10 video conferencing software terbaik, yuk disimak

Di saat-saat karantina mandiri, tidak jarang bagi kita untuk merasa sulit sekali bertemu dengan orang. Contohnya bagaimana jika harus meeting, jika harus bertemu orang penting, dan lain-lain. Tapi, untungnya sudah ada Video Conferencing Software tersebar luas di internet dan juga sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan anda. Baik pertemuan satu dengan satu, atau juga group call. Simak artikel berikut tentang 10 Video Conferencing Software terbaik untuk kebutuhan pekerjaan-pekerjaan anda.

  1. Skype

Ditemukan oleh Priit Kasesalu and Jaan Tallinn, Skype adalah salah satu veteran dalam persoalan Video Conferencing Software. Sejak tahun 2003, Skype biasa digunakan untuk melakukan panggilan suara, video, atau sekedar melakukan chat. Tetapi, dengan adanya Skype for Business yang menambahkan fitur video conference hingga 250 orang sekaligus, termasuk screen-sharing di mana anda bisa membagikan layar anda dan tentunya memudahkan presentasi. Skype bersifat gratis, tetapi Skype for Business bisa dibeli sepaket dengan Microsoft Office 365 Businesss Essentials dimulai dengan harga $5 perbulannya hingga $35 perbulannya.

2. Google Hangouts

Dikembangkan oleh Google LLC, Mulanya adalah produk dari Google+, Google Hangout sudah menjadi Video Conferencing Software dan aplikasi chat tersendiri sejak tahun 2013. Google Hangouts menyediakan fitur Video Conference melalui G Suite dari 25 hingga 50 orang. G Suite dimulai dengan harga $4.20 perbulannya (Basic) dan dapat menampung 25 user Hangouts sekaligus. Hingga $25 perbulannya (Enterprise) dan dapat menampung hingga 50 orang dalam sekali Video Conference.

3. Cisco WebEx

Pada awalnya Webex merupakan Video Conferencing Software yang ditemukan oleh Subrah Iyar dan Min Zhu di tahun 1995 dan dibeli oleh Cisco di tahun 2007. Cisco Webex menyediakan layanan video conference yang dapat menampung dari 50 orang hingga 1000 orang dalam sekali pertemuan, merupakan fitur yang sangat penting jika anda mengadakan seminar online yang memiliki banyak audience. Cisco Webex bersifat gratis dan juga menyediakan paket berbayar dari $13.50 perbulannya (Starter) hingga $26.95 perbulannya (Business).

4. GoToMeeting

Salah satu Video Conferencing Software yang berspesialisasi di bidang meeting sejak tahun 2004 yang dikembangkan oleh LogMeIn. GoToMeeting menyediakan fitur-fitur seperti online meeting, desktop sharing atau screen share, dan tentunya video conference dalam satu software, dan masih banyak lagi fitur lainnya sesuai dengan paket yang anda gunakan. GoToMeeting dimulaia dari harga $109 perbulannya (Starter) dengan daya tampung 100 pengguna, hingga $499 (Plus) dengan daya tampung 1000 pengguna dalam sekali pertemuan.

5. Zoom

Ditemukan sejak tahun 2011 oleh Eric Yuan, Zoom menjadi salah satu Video Conferencing Software yang sedang meledak belakangan ini. Popularitas Zoom diawali karena fitur gratisnya yang dapat menampung video conference sebanyak 100 orang sekaligus dengan gratis. Selain pekerjaan kantor, Zoom juga lazim digunakan di perkuliahan online. Zoom menyediakan layanan tambahan berbayar dimulai dari $14.99 (Pro) sampai $19.99 (Enterprise) dan dapat menampung 500 pengguna.

6. Join.me

Join.me adalah Video Conferencing Software berbasis web yang relatif baru yang dikembangkan oleh LogMeIn. Join.me menyediakan fitur seperti mobile video conference, Webinar, Screen Sharing, Audio Conferencing, dan masih banyak lagi. Fitur yang anda dapat sesuai dengan paket yang anda gunakan. Dimulai dari harga $10 (Lite) yang dapat menampung 5 pengguna dalam sekali conference, hingga $30 (Business) yang dapat menampung 250 pengguna dalam sekali conference dan terdapat juga fitur 1TB Cloud Storage di mana anda bisa menyimpan conference-conference anda untuk dokumentasi.

7. RingCentral Meetings, Webinar, and Rooms

RingCentral adalah penyedia komunikasi Cloud-Based yang ditemukan oleh Vlad Shmunis dan Vlad Vendrow sejak tahun 1999. RingCentral Meetings, Webinar, and Rooms adalah salah satu dari sekian banyak bidang yang dilingkup oleh RingCentral. RingCentral Meetings, Webinar, and Rooms mampu menampung hingga 100 pengguna dalam satu pertemuan. RingCentral Meetings, Webinar, and Rooms bersifat gratis dan juga memiliki paket berbayar dimulai dari $14.99 (Essentials) yang menyediakan video conference tanpa batas waktu. Tersedia juga seharga $19.99 (Advanced) yang menyediakan Real-time Usage Dashboard untuk memonitor penggunaan anda.

8. ClickMeeting

ClickMeeting adalah penyedia Video Conferencing Software sejak 2011 yang dikembangkan oleh GetResponse. Sejak 2016, ClickMeeting lepas dari GetResponse dan menjadi perusahaan tersendiri. ClickMeeting berspesialisai dalam Webinar. ClickMeeting bersifat gratis dan juga menyediakan fitur berbayar dimulai dari $30 (Live) yang menyediakan 25 audio feeds dan 4 video feeds. tersedia juga $45 (Automated) yang menyediakan video conference tanpa batasan waktu.

9. Adobe Connect

Adobe Connect adalah salah satu dari banyak software yang ada di bawah naungan Adobe. Adobe Connect mulanya dikembangkan oleh Presedia dan dibeli oleh Macromedia dengan nama Macromedia Breeze, di mana saat rilis versi 5 dibeli oleh Adobe dan berubah nama menjadi Adobe Connect. Adobe Connect menyediakan fitur video conference seperti Webinar, Learning, dan Meetings. Adobe Connect dapat dibeli seharga $50.00 yang dapat menampung 500 pengguna dalam sekali pertemuan.

10. HighFive

HighFive adalah perusahaan Video Conferencing Software yang ditemukan tahun 2012 oleh ex-Google Shan Sinha. HighFive tidak hanya melingkupi software, bahkan hardware sekalipun seperti Background Noise Cancelling, TV Projection, 360 Audio Capture, dan masih banyak lagi. HighFive dimulai gratis, dengan fitur berbayar dimulai dengan harga $99 perbulannya yang menyediakan layanan unlimited video conferencing hingga $199 perbulannya dengan seluruh fitur paket sebelumnya dan juga audio oleh Dolby.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like