Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Pebisnis Online Harus Tahu! 8 Aturan untuk Menjadi Customer Service Idaman

Siapa yang tidak ingin mendapatkan pelanggan yang loyal untuk bisnis onlinemu saat ini? Salah satu syaratnya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Ya, pelayanan yang luar biasa akan memberikan dampak yang besar untuk kemajuan bisnis online. Seperti yang kamu bisa simak di artikel tips pelayanan customer service berikut ini. Ada banyak hal yang harus diketahui dan dilakukan untuk mendapatkan pelanggan loyal. Mulai dari mendengarkan permintaan, memenuhi kebutuhan sampai menerima feed back. 

Lalu, apa lagi yang harus diketahui pebisnis online untuk menjadi customer service idaman? 

1. Layanan customer service dibuat sederhana sehingga nyaman

Layanan pelanggan yang baik adalah sumber kehidupan bisnis apa pun. Kamu dapat menawarkan promosi untuk menghadirkan sebanyak mungkin pelanggan baru yang Kamu inginkan, tapi jika Kamu tidak bisa mengembalikan beberapa pelanggan tersebut, bisnis Kamu tidak akan bertahan lama.

Layanan pelanggan yang baik adalah membuat pelanggan kembali dan  membuat mereka terkesan dengan bahagia, cukup senang untuk menyampaikan feedback positif tentang bisnis Kamu kepada orang lain, yang kemudian dapat mencoba produk atau layanan yang Kamu tawarkan untuk diri mereka sendiri dan setia menjadi pelanggan tetap.

2. Jawab telepon kamu

Dapatkan call forwarding. Atau layanan penjawab. Hire staf jika Kamu perlu. Tapi pastikan seseorang mengangkat telepon saat seseorang menghubungi bisnis Kamu.(Perhatikan kata saya “seseorang” Orang yang memanggil ingin berbicara dengan orang yang hidup, bukan robot rekaman palsu.) Kemudian Cara Menjawab Telepon dengan Benar seperti berikut:

  • Jawab semua panggilan telepon masuk sebelum dering ketiga.
  • Saat Kamu menjawab telepon, hangat, antusias, dan profesional .
  • Saat menjawab telepon, temui penelepon dengan sopan dan kenali diri Kamu dan organisasi Kamu segera. Katakanlah, misalnya, “Selamat pagi, BEON INTERMEDIA.
  • Terimakasih dengan jelas, jagalah volume suara Kamu tetap moderat, dan bicaralah dengan perlahan dan jelas saat menjawab telepon agar pemanggil Kamu dapat memahaminya dengan mudah.
  • Kendalikan bahasa Kamu saat menjawab telepon dengan bahasa santun dan baku
  • Latihlah suara dan kosa kata Kamu menjadi positif saat menjawab telepon, bahkan pada saat kamu libur atau tidak berjaga. Misalnya, daripada mengatakan, “Saya tidak tahu”, katakan, “Biarkan saya mencari tahu tentang itu untuk Kamu.”
  • Ambil pesan telepon secara lengkap dan akurat.

Jika ada sesuatu yang Kamu tidak mengerti atau tidak bisa mengejanya, seperti nama keluarga seseorang, mintalah penelepon untuk mengulanginya atau mengejanya untuk Kamu. Kemudian pastikan pesan sampai ke penerima yang dimaksud. Untuk memastikan bahwa pelanggan yang menelpon bisnis Kamu sangat senang dengan cara kamu.

3. Jangan membuat janji kecuali Kamu akan menepatinya

Ini mungkin yang paling penting dari point  delapan peraturan ini untuk layanan pelanggan yang baik. Tidak berencana untuk menepatinya akan mencoreng salah satu kunci untuk hubungan baik , dan layanan pelanggan yang baik tidak terkecuali. Jika Kamu mengatakan, “Invoice hosting dan domain kamu akan dikirimkan pada pukul 10.00”, pastikan dikirimkan pada waktu itu juga. Jika tidak, jangan katakan itu. Aturan yang sama berlaku untuk janji temu klien dan lainya. Pikirkan sebelum Kamu memberikan janji!

4. Dengarkan pelanggan kamu

Apakah ada sesuatu yang lebih menjengkelkan daripada memberi tahu seseorang apa yang Kamu inginkan atau apa masalah Kamu dan kemudian menemukan bahwa orang itu belum memperhatikan dan perlu memaparkannya lagi? 

Biarkan pelanggan Kamu berbicara dan menunjukkan kepadanya bahwa Kamu mendengarkan dengan membuat tanggapan yang tepat , seperti menyarankan cara memecahkan masalah.

5. Berurusan dengan keluhan

Tidak ada yang suka mendengar keluhan. Namun,  jika Kamu memberikan perhatian Kamu pada keluhan pelanggan, Kamu mungkin bisa menyenangkan menyenangkan dan memposisikan bisnis Kamu untuk menuai keuntungan dari layanan pelanggan yang baik. 

6. Jadilah sangat membantu, bahkan jika tidak ada keuntungan langsung di dalamnya

Ketika pelanggan datang kepada kita menanyakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada di layanan kita , namun kemungkinan besar kita bisa mengarahkan untuk mencarikan panduanya maka pelanggan akan merasa senang dan puas pada layanan kita.

7. Latih staf Kamu

Latih staf Kamu (jika ada) selalu membantu, sopan, dan berpengetahuan luas.

Lakukan sendiri atau mempekerjakan seseorang untuk melatih mereka. Bicaralah kepada mereka tentang layanan pelanggan yang baik dan apa adanya. Yang terpenting, berikan setiap anggota staf Kamu cukup informasi dan kekuatan untuk membuat keputusan kecil yang menyenangkan pelanggan, jadi dia tidak perlu mengatakannya. “Saya tidak tahu, tapi begitu-dan-begitu akan kembali ke …”

8. Ambil langkah ekstra

Misalnya, jika seseorang masuk ke toko Kamu dan meminta Kamu untuk membantu mereka menemukan sesuatu, jangan hanya mengatakan, “Ada di lorong 3”. Memimpin pelanggan ke item. Lebih baik lagi, tunggu dan lihat apakah dia memiliki pertanyaan tentang hal itu, atau kebutuhan lebih lanjut. Apapun langkah tambahannya, jika Kamu ingin memberikan layanan pelanggan yang baik, ambillah. Mereka mungkin tidak mengatakannya kepada Kamu, tapi orang-orang memperhatikan ketika orang melakukan usaha ekstra dan akan memberi tahu orang lain.

SM Team