan batas untuk setiap caption yang ingin kamu buat. Tapi tenang saja ini sudah lebih dari cukup besar.

2.200 Karakter, termasuk emoji dan 30 Hashtag

Meski begitu, ini bukan berarti captionmu bisa dalam bentuk esai ya? Dimana hampir semua text dan dipenuhi dengan hashtag. Tentu saja ini sangat mengganggu.

Caption yang kamu buat harus benar-benar membuat followermu tertarik untuk membacanya. Termasuk mudah untuk dipahami, dan mereka tahu apa maksud dari CTA yang kamu berikan.

Berikut ini 12 Tips menyusun Caption yang menarik

1. Kenali lebih dulu siapa audiensmu

Jika kamu menggunakan Instagram untuk bisnis onlinemu, harusnya kamu sudah tahu siapa target pasar yang akan kamu tuju. Kamu juga sudah tahu dimana mereka berada, berapa usia mereka dan apa ketertarikan mereka.

Misalnya saja saat kamu menjual produk hijab, kamu akan menargetkan wanita, berusia 18-35 tahun sebagai target terbesarmu. Maka konten yang akan kamu buat di Instagram juga akan menyesuaikan dengan mereka.

Bahkan kamu pun akan membuat postingan yang bisa membuat mereka merasa terkait atau membutuhkan kamu selalu. Atau bahkan saat kamu menggunakan teknik customer service excellent pun akan membuat mereka lebih loyal.

2. Identifikasi merek atau brand kamu

Setelah kamu tahu siapa pelangganmu, kamu juga harus tahu apa yang kamu jual. Brand atau merek yang akan kamu jual harus kamu kuasai, sehingga memudahkan kamu untuk membuat konten yang informatif, menarik, viral bahkan menjual.

Kamu pun akan menyesuaikan konten brand dengan siapa pelangganmu, sehingag menentukan gaya bahasa yang sesuai. Misalnya saja kamu bisa menambahkan humor atau kisah dari munculnya produk itu dalam captionmu.

3. Pertimbangkan jumlah panjang atau pendek setiap caption

Kamu pasti ingin menampilkan semua informasi produk di caption postingan Instagrammu. Boleh, tapi jangan membuat followermu merasa terganggu dengan captionmu yang amat sangat panjang.

Kamu bisa membuat jadwal postingan, mulai dari memposting informasi yang berkaitan dengan produk, memposting detail produkmu, sampai memposting promo produkmu.

Jangan posting semua informasi dalam 1 postingan saja. Buat lebih bervariasi dalam feed Instagrammu.

Akan lebih menarik jika kamu menuliskan cerita dibalik foto tersebut. Ketimbang hanya memposting tulisan penuh dengan detail produk yang membuat orang enggan lagi membawa postinganmu.

4. Tempatkan kata-kata yang paling penting di awal caption

Saat kamu memposting foto dengan caption yang sedikit lebih panjang, maka 1 kalimat di awal akan muncul lebih dulu. Ini kesempatanmu menarik minat followermu untuk melihat apa caption yang kamu buat.

Kamu bisa menuliskan 1 kalimat yang menggambarkan apa produkmu, atau solusi yang akan diterima oleh followermu nantinya.

Beri alasan kepada pembaca bahwa kamu akan memberikan manfaat lebih saat mereka membuka button ….more.

5. Edit dan tulis lagi

Jangan ragu untuk menuliskan caption apapun untuk postinganmu. Kamu bisa membuat draftnya lebih dulu. Edit kalau perlu, tulis ulang saja. Dan jangan lupa untuk mempostingnya.

Kamu bisa meringkas setiap caption dengan menghilangkan beberapa kata yang tidak perlu di dalam postinganmu.

6. Gunakan hashtag tapi jangan berlebihan

Kita tahu batas penggunaan hashtag di dalam postingan Instagram adalah 30 hashtag. Menurut sebuah study Siply Measured, mereka yang menggunakan hashtag di dalam setiap postingannya, akan meningkatkan engagement sebesar 12,6% daripada mereka yang tidak menggunakannya. Tapi tetap dengan hashtag yang relevan dengan pos dan target audiens kita.

Jika tidak ingin mengganggu caption text yang sudah kamu buat, kamu bisa menggunakan hashtag dengan tips berikut:

  • Memisahkan hashtag dengan caption text terakhir kamu
  • Jangan membuat caption dengan seluruh text berisi hashtag. Kamu bisa menulis hashtag di bagian komentar setelah caption yang kamu tulis.

7. Buatlah pertanyaan

Jangan hanya ingin didengar. Ajukan pertanyaan kepada audiensmu. Kamu bisa melibatkan mereka dan membangun interaksi dengan audiens. Salah satunya dnegan menggunakan judul dengan mengajukan pertanyaan kepada audiensmu.

Bisa jadi pertanyaan sederhana yang hanya membutuhkan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’, atau pertanyaan lainnya.

8. Undang seseorang lewat mention

Kalau Instagrammu bukanlah satu-satunya official account dari perusahaan tau brand bisnismu, kamu bisa menyebutkannya dalam captionmu. Dengan menyebutkan account lain, kamu akan membuat audiens merasa bahwa mereka akan diperhatikan.

9. Ajak banyak pengguna untuk terlibat

Engagement dengan audiens menjadi hal yang harusnya kamu prioritaskan. Ajak mereka untuk meninggalkan komentarnya, mengajak teman mereka dengan meberi tag dan memberikan komentar mereka.

Tentu saja, konten postingan yang menarik akan membuat mereka mau merekomendasikan kepada orang lain. Kamu bisa menciptakan kontes yang diikuti oleh audiensmu.

10. Jangan ragu menggunakan emoji

Siapa bilang menggunakan emoji untuk postingan bisnis tidak professional? Selama sesuai dengan tema dan tidak mengganggu karena jumlahnya yang terlalu banyak. Emoji membantu kita menciptakan kesan hangat kepada audiens.

Kamu bisa menggunakan semua captionmu dengan emoji atau menyelipkan emoji diantara caption textmu.

11. Gunakan tanda petik

Kalau kamu ingin lebih bervariasi, masukkan beberapa kalimat seperti ulasan dari pelangganmu atau ahli yang sesuai dengan postinganmu.

  1. Jadwalkan postingan agar lebih tertata

Yang terakhir adalah menjadwalkan postinganmu. Kamu bisa membuat beberapa postingan untuk 1 hari dan kamu schedule. Sehingga kamu tidak perlu selalu mengerjakan 1 hal yang sama. Dan waktumu bisa kamu gunakan untuk hal lainnya. Kamu bisa menggunakan beberapa tools yang bisa membantumu menjadwalkan postingan sosial media. 

Nah, baru saja adalah penjelasan tentang bagaimana membuat caption yang menarik dan bisa membuat kontenmu viral. Pastinya akan sangat membantu bisnis online meningkatkan penjualan. Jelas selain website toko online sebagai mediamu melakukan branding. Kamu bisa menjalankan campaign promosi di sosial media, Instagarm salah satunya.

Nah, nantikan artikel tentang sosial media dan digital marketing untuk bisnis online di artikel selanjutnya ya. 🙂           

Nelsi Islamiyati