Apa itu Bandwidth? Fungsi Bandwidth Untuk Transfer Data

Segala sesuatu yang perlu kamu tahu tentang bandwidth dan bagaimana menghitung Bandwidth yang kamu butuhkan

Pengertian Bandwidth sendiri bisa diartikan sebagai jumlah nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam hitungan bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Bandwith bisa diartikan juga kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik.

Meski bandwidth memiliki sejumlah arti teknis, tetapi karena bandwidth dipopulerkan di internet, umumnya merujuk pada volume informasi data per unit waktu yang dapat ditangani oleh sebuah transmisi (seperti koneksi internet).
apa itu bandwith ilustration

Koneksi internet dengan bandwidth yang lebih besar dapat memindahkan sejumlah data yang ditetapkan (misalnya, streaming video) jauh lebih cepat daripada koneksi internet dengan bandwidth yang lebih rendah.

Bandwidth biasanya dinyatakan dalam bit per detik , seperti 60 Mbps atau 60 Mb / s, untuk menjelaskan laju transfer data 60 juta bit (megabits) per detik.

 

Pengertian Bandwidth Bisa di artikan juga seperti sebuah pipa

Data adalah bandwidth yang tersedia karena air adalah ukuran pipa. Dengan kata lain, karena jika bandwidth juga meningkat maka jumlah data yang dapat mengalir melalui dalam jumlah waktu tertentu juga bisa meningkat, seperti halnya diameter pipa meningkat, maka meningkat juga jumlah air yang dapat mengalir melalui pipa selama periode waktu.

apa itu bandwidth infografis

Katakanlah kamu sedang streaming video, rekanmu memainkan game online, dan beberapa orang lain di jaringan kamu juga mendownload file. Maka jika kamu memiliki bandwith yang kecil maka koneksi internet kamu akan sedikit lebih lemot, ini ada hubungannya dengan bandwidth.

Kembali ke analogi pipa, asumsi pipa air ke rumah (bandwidth) memiliki pipa yang sama, karena keran kamar mandi, pancuran, keran wastafel dihidupkan (jumlah unduhan data ke perangkat yang digunakan), maka tekanan air di setiap titik keran(“kecepatan” di setiap perangkat) akan mengurang, karena hanya ada pipa kecil yang tersambung ke aliran rumah tapi banyak digunakan pada setiap aktifitas yang tersedia ke rumah (jaringan Anda).

 

Kemudian, apa itu bandwidth pada layanan web hosting?
Pengertian Web Server Adalah - jagoanhosting.com

Dalam layanan hosting, pengertian bandwidth pun sebenarnya sama. Pengertian bandwidth dapat diartikan sebagai kapasitas volume data maksimal yang dapat ditransfer, saat proses akses data pada server hosting. Jika bandwidth pada layanan hosting kita besar, maka website akan ter-load lebih cepat, karena server mampu mentransfer data yang besar tiap detiknya.

Dalam memilih layanan hosting, pastikan provider hostingmu menyediakan bandwidth yang besar. Bahkan, di Jagoan Hosting, kami menyediakan layanan hosting dengan bandwidth unlimited. Sehingga, akan mempermudah dan mempercepat akses websitemu.

Setelah membaca penjelasan diatas, semoga kamu semakin paham mengenai pengertian bandwidth terutama dalam layanan hosting dan pentingnya untuk websitemu. Mulai sekarang, pilih layanan hosting yang memiliki bandwidth unlimited, agar performa websitemu semakin mantap.

Simak juga, apasih pengertian hosting itu? DISINI <<

 

Lalu berapa banyak bandwidth yang dibutuhkan untuk sebuah website?

Berapa banyak bandwidth yang kamu butuhkan tergantung pada apa saja kebutuhanmu dan traffic di websitemu, semakin sering intensitas interaksi yang terjadi di websitemu  maka semakin banyak kebutuhan bandwith yang kamu perlukan. Untuk sebagian besar, lebih banyak lebih baik, tentu saja dibatasi oleh anggaran keuangan kamu.

Secara penggunaan umum, jika kebutuhan website mu masih dalam tahap awal dan memiliki traffic yang relatif kecil, mungkin Bandwidth dan kecepatan koneksi yang rendah dan sedang sudah cukup untuk kamu.

Namun jika kamu memiliki kebutuhan website lancar dan memiliki traffic yang besar, dan untuk keperluan pengembangan yang membutuhkan Bandwidth dan storage yang besar maka kapasitas server yang besar akan dibutuhkan.

0 Shares

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.

Dapatkan Informasi Disini
Kamu lagi butuh apa sob?

Troubleshooting

Cari Solusi

Informasi Produk

Dapatkan Sekarang

Andro - Your Space Friend

Tulis permasalahan mu disini dan aku akan mencari solusinya