Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sumber penghidupan di Indonesia. Sekarang ini fokus utama pelaku UMKM adalah memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital agar nantinya dapat beroperasi secara lebih efisien dan efektif. Selain itu, mereka juga dapat meningkatkan skala layanan produk untuk menjangkau pasar dan pelanggan baru yang lebih luas. Sehingga transformasi digital akan menjadi bagian penting dari strategi UMKM secara keseluruhan.

Tidak bisa dipungkiri, banyak pekerjaan saat ini yang sudah mulai beralih untuk dikerjakan di mana saja dan kapan saja atau dikenal dengan sistem remote working. Di mana karyawan lebih leluasa melakukan pekerjaannya pada perangkat seluler ataupun melalui laptop. Kedepannya juga UMKM bisa memanfaatkan teknologi virtual untuk membantu pelatihan, layanan lapangan, monitor kinerja karyawan ataupun fungsi lainnya.

Oleh karena itu, era digitalisasi yang semakin berkembang membuat para pelaku UMKM harus mulai mencari solusi untuk mengintegrasikan aplikasi dan perangkat yang sesuai. Namun, sebelumnya para pelaku UMKM harus mengidentifikasi area bisnis mana yang akan diuntungkan apabila dilakukan peningkatan teknologi, setelah itu dapat ditentukan solusi digital apa yang paling tepat.

Salah satu solusi yang tepat adalah penggunaan inovasi dalam perpindahan sistem manual ke teknologi berbasis cloud. Dengan menggunakan sistem cloud, pelaku UMKM dapat meningkatkan operasi dan produktivitas sehingga bisa mendapatkan keuntungan berlipat lalu menjadi lebih unggul dalam persaingan.

Tantangan lainnya yang dihadapi para pelaku UMKM dalam operasional bisnis yaitu manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Banyak pelaku UMKM mengalami kebutuhan akan aplikasi yang memungkinkan efisiensi dalam menyelesaikan tugas terkait SDM. Penggunaan teknologi Human Resource Information System (HRIS) menjadi solusi yang tepat karena menyediakan secara online perihal absensi, cuti, perhitungan gaji, pajak dan BPJS.

Berikut dampak positif dari ekspansi penggunaan aplikasi HRIS di Indonesia pada industri UMKM :

Teknologi HRIS (Human Resource Information System)Dampak terhadap UMKM
SebelumSesudah
Kurangnya pengetahuan mengenai manajemen HR dan perhitungan penggajianPenggajian dan manajemen HR dilakukan secara otomatis (lebih akurat dan cepat)
Memerlukan waktu cukup panjang untuk proses HRWaktu cepat sehingga mengurangi adanya kehilangan data akibat human error
Database dan penggajian karyawan masih manualMenyediakan kemudahan untuk karyawan (seperti: reimburse, izin, cuti dan pinjaman)
Resiko tinggi kerugian yang disebabkan adanya human errorMemungkinkan untuk membuat standar yang sesuai dengan perusahaan secara elektronik

Penggunaan teknologi di era saat ini sangat penting dan apabila pelaku UMKM tidak beradaptasi secara cepat dengan perkembangan yang ada maka nantinya akan tertinggal dan kalah bersaing. PT. Fatiha Sakti (Gadjian dan Hadirr) merupakan salah satu perusahaan penyedia aplikasi HRIS cloud ternama di Indonesia yang dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM.

Sistem payroll Gadjian dan sistem absensi online Hadirr bisa digunakan untuk mengelola berbagai pekerjaan personalia untuk pelaku UMKM secara online, mulai dari mengelola absensi sampai menghitung dan membayar gaji karyawan dapat dilakukan tanpa repot. Karena merupakan HR cloud services, semua data perusahaan akan tersimpan aman di server yang dikelola oleh provider cloud berbasis di Amerika Serikat yaitu Amazon Web Service.

Bisnis UMKM akan terus berkembang dengan solusi digital ciptaan anak bangsa. Yuk beralih ke aplikasi HRIS Gadjian dan sistem absensi karyawan Hadirr sekarang! Agar bisnismu makin cuan dan mudah dijalani.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like