Salah satu game yang paling populer adalah Minecraft, Game yang dirilis tahun 2011 tersebut telah terjual lebih dari 176 juta kali pada saat itu. Game ini sepenuhnya dapat dikustomisasi, Dengan membuat server minecraft sendiri kamu mendapat kebebasan penuh untuk memodifikasi gameplay sesuai preferensi kamu sendiri.

Minecraft dapat dimainkan secara offline maupun online, bisa sendiri atau multiplayer bersama teman-teman. Apabila kamu ingin bermain dengan mode multiplayer, akan lebih baik jika jika kamu punya server sendiri. Nah artikel ini akan membahas tentang tutorial cara membuat server minecraft sendiri dengan VPS.

Apa itu Minecraft?

Minecraft adalah game yang memungkinkan pemain membangun dunia 3 dimensi menggunakan berbagai blok berbeda. Game ini membutuhkan kreativitas dari para pemain untuk mendesain dan membangun dunia virtual mereka sendiri.

Pada Java Edition, Memungkinkan para pemain untuk menyesuaikan permainan dengan mods sehingga mereka dapat membuat preferensi sendiri mengenai mekanisme permainan, item, tekstur dan aset gameplay baru.

Game ini memiliki beberapa mode permainan yang telah tersedia:

  • Mode Kreatif , Mode yang memungkinkan pemain membangun apa pun yang dapat mereka bayangkan dari sumber daya tanpa batas yang diberikan kepada mereka.
  • Mode Survival, Mode dimana pemain harus mengumpulkan sumber daya alam seperti kayu dan batu dengan menjelajahi dunia. Pemain juga perlu membangun rumah untuk melindungi diri dari musuh dan sumber makanan untuk bertahan hidup.

Game ini mendukung mode Multiplayer, Sehingga kamu dapat bermain dengan banyak pemain untuk berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain di satu dunia. Pemain dapat terhubung ke server yang tersedia untuk umum atau menggunakan server Minecraft pribadi untuk saling berinteraksi.

Mengapa Kamu Harus Menjalankan Server Minecraft Pribadi?

Ketika kamu menggunakan server minecraft yang sudah tersedia, Maka jangkauan permainan kamu terbatas. Kamu terikat dengan aturan dunia tempat kamu bermain. Berbeda jika kamu membuat server minecraft sendiri.

Dengan menggunakan server Minecraft miliki kamu sendiri, Kamu dapat mengatur preferensi aturan permainan dan mengundang siapapun untuk bermain bersama kamu. Kamu dibebaskan menginstal semua mod yang kamu inginkan dan menyesuaikan dunia kamu dengan elemen-elemen yang awalnya tidak tersedia sebelumnya di game.

Tertarik untuk membangun server minecraft kamu sendiri? Yuk ikuti informasi dan tutorial mengenai pembuatan server minecraft pribadi.

Spesifikasi Server untuk Game Minecraft

Berapa spesifikasi server yang dibutuhkan untuk membuat server minecraft pribadi? Spesifikasi yang dibutuhkan untuk membangun server minecraft tidak begitu besar. Minecraft membutuhkan setidaknya RAM berkapasitas 1024MB, Lebih besar lebih baik agar performa saat bermain game lebih tinggi.

Selain RAM kapasitas bandwidth juga tak kalah penting, Terutama jika server pribadi kamu digunakan untuk banyak orang.

Untuk pemilihan server, Kamu bisa menggunakan VPS Jagoan Hosting. Kamu cukup pilih paket X1 dengan harga 120/bulan dan kamu akan mendapatkan spesifikasi 3 CPU Core, 3 GB Memory, 40 GB Storage, 1 TB  Bandwidth, 1 IP Public, dan 1 IP Private. Spesifikasi ini sangat cocok dan tepat untuk membangun server minecraft sendiri, 

Cara Membuat Server Minecraft di VPS

Membuat Server Minecraft
Membuat Server Minecraft sendiri

Setelah kamu memiliki VPS yang nantinya digunakan untuk membangun server minecraft sendiri, Sudah saatnya untuk menginstal Minecraft game server. Berikut cara membuat server minecraft sendiri dengan VPS :

  1. Login ke Server sebagai “root” menggunakan SSH
  2. Buat folder baru untuk menyimpan data minecraft, gunakan perintah “mkdir minecraft
  3. Masuk ke direktori minecraft yang sudah kamu buat, gunakan perintah “cd minecraft
  4.  Install Java, Gunakan perintah “apt-get install default-jdk
  5. Unduh Aplikasi Minecraft, Gunakan perintah “wget https://launcher.mojang.com/v1/objects/3dc3d84a581f14691199cf6831b71ed1296a9fdf/server.jar
  6. Buka port default Minecraft “25565” 
  7. Rubah pengaturan eula, Gunakan perintah “nano eula.txt” Kemudian ubah nilai eula dari false menjadi true.
  8. Install Screen untuk menjalankan minecraft server walaupun kamu terhubung ke VPS atau berjalan di belakang layar, gunakan perintah “sudo yum install screen”
  9. Jalankan aplikasi minecraft, Gunakan perintah “screen java -Xmx1024M -Xms1024M -jar minecraft_server.jar nogui” Note : -Xms dan -Xmx untuk menentukan jumlah minimum dan maksimum RAM, Kamu bisa merubahnya.

Setelah kamu mengikuti langkah-langkah diatas, Kamu sudah bisa menggunakan server minecraft kamu sendiri. Server Minecraft yang dibuat di atas menggunakan pengaturan standar.

Jika kamu ingin membuat dunia baru, ubah level-name direktif dalam file server.properties serta pengaturan lain yang sesuai. Untuk informasi lebih lanjut, Kamu bisa melihat dokumentasi resmi.

Cara terhubung ke server Minecraft saya sendiri?

Setelah kamu sudah mempunyai server sendiri, Kamu bisa langsung menggunakannya. Lalu bagaimana caranya? Caranya pun cukup mudah, Saat server kamu sudah aktif dan berjalan, sambungkan ke klien game Minecraft. Caranya sebagai berikut :

  1. Jalankan game minecraft kamu
  2. Setelah itu masuk ke akun Minecraft Anda, dan klik tombol Multiplayer.
  3. Klik tambah Server dan masukkan nama untuk server kamu dan alamat IP publik VPS kamu 
  4. Server kamu sekarang terdaftar dalam daftar server. Klik pada server dan kemudian gabung server untuk menghubungkannya.
  5. Selamat! Sekarang kamu terhubung ke server Minecraft kamu sendiri

Itulah cara membuat server minecraft sendiri, Kamu bisa bermain game sebebas mungkin dengan server minecraft yang sudah kamu buat. Kamu bisa jadikan Minecraft sebagai Game saat WFH

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like