Flowchart, kamu pasti sudah nggak asing lagi kan dengan nama ini? Sebenarnya apa itu flowchart? Dalam artikel Jagoan Hosting kali ini, Mimin akan membahas tentang flowchart. So, buat kamu yang kepo dengan apa itu flowchart dan bagaimana penerapannya, simak artikel ini sampai habis!

Apa itu flowchart?

apa itu flowchart
gambar dari unsplash

Secara harfiah, flowchart bisa diterjemahkan sebagai diagram alir. Yup, dalam Bahasa Indonesia flowchart disebut dengan diagram alir. Namun, dalam penggunaannya kita lebih akrab dengan sebutan flowchart. Para developer pasti udah nggak asing lagi dengan penggunaan istilah flowchart ini.

Flowchart adalah diagram yang berisi alur atau langkah-langkah sebuah proses. Proses apa yang dimaksud? Proses yang ada di dalam flowchart adalah proses dari proyek yang sedang dikerjakan. Sama seperti diagram lainnya, flowchart juga tersusun dari berbagai simbol. Flowchart berisi simbol-simbol grafis dan dihubungkan dengan panah.

Flowchart digunakan sebagai petunjuk alur proyek. Diagram ini juga digunakan sebagai ilustrasi atau gambaran proyek tersebut, termasuk gambaran penyelesaian masalah yang sedang dihadapi. Kamu bisa melihat gambaran besar dari proyek yang akan ditangani.

Flowchart ini bisa jadi pedoman penting saat kamu ingin mengembangkan perangkat, aplikasi, atau bahkan website! Dalam flowchart ini juga kamu akan tau kebutuhan-kebutuhan yang akan digunakan serta siapa penanggung jawabnya. Misalnya server dan hosting apa yang akan digunakan, Kamu juga bisa mencantumkan siapa yang meng-handle kebutuhan itu di dalam flowchart. Eits, untuk urusan hosting, Jagoan Hosting aja, Sob! Provider Cloud Hosting Terbaik dan VPS Indonesia

Simbol-simbol dalam flowchart

Simbol yang digunakan dalam flowchart bukan sembarang simbol, Sob! Setiap simbol yang digunakan punya makna tersendiri. Coba lihat gambar di bawah ini buat tau makna masing-masing simbolnya ya, Sob!

Simbol-simbol inilah yang biasanya digunakan dalam flowchart. Gambar pertama berisi panah yang menjadi petunjuk arah serta penghubung dari satu tahapan ke tahapan yang lain. Kalau kamu berencana berkarier di bidang pengembangan teknologi, ada baiknya untuk memahami macam-macam simbol flowchart ini.

Jenis-jenis flowchart

Diagram alir ini dibagi menjadi lima jenis. Lima jenis tersebut adalah flowchart sistem, flowchart dokumen, flowchart skematik, flowchart program, dan flowchart proses. Kita bahas satu per satu ya, Sob.

  1. Flowchart sistem

Ini adalah jenis flowchart yang memberikan gambaran paling besar terkait suatu proyek pengembangan yang sedang dikerjakan. Jenis diagram ini berisi alur keseluruhan proyek. Dalam diagram alir jenis ini, kamu bisa melihat alur dari setiap prosesnya. Kamu juga bisa melihat proses-proses apa saja yang akan dilakukan.

  1. Flowchart dokumen

Jenis berikutnya adalah diagram alir untuk dokumentasi. Seperti namanya, diagram ini dibuat sebagai alur pendokumentasian proyek yang sedang dikerjakan. Diagram ini berisi alur laporan dan sebagai prosedur administratif lainnya. Meskipun nggak disusun untuk keperluan teknis, tapi flowchart ini tetap dibutuhkan untuk keperluan dokumentasi. Simbol yang digunakan pun sama dengan jenis lainnya.

  1. Flowchart skematik

Jenis skematik terlihat mirip dengan flowchart sistem. Lalu, apa yang membuat kedua jenis ini berbeda? Pertama, simbol yang digunakan. Jenis skematik juga mencantumkan gambar perangkat seperti komputer di dalam diagramnya. Kedua, detail yang ada di dalam diagram. Dengan penggunaan simbol dan gambar yang lebih kompleks, jenis skematik menjadi jenis diagram yang lebih detail. Beberapa proyek membutuhkan flowchart jenis ini.

  1. Flowchart program

Diagram jenis ini terdiri dari dua diagram. Pertama, program logic flowchart. Kedua, detailed computer program flowchart. Sama seperti jenis skematik, jenis program juga berisi alur yang mendetail.

  1. Flowchart proses

Jenis yang terakhir adalah flowchart proses. Diagram ini berisi gambaran analisis langkah-langkah dari proses selanjutnya. Diagram ini biasanya digunakan untuk pelaporan dan pengembangan lebih lanjut dari proyek tersebut.

Dari penjelasan Mimin di atas, kamu jadi lebih paham kan tentang apa itu flowchart dan bagaimana sih penerapannya? Nah, buat kamu para Sobat Jagoan Hosting yang tertarik dengan topik-topik semacam ini, bisa terus pantengin blog Jagoan Hosting. Kami selalu update informasi menarik seputar teknologi, bisnis, bahkan hiburan (anime dan game). Jagoan Hosting, Cloud Hosting Terbaik Indonesia!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like