Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

22 Tools Email Marketing yang Siap Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Tahukah kamu, email marketing menjadi media komunikasi yang cukup menjanjikan untuk bisnis online?

Menjalankan bisnis online di era digital memberikan banyak kemudahan bagi siapapun. Mulai dari strategi sampai media komunikasi, berjualan onlinepun semakin mudah. Kamu mungkin sangat akrab dengan website toko online dan juga sosial media. Namun seringkali pebisnis online melupakan media komunikasi yang satu ini dalam strategi pemasaran produk mereka. Yaitu email marketing.

Ya, email marketing masih menjadi idola bagi pebisnis online yang ingin menjangkau dan ingin lebih dekat dengan pelanggan mereka.

Jika ada yang menganggap email marketing sangat ‘jadul’ untuk pebisnis online, maka kamu perlu tahu beberapa tools email marketing yang akan membuat content email dan tampilan emailmu lebih menarik.

  1. Litmus

Aplikasi pertama ini adalah tools yang memberikan kemudahan karena memiliki fitur serbaguna untuk menguji dan melacak kampanye email. Kamu bisa menggunakan email ini di Android, iPhone dan juga Windows. Kamu bisa menggunakannya secara GRATIS selama 7 hari. Atau menggunakan akun premium bisa dengan membayar $399/bulan atau dengan $149 untuk versi Plus dan $79 untuk versi paling rendahnya.

  1. Mailchimp

Tools yang satu ini memang sangat popular di kalangan pebisnis online yang banyak menggunakan email untuk media komunikasi mereka. Mailchimp memberikan banyak fitur yang mendukung kampanye email marketing setiap pebisnis online. Kamu bisa mencantumkan form subscribe di website toko onlinemu dan memasukkan kontaknya ke Mailchimp. Aplikasi ini memberikan kemudahan untuk terkoneksi dengan Google Analytics dan Sosial Media yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakannya dengan GRATIS untuk pengiriman email ke 2000 kontan pelanggan. Atau bisa memiliki akun professional dengan $10/bulannya.

  1. Reach Mail

Gunakan fitur Reach Mail untuk melihat perbandingan metric kerja dari 5 kampanye email individu berbeda. Fitur ini juga mempertimbangkan barus subjek atau konten yang berbeda setiap emailnya. Melalui fitur ini, kamu juga bisa melakukan pengujian untuk email marketing yang belum kamu kirimkan. Kamu bisa berlangganan mulai harga $10/bulan sampai $70/bulan.

  1. TargetHero

Email marketing yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap, mulai dari editorial, hosting gambar, HTML serta teks biasa dan juga beberapa fitur yang mendukung email marketingmu. Kamu bisa menggunakannya GRATIS untuk 1000 kontak dengan pengiriman email tak terbatas. Atau untuk 3000 kontak, dengan berlangganan $9,90/bulan. Lebih lagi ada 5000 kontak dengan harga $19,90/bulan dan 10.000 kontak dengan biaya langganan $39.90/bulan.

  1. Mad Mini

Jika kamu ingin membuat email marketing dengan share, like, pin dan retweet dari sosial mediamu, maka Mad Mini bisa menjadi pilihanmu. Kamu pun bisa mencopy email marketing melalui fitur cloning. Mad Mini juga terintegrasi dengan Google Analytics sehingga membuat kamu bisa melihat bagaimana aktivitas dari emailmu dengan pelanggan. Kamu bisa berlangganan dari $10/bulan dengan pengiriman 500 kontak dan paket pro seharga $42 untuk 10.000 kontak.

  1. Cake Mail

Tools email marketing yang satu ini yaitu Cake Email bisa sangat memudahkanmu. Kamu bisa membuat A/B testing. Bahkan kamu bisa mengintegrasikan dengan Google dan mengetahui statistik email. Kamu bisa menggunakannya secara gratis hanya dengan mengirimkan 500 kontak email saja. Dan paket berbayar dimulai dari $8/bulan.

  1. Mailjet

Kamu bisa menggabungkan email marketing dengan template dengan pengiriman email transaksional dengan mudah dalam 1 aplikasi saja. Kamu bisa menambahkan beberapa dukungan Mailjet ke aplikasi dalam beberapa bahasa, termasuk Phyton, Ruby dan PHP serta integrasi dengan Magento, WordPress, dan masih banyak lagi. Jika kamu menggunakan paket yang GRATIS, kamu hanya bisa mengirim 100.000 kontak dan bisa mengirim 6.000 email dalam sebulan. Dan paket perunggu harganya sekitar $7,49/bulan.

  1. Flashissue

Flashissue adalah salah satu tools email marketing yang bisa kamu gunakan dengan sederhana namun memberikan dampak yang besar. Kamu bisa mendaftar melalui Google ataupun Facebook. Kamu bisa berlangganan mulai dari $5/bulan dengan 250 kontak ataupun lebih.

