10 Cara Membuat Video Animasi, Mudah Diikuti Oleh Pemula!

aplikasi membuat video animasi

Penasaran bagaimana cara membuat video animasi? Sebuah animasi bisa menjadi prospek kerja freelance yang menguntungkan! Apalagi jika dikombinasikan dengan desain karakter yang terampil, bisa jadi para klien akan mengincarmu untuk membantu mereka menciptakan animasi-animasi singkat yang tentunya lebih disukai oleh audiens daripada sekadar foto atau teks belaka.

Mungkin kamu sudah memiliki kemampuan gambar yang sangat bagus, namun masih awam untuk membuat animasi? Tidak masalah. Jagoan Hosting sudah menyiapkan beberapa aplikasi membuat video animasi yang ciamik untuk kamu coba!

rekomendasi aplikasi membuat video animasi
gambar dari unsplash

Cara Membuat Video Animasi dengan 1o Aplikasi Ini

Ada banyak pilihan software yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat hasil karya menakjubkan. Cocok untuk pemula hingga profesional, berikut beberapa rekomendasi terbaiknya

1. Adobe Character Animator

Bisa dibilang ini adalah software yang paling powerful dan paling lengkap. Kamu bisa menganimasikan gambar karakter kamu dengan sangat cepat dan mudah, bahkan cuma modal mic sama kamera saja, lho! Nantinya wajah karakter kamu bakal berubah mengikuti suara dan ekspresi wajah kamu. Ngeri nggak?

Namun tentunya semua keunggulan itu emang harus berbayar, ya! Harga langganannya mulai $52.99/bulan.

2. Blender

Buat kamu pecinta gratisan atau freelance yang baru saja memulai karir di bidang animasi, kamu bisa banget mencoba Blender. Ini adalah software yang sifatnya open-source dan paling populer digunakan oleh para freelance. Kamu bisa menciptakan animasi 3D dan memodifikasi model, tekstur, cahaya, serta post-processing yang komplit dalam satu aplikasi.

Cek Konten Lainnya:
10 AI Voice Generator Terbaik untuk Buat Suara

Enaknya lagi, Blender bisa digunakan antar platform berbeda dan tentunya sangat ringan. Gila banget, kan? Karena sifatnya free to use, kamu bisa gunakan modal kamu untuk hal penting lain seperti membuat website portofolio yang bisa kamu dapatkan di provider hosting terbaik di Indonesia, Jagoan Hosting!

3. Animate CC/Flash

Bicara soal 2D, kamu mungkin pernah dengar tentang ‘Flash’. Yap, Flash adalah salah satu software animasi 2D yang sangat populer! Bahkan Flash sendiri juga memiliki sejarah panjang bahkan sejak awal mula munculnya internet. Nah popularitasnya itulah yang menyebabkan Flash sangat mudah ditemukan serta cocok bagi pemula yang ingin mencoba.

Kalau kamu ingin mengunduh, sekarang namanya berubah menjadi Animate CC. Harganya mulai dari $20.99 per bulan, ya!

4. Animaker

Another great 2D animation maker. Animaker adalah software gratis yang bisa kamu gunakan untuk mencoba memasuki dunia animasi. Animaker sendiri sudah dilengkapi dengan fitur dan aset-aset yang bisa digunakan untuk menciptakan berbagai video animasi 2D maupun 2.5D, lho! Bahkan ada pula fitur infografik, handicraft, whiteboard, bahkan animasi tipografi.

Umumnya Animaker memang digunakan untuk sarana infografis atau membantu proses pembelajaran atau presentasi. Nah ini kesempatan besar untuk kamu yang mau menjual layanan desain kamu secara lebih advance lewat animasi! Kalau kamu mau mencoba versi yang lebih lengkap, kamu bisa dapetin dengan harga murah yaitu $12 per bulan saja.

5. Powtoon

Jika kamu benar-benar ingin mempelajari animasi dengan cara yang mudah tanpa mengeluarkan uang, maka Powtoon bisa menjawab kebutuhanmu. Banyak variasi gaya animasi yang bisa kamu langsung gunakan baik untuk animasi kartun atau infografis. Enaknya lagi, Powtoon adalah software web-based sehingga bisa diakses dari mana saja selama ada koneksi internet!

Cek Konten Lainnya:
Ketahui Manfaat Cloud Object Storage, Yuk!

Kamu bisa mencoba versi gratisnya. Jika kamu merasa bahwa ternyata ini adalah pilihan tepat, tentunya kamu bisa mencoba versi subscription-nya, ya!

6. FlipaClip

Bagi sebagian orang, cara membuat video animasi di HP tampaknya hampir mustahil karena sangat sulit untuk dilakukan. Padahal, ada aplikasi FlipaClip yang memiliki fitur premium. Lebih dari itu, FlipaClip juga menampilkan User Interface yang simpel untuk memudahakan para penggunanya dalam membuat sketsa, storyboard, dan berbagai macam animasi lainnya

Dedicated Hosting

7. Pencil2D Animation

Selanjutnya, Ada Pencil2D Animation yang cocok untuk kamu jika senang menggambar komik. Sesuai namanya, Pencil2DAnimation dikenal sebagai salah satu software animasi 2 dimensi. Tak hanya itu, Pencil2D Animation bisa kamu gunakan sepenuhnya, gratis tanpa dipungut biaya!

8. Blender

Cara membuat video animasi berikut ini datang dari software berkonsep open source yang menawarkan layanan pembuatan video animasi. Blender cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pemula hingga profesional. Dengan blender, kamu bisa membuat game, 3D modelling, motion tracking, dan lain sebagainya.

9. Animaker

Dilihat dari namanya, kamu pasti sudah paham kalau aplikasi satu ini juga jadi yang tak boleh dilewatkan saat membahas cara membuat video animasi. Animaker memungkinkan kamu untuk mengembangkan 6 jenis video animasi seperti infografik, animasi 2D, whiteborad, dan lain sebagainya.

10. Draw Cartoons 2

Cara membuat video animasi terakhir ini cocok untuk kamu yang mager ataupun sibuk sehingga tak ingin ribet menggambar sendiri. Dengan Draw Cartoons 2, kamu bisa menggunakan berbagai template karakter secara gratis. Pilih saja karakter favoritmu dan sesuaikan setiap frame-nya!

Itu dia 10 aplikasi membuat video animasi yang wajib untuk kamu coba jika memulai kehidupan freelance animasi. Jangan lupa siapkan website portofolio agar kamu mudah ditemukan dan dikontak oleh calon klien potensial kamu. Kamu bisa berkonsultasi dengan penyedia hosting dan VPS terbaik di Indonesia, yaitu Jagoan Hosting, dengan mengunjungi website resminya langsung. Dengan layanan prima dan kualitas teratas, dijamin website kamu bakal aman dan selamat dari gangguan tidak terduga supaya kamu santai saat membuat animasi-animasi keren!

Cek Konten Lainnya:
Prediksi Yuk Durasi Total Proyekmu dengan Teknik Backward Pass

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Linux adalah
Read More
Apa itu Linux? Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan
Linux adalah salah satu Operating System (OS) yang digunakan pada desktop. Meski tak banyak dikenal layaknya Windows, namun…
captcha adalah
Read More
Apa Itu Captcha? Jenis, dan Fungsinya pada Website
Sebelum login ke sebuah website, mungkin kamu pernah diminta untuk memasukkan kode berupa susunan huruf atau angka. Itulah…