Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Lingkungan Kerjamu Penuh dengan Anak Muda? Ini Dia Untungnya

Jika di era sebelumnya, pekerjaan seolah hanya untuk mereka yang sudah berpengalaman atau minimal memiliki gelar S1 di setiap bidangnya. Maka tidak untuk di era saat ini dan untuk kedepannya. Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh anak muda, bahkan bagi mereka yang baru lulus dari SMK dan ingin mencoba menitih karir saat masih menjadi mahasiswa aktif. Generasi millennial memiliki peluang yang besar untuk sukses menjadi seperti yang mereka inginkan bahkan sebelum mereka bergelar sarjana dari bangku kuliah.

Beberapa perusahaan di seluruh dunia sudah memberikan peluang dan kesempatan ini untuk mereka yang bukan hanya mencari keuntungan tapi juga ingin mengembangkan apa yang mereka miliki. Perusahaan rintisan atau startup adalah salah satu yang memanfaatkan ini. 

Tapi apakah kamu sudah tahu ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan saat bekerja di lingkungan dengan penuh anak muda di dalamnya. Ya, mereka bukan hanya membawa suasana baru yang lebih santai dan tidak terkesan terlalu menegangkan, tapi juga memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Seperti…

1. Jadi lebih cepat update perkembangan baru 

Anak muda atau generasi millennial adalah mereka yang tidak bisa lepas dari gadget dan selalu update terhadap apapun perkembangan di dalamnya. Mereka bukan generasi yang sulit mencari informasi karena sudah jarang menonton berita di televisi. Tapi mereka adalah generasi yang jauh lebih cepat menyerap dan membagikan informasi terbaru yang mereka terima. 

Tentu saja ini sangat menguntungkan bagi sebuah perusahaan. Apalagi saat perusahaan memiliki target anak muda atau generasi millennial sama seperti pegawainya. Upaya untuk tune in bukan lagi masalah yang sulit. Karena mereka bisa melakukannya dengan lebih mudah.

2. Bisa mendapatkan banyak ide yang fresh 

Selain tahu banyak perkembangan baru di sekitar kita. Dari mereka pula kita bisa mendapatkan banyak ide fresh dan mengembangkannya menjadi sebuah produk baru yang mudah diterima oleh pasar. Generasi millennial adalah generasi yang cukup kritis. Dari mereka kita bisa lebih mudah mendapatkan banyak kritik dan saran, bahkan feedback bagaimana harusnya sebuah produk disampaikan kepada pelanggan. Nah, dari ide tersebut jugalah banyak perusahaan yang mampu menciptakan produk yang bisa diterima banyak generasi, termasuk generasi millennial.

3. Energi yang ditularkan selalu menuntutmu bergerak

Anak muda memang memiliki energi yang lebih banyak. Mereka lebih aktif, lincah dan cekatan. Ada kalanya mereka tidak bisa duduk diam di meja kerta dan berjam-jam menghadap laptop sampai sore hari. Mereka akan lebih suka bekerja dimana membutuhkan tenaga dan keahlian untuk berkomunikasi dengan banyak orang baru. Bahkan bagi perusahaan hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan jaringan perusahaan dari sisi personal. Anak muda di dalam kantor akan lebih mudah bergaul dan menyesuaikan diri dengan perusahaan lain yang bisa menjadi potensial partner bagi perusahaan kita.

4. Belajar bahwa berbisnis bukan sekedar keuntungan tapi memberikan banyak nilai

Jika kamu sadari, banyak anak muda yang aktif dalam berbagai kegiatan baik di organisasi maupun di perkumpulan atau perusahaan lainnya. Mereka yang pada dasarnya suka berkumpul dan beraktivitas fisik lebih mudah dan nyaman jika dilibatkan dalam setiap usaha yang menghasilkan banyak nilai, bukan keuntungan berupa gaji yang besar. Ada banyak anak muda yang tidak begitu aware dengan berapa gaji mereka. Hanya terlalu peduli pada apa yang mereka lakukan dan berdampak pada lingkungan. Jika perusahaan kamu memiliki program CSR, mereka bisa turut dilibatkan untuk menciptakan lebih banyak lagi peluang kesuksesan.

5. Saatnya untuk berkolaborasi mewujudkan banyak mimpi besar bersama

Nah, yang terakhir adalah melibatkan mereka untuk turut dalam menciptakan banyak program atau kegiatan di perusahaan. Generasi Millennial adalah generasi yang suka berkolaborasi dengan banyak orang. Mereka bisa dilibatkan dengan meminta ide, melibatkan dalam berbagai meeting bahkan mengajak mereka merancang dan mengkoordinasikan semua jenis kegiatan dengan mereka. Ajak mereka lebih banyak berkolaborasi bahkan untuk kegiatan internal tim.