Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Ikuti 15 Langkah Menulis Judul Email yang Memikat

Menggunakan email untuk komunikasi dengan pelanggan menjadi tips yang sangat memudahkan untuk menjangkau dan menjadikan potensi sebagai konversi penjualan.

Salah satu bagian dari email yang sangat penting adalah subjek. 47% penerima email akan memutuskan apakah mereka mau membuka atau membiarkan email yang masuk, melalui konten subjek yang kita tuliskan.

7 Tips membuat Subjek email yang memikat pelanggan:

  • Urgensi

Menggunakan tips yang pertama ditengarai bisa memicu keinginan customer untuk segera melakukan sesuatu untuk kita. Seperti mengklik tombol CTA yang kita berikan di email, dsb. Subjek yang menjelaskan adanya urgensi, seperti waktu, peluang dan bonus akan membuat pembaca merasa terpaksa untuk mengklik.

  • Rasa ingin tahu

Jika garis subjek menarik keingintahuan dan minat pembaca, mereka akan membuka email untuk lebih banyak tahu informasi yang ada di dalam email. Buatlah subjek yang menarik keingintahuan pembaca atas apa yang ingin kita emailkan kepada mereka.

  • Kirimi penawaran

Jangan ragu untuk mengirimkan bonus atau penawaran kepada pelanggan. Tulis subjek judul dengan penawaran yang ingin kita berikan kepada pelanggan.

  • Personalisasi

Setiap pelanggan tidaklah sama, kebutuhan dan keinginan atau minat mereka tidak sama. Kita bisa membuat personalisasi untuk subjek email yang akan kita kirimkan. Sesuaikan dengan demografi yang sudah kita miliki.

  • Relevan dan ketepatan waktu

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, dimana saat kita hendak mengirimkan sebuah email kepad apelanggan, pastikan di waktu yang tepat. Terlebih saat subjek yang sudah dibuat yakin bisa menarik perhatian. Tapi pastikan untuk mengirimkan di waktu terbaik pengiriman email kita.

  • Sebut nama seorang yang terkenal

Kenapa? Ini akan menarik bagi pembaca karena mereka akan lebih percaya. Memahami bagaimana minat audiens kita akan membuat kita lebih mudah memberikan treatment email kepada mereka, termasuk melihat bagaimana ia tertarik terhadap seorang tokoh.

  • Buat cerita yang menarik

Jika kamu bisa membuat baris subjek email yang memancing seseorang untuk membuka karena kamu akan memberikan cerita kepada pelanggan, maka lakukan hal itu. Buatlah mereka tertarik dengan apa yang akan kamu ceritakan di email.

Langkah menulis baris subjek email yang memikat untuk diklik

  1. Buatlah judul yang ringkas dan menarik bagi pembaca. Jangan jelaskan semua tujuanmu di baris subjek. Gunakan teknis copywriting pada subjek emailnya.
  2. Gunakan nama pengirim yang dikenal, seperti halnya nama domain pada email yang kamu kirimkan. Kamu bisa memilikinya saat berlangganan email hosting untuk email bisnismu.
  3. Sebut nama mereka dalam baris email, ini akan membuat mereka merasa special dan tertarik untuk membukanya.
  4. Segmentasi daftar yang kita miliki agar bisa menyesuaikan konten dengan audiens yang akan menerima.
  5. Jangan sebarkan janji palsu. Pastikan untuk membuat judul yang benar dan pasti, bukan hanya karena ingin menarik perhatian audiens.
  6. Jelaskan apa isinya. Boleh saja menjelaskan apa tujuan kita mengirim email, untuk membuat mereka mau membuka kelanjutan dari informasi yang dibacanya hanya lewat judul.
  7. Kirimlah di waktu yang tepat. Lagi-lagi waktu yang harus diperhatikan. Kirimlah di waktu yang tepat. Jangan sampai mengganggu atau jika tidak kita akan lebih mudah diabaikan.
  8. Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Menarik perhatian boleh saja, tapi tidak dengan menggunakan bahasa yang sulit dipahami.
  9. Mulailah dengan kalimat persuasive. Tidak ada salahnya untuk membuat email yang langsung mengajak atau menyatakan persuasif kepada pelanggan.
  10. Buatlah orang merasa istimewa. Jangan segan untuk memuji pelanggan, jangan malu untuk menyapa mereka dan memberikan hadiah kepada mereka. Dengan begitu, mereka akan merasa spesial.
  11. Ciptakan kesan penting. Buatlah mereka harus segera bertindak untuk kita. Ajak mereka untuk melakukan sesuatu.
  12. Gunakan angka. Tunjukkan data berupa angka kepada audiens. Buat mereka yakin bahwa apa yang kita kirimkan benar. Seperti halnya diskon ataupun bonus lainnya.
  13. Buatlah sebuah pertanyaan yang menarik. Jangan hanya memberikan kalimat ajakan, buatlah pertanyaan yang menuntut mereka untuk membuka email kita untuk mendapatkan jawabannya.
  14. Jangan terlalu banyak huruf besar, hanya pada penekanan kata dalam kalimat saja. Penekanan jelas penting, tapi tidak semua kalimat. Ini akan sangat mengganggu audiens dalam membaca dan memahami maksud dari email kita.
  15. A/B Test pada subjek yang sudah dibuat. Jangan lupa untuk membuat A/B tes untuk subjek email yang akan kamu kirimkan. Saat satu subjek tidak berdampak besar, saatnya menggunakan subjek lainnya.

Nah, dari sini sudah tahu kan kenapa subjek sangat berpengaruh dan bagaimana menciptakan email yang menarik lewat subjek yang kamu tuliskan.

Selebihnya, email bisnis tentu tidak hanya membutuhkan konten untuk membuatnya terkonversi menjadi penjualan. Tapi juga membutuhkan sebuah hosting yang bisa memaksimalkan kinerja email bisnis yang digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk kepada pelanggan.

Selain memiliki email dengan nama domain sendiri, email hosting memberikan wadah bagi email bisnis kita agar bisa mengirimkan lebih banyak email kepada pelanggan dan tentu saja menjamin keamanan data dari email tersebut.

Email Hosting memberikan banyak keunggulan bagi pebisnis yang ingin memaksimalkan komunikasi dan penjualan lewat email. Jadi, email hosting memberikan banyak kemudahan dan kelancaran untuk siapapun yang ingin menjalankan bisnis online.

Nelsi Islamiyati

  • cindy oliviaa

    Proses Deposit & WD tercepat hanya di METROQQ
    Permainan fair tanpa Bot, Tanpa Admin 100% Player Vs Player

    Dapatkan Bonus Menarik Setiap Harinya
    • Bonus Turnover 0.3 – 0.5% (Dibagikan setiap hari Senin)
    • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)

    PIN BBM: 2BE32842

  • cindy oliviaa

    Proses Deposit & WD tercepat hanya di METROQQ
    Permainan fair tanpa Bot, Tanpa Admin 100% Player Vs Player

    Dapatkan Bonus Menarik Setiap Harinya
    • Bonus Turnover 0.3 – 0.5% (Dibagikan setiap hari Senin)
    • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)

    PIN BBM: 2BE32842