Siapa bilang kalau gelar seorang sarjana hanya bisa diperoleh melalui kuliah normal? Sekarang gelar sarjana sudah bisa diperoleh secara online. Bukan berarti beli dari internet, tetapi kuliah online. Tentunya, semakin mudahnya akses teknologi terutama bidang pendidikan, akan memunculkan sistem pendidikan yang beragam pula. Milenial masa ini merupakan generasi yang pertama kali dapat merasakan kuliah online. Tetapi kalau dipikir, apakah kuliah online sebagus yang kita dengar-dengar?

Kuliah online adalah konsep sistem kuliah yang masih terdengar baru untuk sebagian besar dari kita. Kadang juga banyak dari kita masih bertanya-tanya akan seberapa efektifnya sistem perkuliahan online, dan apa saja benefitnya dibanding kuliah tatap muka? Meski masih sangat baru, beberapa kampus-kampus di Indonesia sudah efektif menerapkan kuliah online. Berikut universitas-universitas yang sudah menerapkan sistem kuliah online beserta prestasi-prestasinya.

  1. Universitas Terbuka

Jika mendengar kata “kuliah online”, tidak sedikit dari kita yang langsung berpikiran “kuliah online? Oh kayak UT itu ya?”. Universitas Terbuka dikenal dengan sistem kuliah online dan sistem pendidikan yang sangat terbuka, yaitu tidak memandang tahun kelulusan pendaftar dan tidak membatasi waktu menempuh studi. Meskipun begitu, Universitas Terbuka merupakan kampus revolusioner dan tergolong pada “The Top Ten Mega University of the World” dan salah satu anggota sekaligus pendiri “The Global Mega-University Network (GMUNET). GMUNET didirikan pada tahun 2003 merupakan jaringan universitas terbuka seluruh dunia dengan jumlah mahasiswa yang terdaftar lebih dari 100.000 orang.

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia termasuk salah satu universitas yang sudah menyediakan sistem kuliah online cukup lama, yaitu sejak tahun 2002. Sistem kuliah online yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana penunjang proses pembelajaran. Mungkin untuk baru-baru ini, penggunaan smartphone untuk kuliah juga tidak asing lagi. Untuk prestasi, Universitas Indonesia sudah pasti tidak diragukan lagi. Merupakan 10 besar universitas terbaik di indonesia selama beberapa tahun terakhir, dan telah meraih posisi di 200 Universitas Terbaik versi BRICS and Emerging Economics Rankings sejak tahun 2016.

3. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara, atau lebih kita kenal sebagai Universitas BINUS dikenal dengan teknologi informasi dan komunikasinya (TIK), tentu saja tidak heran jika BINUS menyediakan sistem perkuliahan online. Universitas BINUS dikenal sebagai universitas swasta terbaik di indonesia (UniRank). Selain itu, sistem perkuliahan online yang diberi nama BINUS Online Learning (BOL) sudah terakreditasi menjadi kampus online terbaik di Indonesia.

Meski sistem kuliah online sudah dikenal banyak orang, tetapi bukan berarti setiap universitas dapat menyelenggarakan kuliah online. Kuliah online membutuhkan standar kelayakan penyelenggaraan sistem perkuliahan online, terutama pada sarana dan prasarana bidan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Meski kuliah online belum memiliki tingkat minat yang tinggi, tetapi telah menjadi solusi pendidikan bagi berbagai kalangan masyarakat, terutama golongan karyawan. Dengan begitu, tingkat literasi ilmu di Indonesia dapat meningkat dengan jauh lebih mudah dari sebelumnya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like