Cari tutorial

Tutorial Restore Account Hosting dari CPanel

Artikel kali ini akan membahas bagaimana melakukan backup website anda, Kenapa backup perlu dilakukan ? Jawabannya karena backup merupakan salah satu Tips Memelihara Website .


Berikut merupakan cara melakukan backupnya:

Step 1 : Login ke halaman cPanel.

Anda bisa Login ke cpanel layanan anda dengan menggunakan link namadomain/cpanel atau bisa dari member area caranya Anda login terlebih dahulu lalu masuk ke menu service, jika sudah pilih layanannya dan bagian bawah akan ada pilihan login to cpanel, pilih menu tersebut.

Saat masuk ke halaman login ke cpanel masukkan data username dan password yang valid lalu klik log in. Pilih menu Backups


Restore Account Hosting


Step 2 : Pilh menu Full Backup , Selanjutnya klik Download or Generate a Full Website Backup

               Restore Account Hosting


Step 3 : Selanjutnya silakan anda isikan email anda, seperti gambar dibawah . Fungsinya jika backup selesai maka akan muncul informasi di email anda.

Backup Destination : adalah letak folder tujuan hasil backup yang dilakukan (biarkan default saja). Email Address : email yang digunakan untuk notifikasi apabila backup selesai dilakukan (direkomendasikan untuk diisi)

              Restore Account Hosting

 


Step 4 : Berikutnya muncul pemberitahuan bahwa proses backup sedang berjalan, Klik Go Back

             Restore Account Hosting


Step 5 : Akan muncul tampilan seperti gambar, itu berarti proses backup sedang berjalan. Bila belum muncul tampilan seperti gambar. Ulangi lagi proses backup anda.

Restore Account Hosting


Step 6 : Oke done ! Notifikasi masuk ke email bahwa full backup selesai dilakukan. Lanjut ke step berikutnya.

Restore Account Hosting


Step 7 : Cek backup yang telah dilakukan, dengan mengulangi step 1 – 2 . Cara downloadnya klik nama backup yang telah dilakukan (lihat gambar bawah), 1.12.2016 adalah tanggal backup dilakukan.

Restore Account Hosting


Step 7 : Setelah backup selesai didownload ke komputer anda, hapus file backup yang ada di cpanel agar space tidak berkurang dengan adanya backup di cpanel anda. Pertama masuk ke cpanel, masuk menu File Manager.

Restore Account Hosting


Step 8 : Cari file backup nya dengan nama yang sama ketika anda download backup tersebut, Scroll ke bawah list directory yang ada, karena biasanya ada di bagian bawah. Diklik file backupnya kemudian klik Delete . (Pastikan file backup telah selesai didownload sebelum melakukan delete).


Step 9 : Oke, sekarang data keseluruhan dari website anda sudah ada di komputer anda, mulai dari file website, email, dan database.

Pastikan file tersebut anda simpan baik-baik, sehingga bisa digunakan suatu saat dibutuhkan.

Bagaimana anda melakukan restore web jika sudah memiliki full backup? Silakan anda hubungi provider hosting anda , karena fullbackup hanya bisa dilakukan melalui root.


Demikian dari kami mengenai Tutorial Restore Account Hosting dari CPanel. Jika Anda membutuhkan bantuan lain terkait dengan Tips Hosting atau bantuan lain nya, silahkan langsung mengunjungi halaman Tips Hosting kami di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia.

Tutorial ini akan selalu kami update setiap hari. Jika ada bagian dari tutorial kami yang tidak Anda temukan di halaman tersebut, maka silahkan langsung anda sampaikan melalui box comment di bawah ini. Dan semoga nantinya tutorial yang anda masukkan ke dalam box comment bisa secepatnya kami tampilkan di Halaman tersebut.

Terima Kasih telah mengunjungi halaman kami. Semoga tutorial ini bermanfaat dan bisa anda gunakan sewaktu – waktu saat anda membutuhkannya.

Kamu wajib baca artikel ini juga Sob!

Leave a Comment





#LebihMerdeka buat dapetin .COM TERMURAH 78RB disini. Mau?

Ambil Sekarang!