Cara Mudah Mengubah Blogspot Menjadi Nama Domain!

Blogspot merupakan salah satu platform blogging yang digemari di Indonesia. Apakah kamu merupakan salah satu penggunanya?. Jika iya, tepat sekali!. Kali ini, kami akan memberi panduan untuk mengubah blogspot menjadi nama domain yang sudah kamu order di Jagoan Hosting ke blogspot yang kamu punya. Yuk, simak caranya!

Ada 2 cara untuk mengubah alamat blogspot menjadi nama domain yang sudah kamu order di Jagoan Hosting.

Pertama, apabila kamu pengguna lama yang berlangganan domain sebelum pertengahan tahun 2016. Kamu bisa mengubah blogspot menjadi nama domain yang sudah kamu order di Jagoan Hosting melalui DNS Manager di Member Area.

Kedua, apabila kamu pengguna baru yang berlangganan domain setelah pertengahan tahun 2016, dimana sudah mendapatkan program “Beli domain, gratis website”. Kamu bisa mengubah blogspot menjadi nama domain yang sudah kamu order di Jagoan Hosting melalui DNS Manager WizCRM. Berikut ini, akan kami jelaskan bagaimana kedua langkahnya.

 

Mengubah blogspot menjadi nama domain : melalui DNS Manager di Member Area

  1. Login ke account blogspotmu, lalu pilih nama blog yang akan disetting dari daftar blogmu.
  2. Kemudian, pilih menu “Setting” atau “Setelan”(dalam bahasa Indonesia).
  3. Klik link “+ Setup a 3rd party URL for your blog” atau “+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda” (dalam bahasa Indonesia).
  4. Ketikkan nama domain yang akan digunakan, tambahkan www agar bisa digunakan, misal : www.domainku.com kemudian, klik “Save”.
  5. Seharusnya akan muncul error, dan ada dua CNAME yang muncul. Setiap CNAME terdiri dari dua bagian – Name, Label or Host dan Destination, Target or Points to. CNAME pertama sama untuk domain apapun, berisi Name diisi dengan “www” dan Destination “ghs.google.com”. CNAME kedua akan berbeda untuk masing masing domain.
  6. Selanjutnya, tinggal masuk saja ke Member Area untuk mengatur DNS Bloggermu Kamu bisa masuk ke menu “My Domains” > “View Details” > “Management Tools” > “Blogspot Domain”.
  7. Isikan informasi yang kamu dapat pada kolom dibawah ini, kemudian klik “Save”.
Cek Konten Lainnya:
Kenali DBMS: Pengertian, Jenis, Fungsi, Komponen, dan Contoh

Nah, setting CNAME untuk blogspot sudah selesai dibagian ini. Sekarang, kamu hanya tinggal menunggu sekitar 2 jam kembali ke blogspot untuk Save konfigurasi. Dalam waktu maksimal 24 jam, domain kamu akan mengarah ke blogspot.

PS : Jika akses yang tidak menggunakan WWW terjadi blank, maka kamu perlu menambahkan domain forwarding pada menu domain forwarding di member area mengarah ke www.namadomain.com

Mengubah blogspot menjadi nama domain : melalui WizCRM DNS Manager

    1. Buka halaman “My Domains” di Member Area.
    2. Kamu akan diarahkan ke halaman WizCRM seperti ini, lalu pilih saja menu “Settings” > “DNS setting”.
    3. Setelah kamu masuk ke halaman DNS Setting, klik menu Manage DNS” dari domain yang akan disetting.
    4. Hapus CNAME record dengan nama domain yang disetting, lalu tambahkan record baru menggunakan A record ke IP 74.125.200.121 yang merupakan ip blogspot. Atau cara lain bisa menggunakan CNAME record ke www.namadomain.com
    5. Sementara tinggalkan konfigurasi wizcrm dan loginlah ke blogspot anda. Pada blog yang akan anda setting, akan ada dropdown yang dapat anda pilih menu Settings”.
    6. Isikan dengan www.namadomain.com sesuai dengan nama domainmu, seperti gambar berikut ini.
    7. Klik “Save” dan akan muncul record DNS yang perlu kamu tambahkan seperti gambar berikut ini.
    8. Kembali ke WizCRM dan masukkan konfigurasinya seperti gambar berikut ini.
    9. Kembali ke halaman blogspotmu, lalu klik “Save” pada bagian DNS Record yang perlu ditambahkan tadi untuk memproses verifikasi dari blogspot. Apabila DNS sudah terdeteksi, maka verifikasi akan langsung berhasil.
    10. Apabila kamu masih kurang jelas, kamu bisa menyimak video berikut ini untuk panduan lengkapnya.

Nah, itu dia dua cara untuk mengubah blogspot menjadi nama domain yang sudah kamu order di Jagoan Hosting. Sekarang, kamu tak lagi bingung kan, jika ingin mengubah alamat blogspot menjadi nama domain. Selamat mencoba 🙂

Cek Konten Lainnya:
99+ Nama Website Keren yang Aesthetic dan Bagus

-->
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pasang maps di website
Read More
Cara Membuat Google Map di Website & Blog Paling Mudah
Selain menunjukkan lokasi tertentu, Google Map punya manfaat yang besar, salah satunya untuk website. Tidak heran kalau kemudian…
developer game online
Read More
Gak Cuma Coding, Ini Tugas Programmer Game Online
Kamu penggemar game online dan juga seorang programmer? Cobain deh jadi programmer game online! Selain developer game, profesi…