Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Gelar​ ​Wisata​ ​UKM,​ ​#PahlawanDigital​ ​dan​ ​Paguyuban​ ​Amazing Malang​ ​Raya​ ​Ajak​ ​Anak​ ​Muda​ ​Belajar​ ​Jadi​ ​Pengusaha

Malang, 17 Oktober 2017 – Setelah melewati 10 kali Roadshow di beberapa kampus seperti STIMATA, STIKI dan Universitas Brawijaya, #PahlawanDigital berhasil menjaring sebanyak masing-masing 50 peserta untuk dua kategori yaitu buzzer dan crafter. Buzzer merupakan peserta yang nantinya akan membantu Usaha Kecil Menengah (UKM – selanjutnya akan disebut demikian) sebagai digital marketer. Sedangkan crafter akan bertanggung jawab untuk mengemas ulang dan melakukan branding untuk produk UKM.

Sebelum nantinya mereka melaksanakan tugasnya, #PahlawanDigital terlebih dahulu mengenalkan para peserta dengan para UKM di kota Malang untuk belajar banyak menjadi penguasaha dalam kegiatan bertajuk Wisata UKM. Dalam kegiatan ini, #PahlawanDigital menggandeng Amazing Malang Raya (AMR) yang dikenal sebagai paguyuban terbesar di kota Malang.

AMR merekomendasikan beberapa UKM-nya untuk dikunjungi oleh peserta #PahlawanDigital pada Minggu (15/10). Mereka adalah Omah Daster Bordir Khas Malang dan Nanda Collection. Omah Daster Bordir Khas Malang merupakan UKM yang fokus memproduksi aneka daster dengan sentuhan bordir. Tak main-main, pelanggan daster bordir Eva adalah kalangan pejabat Republik Indonesia (RI). Sedangkan Nanda Collection merupakan UKM yang bergerak di bidang kerajinan tangan dengan bahan dasar kain. Nanda Collection tercatat telah mengikuti berbagai ajang pameran bertaraf nasional dan internasional.

“Wisata UKM ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berwirausaha anak muda agar setelah lulus kuliah mereka dapat menjadi wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan empati anak muda terhadap pelaku UKM. Ternyata untuk terjun ke dunia UKM itu diperlukan mental, konsistensi dan persintensi yang kuat,” tutur Kepala Hubungan Masyarat PT Beon Intermedia dan #PahlawanDigital, Rizky Kurniawan Suhyar.

Ketua paguyuban AMR, Nanang Sugeng sangat mengapresiasi kegiatan yang baru dilaksanakan sekali oleh #PahlawanDigital ini. “Kami sangat senang jika banyak anak muda yang tertarik belajar berwirausaha. Kami di sini  memfasilitasi para peserta #PahlawanDigital agar mereka tahu semakin banyak tentang seluk beluk UKM,” tuturnya.

Septhian Cahya Nugraha, mahasiswa Universitas Islam Malang yang mengikuti kegiatan Wisata UKM menuturkan dirinya banyak mendapat pelajaran berharga setelah bertukar pikiran dengan para pelaku UKM. Pelajaran dapat saya ambil adalah saya harus bisa berinteraksi lebih banyak lagi dengan UKM karena secara tidak sadar UKM di Malang memiliki potensi yang luar biasa namun mereka memiliki keterbatasan dengan dunia digital,” papar pria yang tengah menggeluti bisnis susu sapi ini.

Pasca pelaksanaan Wisata UKM, #PahlawanDigital akan berlanjut ke tahap berikutnya yaitu mempertemukan 50 UKM dengan 50 buzzer dan 50 crafter untuk dibentuk sebuah tim pada minggu pertama November. Nantinya, satu UKM akan didampingi oleh satu buzzer dan satu crafter.

Tentang Pahlawan Digital

#PahlawanDigital adalah program yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting berkolaborasi didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Program ini merupakan program kolaborasi yang menjembatani anak muda dan UMKM yang belum Go Online untuk melakukan re-packaging dan re-branding produk UMKM lokal agar dapat bersaing di pasar Internasional. #PahlawanDigital terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu Roadshow, Breakout dan Online Course. #PahlawanDigital dimulai di kota Malang dan dilanjutkan ke Surabaya. Informasi tentang #PahlawanDigital dapat diakses melalui website www.pahlawandigital.com. Untuk saat ini #PahlawanDigital baru dilaksanakan di kota Malang dan akan merambah ke kota lainnya di Indonesia.

Tentang Jagoan Hosting

Jagoan Hosting Indonesia merupakan bagian dari PT Beon Intermedia, perusahaan yang bergerak di bidang penyedia layanan web hosting di Indonesia yang mengedepankan layanan paling jago namun tetap dengan harga web hosting murah. Selama sepuluh tahun lebih, Jagoan Hosting Indonesia membantu dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk Go online. Sebanyak lebih dari 50.000 account domain dan hosting telah mempercayakan pelayanannya. Jagoan Hosting Indonesia juga telah banyak bekerja sama dengan berbagai partner bisnis internasional seperti Google dan Verisign.

Nelsi Islamiyati