Banyak orang saat public speaking merasa takut, Menurut mereka menghilangkan rasa takut saat public speaking itu sangat sulit. Pada kenyataannya mengatasi rasa takut tersebut bisa dengan bebera cara. Mau tahu cara bagaiamana mengatasi rasa takut berlebihan? Yuk simak informasinya

Rasa takut yang muncul bukan berarti kamu termasuk orang yang lemah, Karena rasa takut merupakan sebuah naluri perasaan, dan setiap orang pasti pernah merasakan takut.

Rasa takut terkadang muncul karena muncul rasa cemas yang berlebihan. Rasa cemas tersebut muncul karena beberapa, faktor internal maupun external. Rasa takut yang berlebihan dapat diatasi dan di hilangkan dengan beberapa hal. Apa saja? Berikut cara menghilangkan rasa takut berlebihan

Tenangkan Diri

Untuk menhindari rasa cemas yang dapat menimbulkan rasa takut, Cukup dengan kamu mengontrol diri kamu untuk lebih santai dan tenang. Saat kamu mereka santai dan tenang tanpa ada tekanan baik faktor eksternal dan internal kamu bisa menghilangkan ketakutan kamu. Maka dari itu menenangkan diri menjadi kunci mengontrol rasa takut kamu.

Cara Menenangkan diri bisa dengan mengontrol nafas kamu dan biarkan diri rileks dan santai. Biarkan pikiran kamu sejenak melupakan hiruk piruk kesulitan yang ada. Fokus menenangkan diri. Dengan begitu kamu dapat membuat perasaan cemas lebih terkontrol dan rasa takut dapat teratasi.

Berpikirlah Hal Positif

Salahsatu penyebab munculnya rasa takut karena muncul pikiran negatif yang membuat diri kamu merasa cemas. Misalnya rasa takut salah dalam berkata, audience tidak memperhatikan kamu, dan berbagai pikiran negatif yang muncul sebelum kamu melakukan public speaking.

Untuk mengatasi rasa takut tersebut, Maka harus berpikir positif apapun yang terjadi nantinya, Buatlah pikiran kamu positif dan yakin terhadap apa yang kamu lakukan berhasil dan diterima oleh banyak orang. Ingat Keep Positive Thingking tentang apapun yang terjadi.

Cobalah untuk selalu berfikir postitif ketika kamu mulai merasa cemas atau takut akan sesuatu. Lawanlah rasa takut tersebut dengan berpikir positif, Untuk Menghilangkan rasa takut cukup dengan memikirkan hal – hal yang positif yang anda dapatkan ketika melawan rasa takut tersebut.

Bangun Percaya Diri

Hampir sama dengan poin nomor dua, Untuk bisa mengatasi rasa takut yang berlebihan, Kamu bisa dengan membangun rasa percaya diri. Semakin tinggi percaya diri yang kamu miliki semakin mudah untuk menghilangkan rasa takut. namun jangan terlalu tinggi karena peprcaya diri yang terlalu tinggi tidak baik. Kamu pasti setuju jika percaya diri bisa mengatasi rasa takut yang terjadi, Karena setiap orang yang percaya diri mereka selalu memiliki pemikiran positif.

Misalnya ketika kamu merasa takut untuk tampil didepan umum atau publik, Kamu bisa melatih diri untuk meningkatkan percaya dirikamu dari jauh – jauh hari. Kamu bisa belajar berbica didepan cermin, kemudian bisa pada teman ataupun keluarga. hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Dari contoh tersebut bisa disimpulkan jika kamu membutuhkan sebuah latihan untuk membangun rasa percara diri tampil didepan umum. Jika kamu sudah siap, Maka kamu mengatasi rasa takut berlebihan saat public speaking.

Cari Penyebab Rasa Takut

Untuk menghilangkan rasa takut, Kamu bisa mencari sumber rasa takut tersebut, Carilah penyebab munculnya rasa kecemasan dan ketakutan pada diri kamu. Dengan melakukan hal itu, Kamu dapat meminimalisir perasaan takut tersebut muncul kembali. 

Jika kamu merasa takut apa yang kamu ucapkan salah, kamu bisa belajar public speaking dan memperbanyak informasi yang akan kamu sampaikan kepada audience. Atau kamu takut orang tidak menerima apa yang kamu sampaikan, Maka caranya dengan sedikit mengetahui tentang apa yang diinginkan oleh audience. Dengan begitu kamu bisa mengatasi takut yang berlebihan.

Jadi Diri Sendiri dan Menerima Kenyataan

Menerima kenyataan yang terjadi akan membuat perasaan kamu lebih tenang. Cobalah untuk menjadi diri sendiri, Ketika kamu melakukan hal tersebut akan membuat kamu lebih siap menghadapi rasa takut.

Menjadi diri sendiri sangat penting, Jangan kamu meniru seseorang dan berharap kamu bisa seperti orang yang kamu tiru. Karena kamu bisa saja kurang percaya diri sehingga rasa takut akan muncul dan apa yang sudah kamu pelajari hilang.

Terima semua kenyataan yang ada, hal ini akan meminimalisir munculnya rasa cemas karena merasa gagal. Bersikaplah menerima kenyataan dan menjadi diri sendiri. Dengan begitu kamu bisa mengatasi rasa takut yang berlebihan.

Rasa takut memang salalu ada, Namun kamu dapat diminimalisir dengan beberapa cara mengatasi dan Mengatasi rasa takut berlebihan pada diri sendiri. rasa takut yang berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan psikologis.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like