Kedua istilah di atas emang sering muncul bergantian, Sob! Yang jelas sih keduanya sama-sama menawarkan sebuah pengalaman menyentuh atau berinteraksi dengan benda digital yang ditampilkan di dunia nyata! Tapi ternyata keduanya berbeda, lho! Meskipun sama-sama berbasis digital, ada perbedaan antara augmented reality vs virtual reality.

Jika kamu mau jadi developer kelas dunia yang tertarik mengembangkan teknologi ini, wajib banget kamu mengerti perbedaan keduanya, Sob! Jagoan Hosting sebagai penyedia layanan hosting rekomendasi dan VPS terbaik di Indonesia, bakal kasih kamu kisi-kisi yang bisa kamu makin paham!

1. Augmented reality vs virtual reality: Sebenarnya nggak beda jauh!

Meskipun bukan saudara kembar, tapi AR dan VR bisa dibilang adalah sepupu dekat! Keduanya sama-sama berusaha membawa penggunanya menuju pengalaman digital yang kaya dan seru banget.

Keduanya juga sama-sama bisa menggunakan head device alias kacamata yang bisa mengubah realita kamu, kok.

Lalu perbedaannya dimana? Augmented reality vs virtual reality dapat dibandingkan dari seberapa penting kondisi dunia nyata di sekeliling pengguna itu perlu ditampilkan.

Hal ini dikarenakan AR membutuhkan kondisi dunia nyata yang utuh, sedangkan VR menciptakan dunia digital itu sendiri.

2. AR membantu mewujudkan benda digital ke dunia nyata

Virtual Reality vs Augmented Reality
Photo by Patrick Schneider on Unsplash

Contoh paling mudah adalah meminta pengguna kamu untuk scan kode dari sebuah kartu kemudian mewujudkan monster digital sesuai yang ada di kartu tersebut!

Atau game yang pernah beken Pokemon Go menawarkan sensasi menangkap Pokemon dengan background sesuai lingkungan sekitarmu.

Augmented reality membawa konsep digital menjadi seolah tampak nyata dan bersinggungan dengan dunia nyata. Apalagi kini beberapa smart device sudah dilengkapi scanner yang bisa mendeteksi objek hingga jarak untuk mempertimbangkan munculnya karakter digital.

Sesuai namanya, augmented berarti ‘ditingkatkan’. Pengguna seolah-olah mendapatkan pengalaman dunia nyata yang lebih next level, Sob!

3. Sebaliknya, VR justru menarikmu ke dunia digital

Virtual Reality vs Augmented Reality
Photo by Hammer & Tusk on Unsplash

Buat yang nggak paham augmented reality vs virtual reality, pasti kebanyakan beranggapan semua interaksi digital adalah VR.

Padahal VR fokus pada membawa pengguna masuk ke dalam dunia digital! Inilah pentingnya device seperti Google Cardboard dan Oculus Rift yang membuat pengguna seolah melihat dunia yang baru, bahkan masuk ke game tersebut.

Kalau sudah begini, pengguna malah lupa dengan dunia nyata dan asik mengalahkan monster di game kamu, Sob!

4. Tentukan kebutuhan augmented reality vs virtual reality untuk user kamu

Kedua perbedaan mendasar di atas bisa menjadi patokan apakah kamu membutuhkan augmented reality atau virtual reality.

AR membutuhkan device yang lebih mudah dan hampir bisa diaplikasikan di semua device, apalagi jika mendukung AR service.

Sedangkan VR membutuhkan sebuah device untuk menutup dunia nyata sepenuhnya.

AR cenderung menjadi aplikasi pendukung untuk di dunia nyata seperti simulasi bangunan, mengukur jarak dengan sistem AR, dan juga mengenal hewan-hewan dalam ukuran aslinya melalui kamera device.

Bagaimana dengan VR? Virtual reality bisa digunakan untuk simulasi pesawat, kendaraan, pelatihan kondisi darurat, bahkan hingga tur visual! Tentunya membutuhkan device yang cukup canggih agar bisa mendapatkan pengalaman VR yang kaya.

Kira-kira bakal jadi apa ya di kemudian hari?

Seperti yang disebutkan di atas, kamu bisa lho mengeksplorasi kegunaan AR dan VR untuk kemudian hari, Sob! Siapa tahu kamu punya ide untuk mengajak teman-teman dari luar negeri untuk menjelajahi Indonesia, simulasi on job training untuk pegawai magang, hingga alat pembelajaran bagi siswa yang memudahkan secara visual.

Tentunya kamu harus menyiapkan server digital yang bagus agar memudahkan aplikasi kamu berjalan sempurna, Sob!

Seperti menggunakan VPS X OpenVZ dan KVM terbaik yang bisa kamu pilih untuk aplikasi kamu! Mulai dari 80.000 per bulan saja, kamu sudah mendapatkan server berkualitas internasional dengan kebutuhan CPU, memori, dan storage yang bervariasi sesuai kebutuhan kamu. Mulai bikin aplikasi AR dan VR kamu dari sekarang di sini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like