Buatmu yang Masih Bingung, Apasih Pengertian Hosting Itu?

Apakah kamu sering mendengar tentang istilah hosting?. Sebagai orang awam, beberapa dari kita mungkin masih bertanya – tanya apasih pengertian hosting itu?. Nah, kali ini Jagoan Hosting bakal ngasi tau mengenai pengertian hosting tersebut.

 

Pengertian Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan segala macam kebutuhan suatu website agar dapat online di dunia maya atau internet. Agar website kita bisa online di dunia maya, maka tentu website kita membutuhkan layanan hosting.

ilustrasi pengertian hosting

 

Lantas, dimana kita bisa mendapatkan hosting?

Tentu, kita harus menyewa hosting atau dapat dikatakan “tanah di dunia maya” pada provider hosting. Provider hosting saat ini sudah banyak dijumpai. Namun, kita juga harus memastikan provider hosting tempat kita mempercayakan website kita tersebut berkualitas dan terpercaya.

Banner Jagoan Hosting 760x90 GIF

 

Cara memilih spesifikasi hosting yang berkualitas untuk website kita. 

 

1. Diskspace

Pilih paket web hosting yang memiliki kapasitas diskspace yang sesuai dengan kebutuhan website kita. Selain jumlah kapasitas yang harus sesuai, jenis media penyimpanannya pun tak boleh luput dari perhatian. Alih – alih memilih HDD, lebih baik menggunakan web hosting yang sudah menggunakan SSD. Karena, SSD terbukti 8 kali lebih cepat dari HDD.

Tak ada salahnya juga mencoba teknologi penyimpanan terbaru seperti, NVMe. Lebih baik dari SSD, NVMe Saat ini telah tersedia cloud hosting menggunakan teknologi penyimpanan NVMe yang terjangkau dari Jagoan Hosting.

 

2. Bandwidth

Apabila bandwidth layanan hosting yang kita pakai besar, maka website akan ter-load lebih cepat. Karena, server mampu mentransfer data yang lebih besar tiap detiknya. Dalam memilih layanan hosting, pastikan provider hostingmu menyediakan bandwidth yang besar seperti di Jagoan Hosting, yang menyediakan layanan hosting dengan bandwidth unlimited. Sehingga, akan mempermudah dan mempercepat akses websitemu.

 

3. Random Access Memory (RAM)

Jika diskspace merupakan tempat penyimpanan tetap dari sebuah file hosting, maka RAM adalah sebuah tempat penyimpanan file sementaranya. Semakin besar RAM, maka akan semakin cepat, web hosting memproses akses website kita.

 

4. Entry Process (EP)

Entry Process (EP) dalam hosting merupakan tolak ukur untuk menghitung banyaknya script website yang diproses web hosting dalam satu waktu. Satuan waktu yang digunakan yaitu millisecond. Contohnya, untuk paket Cloud Hosting NVMe : SUPERSTAR memiliki 170 EP, artinya dalam waktu 1 millisecond, hosting tersebut dapat memproses 170 script website.

 

5. I/O

Spesifikasi web hosting selanjutnya yang tak boleh ketinggalan adalah I/O atau Input Output. I/O menentukan seberapa cepat proses upload dan download pada layanan hostingmu.


Apabila kamu masih bingung, bagaimana cara memilih hosting yang berkualitas. Simak, tips memilih hosting selengkapnya DI SINI. Sekarang kamu tidak bingung lagi kan, jika ditanya apasih pengertian hosting itu?. Sekarang, tinggal tentukan di provider hosting mana, kamu akan mempercayakan websitemu berada. Nah, untuk memperjelas mengenai apasih pengertian hosting itu?. Tonton selengkapnya, di video penjelasan berikut ini.

>> Simak juga, apasih pengertian domain itu? DISINI <<

0 Shares

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.

Dapatkan Informasi Disini
Kamu lagi butuh apa sob?

Troubleshooting

Cari Solusi

Informasi Produk

Dapatkan Sekarang

Andro - Your Space Friend

Tulis permasalahan mu disini dan aku akan mencari solusinya