Plesk

VestaCP

Webuzo

Wordpress Toko Online

Wordpress Company Profile

CodeIgniter

Laravel

Prestashop

Joomla

Drupal

Nextcloud

Moodle

Open Cart

Cari tutorial

Cara Membuat Child Nameserver Pada Domain dan WHM

Halo Sob!

Pada panduan kali ini Jagoan Hosting akan berbagi cara membuat Child Nameserver pada domain dan WHM di paket VPS Cloud kamu Sob! Sebelum ke langkah-langkah pembuatannya, simak dulu yuk apa sih Child Nameserver itu?

 


STEP 1: Login dulu ke WHM kamu Sob. Setelah berhasil login, klik menu Home > Server Configuration > Basic cPanel & WHM Setup. Pada bagian Nameserver, kamu dapat memasukkan nameserver baru yang akan digunakan pada VPS, seperti ns1.namadomain.com dan ns2.namadomain.com yang akan digunakan pada panduan berikut.


STEP 2: Klik tombol Configure Address Records


STEP 3: Isikan alamat IP untuk VPS kamu kemudian klik tombol Configure.


STEP 4: Untuk memastikan apakah penambahan nameserver melalui tombol "Add an A entry for this nameserver" sudah berhasil, kamu dapat mengakses menu Home > DNS Functions > Edit DNS Zone. Jika terdapat record DNS dengan nama nameserver tersebut, maka nameserver sudah berhasil ditambahkan disisi VPS.

 

Sebagai informasi tambahan, kamu juga dapat menambahkan record DNS secara manual untuk nameserver melalui menu Home > DNS Functions > Edit DNS Zone > pilih domain tsb, lalu tambahkan record DNS baru sesuai nameserver yang digunakan pada halaman Basic cPanel & WHM Setup.

Misalnya nama domain kamu : namadomain.com dan nameserver kamu adalah : ns1.namadomain.com dan ns2.namadomain.com, kamu dapat menambahkan record DNS dengan detail seperti ini Sob :

Host : ns1
Type : A Record
Value : <IP_VPS>

Host : ns2
Type : A Record
Value : <IP_VPS>


STEP 5: Setelah setting child nameserver di domain kamu selesai dilakukan, maka kamu perlu memastikan child NS di domain telah disetting juga. Untuk mensetting child NS pada domain, kamu harus meminta bantuan pada tempat pendaftaran  (provider) domain kamu Sob. Jika kamu mendaftarkan domain di Jagoan Hosting, kamu bisa menghubungi tim support kita via Livechat atau Open Tiket dari member area.


Nah, kalau misalkan Kamu masih menemui kesulitan dengan panduan di atas, Kamu bisa menghubungi teman-teman Jagoan Hosting untuk mendapatkan bantuan lewat Live Chat ataupun Open Ticket ya! Selamat mencoba!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ada yang baru sob! Tempat buat kamu diskusi & tanya jawab di Forum JagoanHosting

Cek langsung TKP!