Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Ansible Paybooks? Apa Sih Maksudnya? Simak Penjelasannya Di Sini

Ansible adalah platform otomasi open source. Ansible sangat mudah untuk setup. Ansible dapat membantu kamu dengan manajemen konfigurasi, penyebaran aplikasi, otomatisasi tugas. Hal ini juga dapat melakukan orkestrasi TI. Orketasi IT adalah sesuatu yang dilakukan berulang-ulang namun dilakukan dalam beberapa server. 

Contohnya adalah jika kamu memiliki sekelompok server web hosting Indonesia di belakang penyeimbang beban. Kamu bisa menangani tugas yang rumit dengan alat yang mudah digunakan. Anisible juga memiliki produk enterprise bernama Ansible Tower.

Ansible adalah mesin otomatisasi TI yang sangat sederhana yang mengotomatisasi penyediaan cloud, manajemen konfigurasi, penerapan aplikasi, orkestrasi intra-layanan, dan banyak kebutuhan TI lainnya. Dirancang untuk penerapan multi level, Model yang memungkinkan infrastruktur TI kamu dengan menggambarkan bagaimana semua sistem kamu saling terkait, dan bukan hanya mengelola satu sistem pada satu waktu.

Tidak menggunakan agen dan tidak ada infrastruktur keamanan khusus tambahan, jadi mudah diterapkan, dan yang terpenting, menggunakan bahasa yang sangat sederhana (YAML, dalam bentuk Ansible PlayBooks).

Tes pertama

Setelah kamu menginstal Animate dan menambahkan beberapa host ke file inventaris, biasanya /etc/ansible/hosts kamu dapat mencoba untuk terhubung ke host kamu. Secara default koneksi akan dibuat dengan kunci ssh, tapi kamu juga bisa menentukan username dan password.

Tes pertama yang bagus hanya untuk melihat apakah kamu dapat terhubung ke perangkat kamu dengan modul ping.

ansible all -m ping

Kata kunci “all” adalah hanya untuk menargetkan host dalam grup tertentu kamu memasukkan nama grup dan bukan semuanya.

Oneliners

Saat kamu sudah menggunakan Ansible, mudah menjalankan beberapa perintah terhadap sekelompok server. Jika kamu ingin memperbarui semua mesin Debian yang bisa kamu jalankan

ansible all -i debian-hosts.txt -m raw -a 'DEBIAN_FRONTEND=noninteractive apt-get -qq -y upgrade'

Ansible PlayBooks

Playbooks adalah seperti resep yang memberitahu Animate apa yang harus dilakukan saat terhubung ke masing-masing mesin. Playbooks ditulis dalam bahasa YAML. Kamu bisa memiliki Playbook yang mengkonfigurasi server kamu sesuai dengan baseline yang telah kamu tetapkan. Kemudian kamu memutuskan untuk menambahkan server web. Saat kamu mematikan PlayBook, Animate akan menginstal dan mengkonfigurasi server web. Ini akan memastikan server database memungkinkan koneksi dari server baru, dan kemudian menambahkan server baru ke solusi pemantauan jaringan, sehingga kamu diberitahu jika server mengalami kegagalan.

SM Team

  • Jenny Lim

    Proses Deposit & WD tercepat hanya di METROQQ
    Permainan fair tanpa Bot, Tanpa Admin 100% Player Vs Player

    Dapatkan Bonus Menarik Setiap Harinya
    • Bonus Turnover 0.3 – 0.5% (Dibagikan setiap hari Senin)
    • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)