Kehadiran fitur Instagram Music di Indonesia tentunya mendapat sambutan positif dari para netizen tanah air. Baru dirilis sejak pertengahan bulan Juni tahun 2021, kamu bisa update Instagram Stories dengan potongan lagu favorit dengan batas durasi 15 detik! Nggak perlu lagi deh tuh merekam lagu secara manual.

Mengenal asal mula fitur Instagram Music

instagram music
www.wethegeek.com

Sebelum Instagram Music hadir di Indonesia, tentunya kamu pernah melihat beberapa konten para pengguna Instagram dari luar negeri yang memberikan notifikasi “Instagram Music isn’t available in your region” ketika menyematkan potongan lagu pada update-an stories mereka, bukan? 

Alhasil? Ketika kamu membuka konten video dengan latar musik dari Instagram Music, kamu hanya bisa menontonnya tanpa adanya suara sama sekali. Tentunya hal tersebut mengurangi daya tarik untuk menontonnya karena nggak bisa menikmati konten secara maksimal ketika belum adanya fitur ini di Indonesia.

Pasalnya, fitur ini sebenarnya baru dirilis pada tahun 2018 dan hanya tersedia di beberapa negara barat, misalnya saja seperti Perancis, Jerman, Amerika Serikat, Swedia, Australia, hingga Inggris. 

Nah, usut punya usut, alasan mengapa pihak Instagram baru mulai merilis Instagram Music untuk para pengguna di Indonesia adalahnya proses memperoleh legalisasi lisensi musik. Instagram tentunya membutuhkan waktu untuk memastikan jika setiap lagu yang digunakan sudah legal dan dapat diputar (play) pada Instagram Stories.

Dilansir dari kumparan, alasan beberapa negara berhasil mendapatkan fitur Instagram Music terlebih dahulu karena hasil kerja sama para perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook dengan label musik internasional Warner Music Group, Sony Music, dan Universal Music.

Saat ingin merambah negara-negara lain untuk menyediakan fitur Instagram Music secara global, pihak Instagram ternyata harus menghadapi rangkaian prosedur hukum supaya hak cipta dari lagu yang digunakan nggak menghadapi permasalahan saat digunakan di sebuah negara. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurusnya pun juga nggak sebentar, bahkan hingga bertahun-tahun, seperti saat fitur Instagram Music masuk ke Indonesia.

Lalu bagaimana mengaktifkannya? Mudah kok!

instagram music
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Dulu, ketika ingin menggunakan fitur Instagram Music, para pengguna di Indonesia harus menggunakan VPN (Virtual Private Network). Namun, kini, kamu hanya perlu melakukan cara singkat untuk menggunakan fitur Instagram Music. Penasaran gimana caranya? Yuk ikutin cara mudahnya!

Langkah pertama yang kamu harus lakukan sama seperti saat ingin melakukan update Instagram Stories. Klik ikon plus (+) dan pilih menu cerita (story). Setelah itu, kamu bisa mengunggah (upload) foto atau video sesuai keinginan.

Langkah kedua adalah kamu beralih menuju ke bagian atas layar dan pilih menu berlogo sticker. Biasanya, kamu akan menemukan logo Instagram Music di samping kanan menu gif dan di bawah menu #hashtag serta di atas menu quiz.

Langkah ketiga adalah kamu akan diberikan dua pilihan menu, yakni for you (untuk Anda) dan explore (jelajahi). Kamu bebas memilih lagu favorit untuk disematkan pada Instagram Stories kamu.

Langkah keempat  setelah kamu memilih lagu favorit, silahkan sesuaikan tampilan lagu yang ingin ditampilkan. Terdapat enam tampilan Instagram Stories, mulai dari ragam font tulisan untuk menampilkan lirik hingga cover gambar album musik dari penyanyi yang kamu pilih lagunya.

Meskipun sederhana, ternyata fitur Instagram Music memberikan sensasi bermain Instagram yang berbeda dan tentunya mempermudah kamu untuk sharing lagu favorit! Kamu juga bisa lho sharing pengalaman kamu kepada orang lain yang masih belum familiar dengan fitur dengan cara memberikan tutorial dalam bentuk foto dan video singkat di website pribadi.

Nah, kamu tahu sendiri kan, banyaknya video dan foto yang digunakan pada sebuah website bisa membuat performanya menurun karena kapasitas storage-nya yang nggak memadai? Alhasil, saat diakses, para visitors akan merasa nggak nyaman karena harus melalui proses loading yang begitu lama.

Maka dari itu, Jagoan Hosting memberikan solusi terbaik untuk kamu dengan menyediakan rekomendasi cloud hosting terbaik yang harganya mulai dari Rp10.000-an aja! Cocok banget untuk kamu yang mau punya website pribadi tapi nggak bikin kantong jebol karena sudah dibekali dengan storage sampai Unlimited dengan fasilitas unlimited lainnya seperti bandwidth, sub domain, addon domain hingga email account.

Jangan sampai kelewatan deh buat dapetin layanan terbaik dari Jagoan Hosting yang satu ini. Kalau kamu tertarik, bisa banget cek di sini, ya!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like