PENTING! Intip Tipe Content Marketing yang Bisa Viral

Tipe-Content-Marketing-Viral-Jagoan-Hosting-IndonesiaKamu seorang pebisnis online muda? atau seorang digital influencer? pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya content marketing dong? Sebelum melangkah lebih jauh, sebenernya apasih content marketing itu? dan kenali tipe content marketing apa saja yang sedang booming.

Kalo kata Om Wikipedia sih begini, Content Marketing adalah bentuk pemasaran yang berfokus pada pembuatan, penerbitan dan pendistribusian content untuk target audience secara online.

Nah, terus sekarang muncul pertanyaan baru nih. Gimana ya, caranya bikin content marketing yang bagus dan menjual? bahkan viral.

Untuk bikin content marketing sendiri, kamu harus memilih salah satu atau beberapa syarat content marketing :

  • Menghibur – content marketing yang memiliki daya tarik emosional yang kuat pada audiens, sehingga bisa share-able
  • Mengedukasi – content marketing yang mengedukasi bakal punya jangkauan yang luas, terutama buat target audience yang masih belum tau produkmu. Selain itu, karena sifatnya yang mengedukasi, konten jenis ini bakal shareable banget.
  • Mengajak – content jenis ini bisa dikatakan secara bertahap bakal mengubah pikiran audience. Konten jeis ini biasanya berupa artikel dengan teknik copywriting, softselling, dll.
  • Mengkonversi – terakhir, sebuah content marketing yang bagus harus bisa mengkonversi, membuat target audiencemu menentukan pilihan untuk menuju kearahmu. Misalnya, jika kamu seorang digital influencer, content jenis ini akan membuat audiencemu menentukan pilihan apakah mereka akan mem-follow atau me-subscribe channelmu.

Lalu, tipe content marketing apa saja yang bisa kamu pilih? Ini dia!

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Remarketing? Contoh dan Bedanya dengan Retargeting

1. Salah satu tipe content marketing yang paling digemari, adalah Video.

Tipe Content Marketing

 

Di era ini, siapa yang menolak kekuatan video? video merupakan tipe content yang mudah untuk di share. Apabila kamu seorang entrepreneur muda, kamu bisa membuat konsep video yang menarik terutama untuk produkmu. Ada beberapa jenis content video yang disukai di internet, seperti ‘how-to’ video, music video, product review video, unboxing video, sampai haul video. Konsep sesuai dengan target marketmu, kamu bisa melihat infografis berikut untuk mengetahui jenis video yang sesuai untuk target marketmu.

2. Mau lebih mengedukasi? buat Infografis!

Tipe Content Marketing

 

Apabila kamu membuat sebuah artikel yang sarat akan data dan informasi, kamu bisa merangkum dan memvisualisasikannya menjadi sebuah infografis. Selain lebih ringkas dan to-the-point, gambar infografis juga shareable.

3. Visualisasi content yang menarik

Tipe Content Marketing

 

Visualisasi content terutama untuk sebuah artikel tentu sangat penting. Namun, visualisasi content tidak melulu dengan infografis. Kamu bisa mencoba menambahkan gambar komik, meme, bahkan GIF, selama masih related dengan content yang kamu buat.

4. Nggak ada salahnya, nyoba artikel dengan gaya listicle

Tipe Content Marketing

 

Dedicated Hosting

Sebagai generasi yang akrab sama content digital tentu, kamu udah ga asing lagi kan, sama gaya penulisan listicle seperti BuzzFeed. Gaya penulisan ini pas banget kalo kamu mau bikin tips & tricks, daftar topik seperti daftar tempat wisata, tempat makan / kuliner, dll.

5. Buat para entrepreneur muda, bisa coba product review

Tipe Content Marketing

 

Product Review disini bisa dibuat dalam bentuk video maupun blog post. Tidak dapat dipungkiri, dalam artikel infografis kami berikut ini, terbukti video product review memang disukai oleh mayoritas Generasi X, Y maupun Z. Begitu pula dengan para digital influencer, membuat product review juga sangat bermanfaat untuk para followersmu. Selain itu, dengan membuat review product keuntungan seperti dilirik oleh brand lain, sampai menggerakkan penjualan produk yang kamu review juga bisa kamu dapatkan.

Cek Konten Lainnya:
Lead Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

6. Membuat content tutorial, juga tidak ada salahnya dicoba

Tipe Content Marketing

 

Sesuai dengan artikel infografis yang sama, jenis content tutorial atau how – to guides juga masih digemari, terlebih untuk para generasi X dan Y. Terlebih, apabila kamu seorang entrepreneur muda, tutorial mengenai produkmu wajib kamu buat. Tidak hanya itu, video jenis tutorial juga sedang booming di kalangan youtubers.

7. Jangan lupakan testimonial

Tipe Content Marketing

Apabila kamu sedang menjual sebuah produk, testimonial pelanggan akan berdampak besar. Rangkum testimoni pelanggan dalam bentuk video, dengan konsep customer story, sehingga dapat menyentuh hati target audiencemu.

Itu tadi, beberapa contoh tipe content marketing yang dapat kamu pilih. Kalau content marketing andalanmu yang mana, sob? Komen di kolom komentar ya!

 
Cloud Hosting NVME - Cloud Hosting Murah - Jagoan Hosting - Indonesia

3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tools Instagram Analytics
Read More
10 Tools Instagram Analytics Gratis dan Berbayar Terbaik
Dalam melakukan analisa pada perkembangan instagram, Dibutuhkan sebuah tools instagram analytics untuk mempermudah menilai perkembangan social media instagram…
Read More
4 Trik Membangun Digital Marketing Untuk Startup Anda
Perusahaan startup saat ini banyak sekali berkembang, di Indonesia pun perusahaan startup satu persatu mulai menampakkan dirinya ke…