  1. Constant Contact

Constant Contact memiliki ratusan desain template dan custom untuk bisa kamu pilih sebagai email marketingmu. Kamu bisa mengirim file berupa dokumen, gambar, tautan survey, video, dll. Email marketingmu juga bisa terintegrasi dengan Twiiter, LinkedIn, dan juga Facebook. Tentu saja akan meningkatkan kunjungan di website toko onlinemu. Constact Contact menawarkan 2 paket, mulai dari $20/bulan dan $45/bulan.

  1. Aweber

Ada juga aplikasi email marketing yang bisa digunakan untuk campaign promo bisnismu. Aweber memiliki lebih dari 150 template email. Kamu bisa langsung menambahkan pelanggan baru yang melakukan order di website toko onlinemu ke daftar emailmu. Nah, kamu bisa menggunakan Aweber dengan berlangganan mulai dari $19 dengan mengirimkan 500 pelanggan sampai pengiriman email tanpa batas dengan jaminan uang kembali 30 hari.

  1. iContact

Jika kmau ingin menggunakan email dengan fitur autoresponders, maka iContact bisa kamu pilih. Tampilan yang memudahkan kamu untuk membuat dan mengirim email, serta memberikan kemudahan untuk kamu mendapatkan report dalam bentu CSV atau Excel. Kamu bisa mengintegrasikan iContact dengan Sosial Mediamu. Kamu bisa membayar langganannya mulai dari $14 sampai $117 setiap bulannya.

  1. GetResponse

Jika kamu ingin menjalankan kampanye email yang professional, maka GetResponse bisa menjadi pilihanmu. Kamu bisa melihat interaksi yang terjadi di email marketing yang kamu lakukan. Bahkan kamu bisa melihat penerima email yang subscribe dan unsubscribe.  Kamu juga bisa melihat report dalam bentuk diagram ataupun grafik. Jika kamu ingin menggunakannya dengan lebih bebas kamu bisa berlangganan, mulai dari $15/bulan dengan 1000 pelanggan.

  1. Zoho

Email Marketing di Zoho, bisa membuat campaign email bisnis kamu lebih mudah dan tentu saja maksimal. Kamu bisa menambahkan text, gambar, dan mengeditnya di menu HTML. Kamu yang memiliki list email sebanyak 2000 pelanggan bisa menggunakan paket GRATIS. Atau jika kamu ingin menjalankan campaign dengan mengirim email sebanyak 12.000 email kamu harus membayar sebanyak $5/bulan.

  1. ToutApp

Kebutuhan tim marketing akan email sungguh tidak sedikit. Pebisnis online membutuhkan fitur yang lengkap. Kamu yang membutuhkan kemudahan akses melalui media mobile, bisa juga menggunakan ToutApp untuk memudahkanmu. Kamu bisa berlangganan dengan membayar $30/bulan.

  1. LeadPages

Kamu bisa membuat landing page yang sangat luar biasa untuk menunjang email marketing yang kamu jalankan. Email marketing di LeadPages memiliki banyak template yang bisa dipilih. Jika kamu berencana untuk berlangganan, kamu bisa membayar $25/bulan.

  1. BenchMark

Tools ini menyediakan beberapa template yang bisa digunakan hampir semua jenis email. Mulai dari newsletter, template promosi bisnis, dll. Editor visual akan membantumu lebih mudah menempatkan fitur dan juga CTA emailmu di tempat yang berpotensi mendapatkan banyak interaksi. Paket dasarnya mulai dari 600 email dengan harga $9,95/bulan hingga 2500 email dengan $19,95/bulan.

  1. Infusionsoft

Saat bisnismu sudah mulai besar, maka ROI adalah hal yang akan menjad perhatianmu bukan? Dengan Infusionsoft, kamu bisa membuat dan mengirimkan email sesuai dengan interest atau kebutuhan targetmu. Infusionsoft dilengkapi dengan fitur untuk CRM atau Customer Relationship Management. Ada paket dasar mulai dari $199/bulan dengan 2.500 kontak dan sampai 12.500 email.

  1. Campaign Monitor

Dengan Campaign Monitor kamu bisa membuat email sesuai dengan templates yang sudah pasti menarik dan mampu menyampaikan pesan di dalam email tersebut. Kamu bisa membuat tampilan yang bisa dengan baik diakses oleh Gmail. Yahoo, Hotmail, dan lainnya. Sehingga email yang akan diterima oleh pelangganmu akan jauh lebih menarik lagi. Ada 2 paket yaitu $9/bulan paket paling dasar dan $29/bulan untuk fitur tak terbatas.

  1. Vertical Response

Vertical Reponse lebih mudah kamu gunakan saat kamu ingin mengintegrasikan email dengan Twitter, LinkedIn dan juga Facebook. Kamu bisa mendapatkan kontak person mereka dari akun sosial media tersebut, yang artinya jangkauan target email marketingmu akan jauh lebih luas lagi. Kamu bisa mengirim lebih dari 4000 email per bulan ke 1000 kontak secara GRATIS.

  1. Campaigner Email

Kamu tidak perlu bingung lagi saat harus mengintegrasikan sosial media bisnis dengan email marketing yang akan kamu jalankan. Campaigner Email akan membantumu mudah mengelola email marketing dari iPhone sekalipun. Ada lebih dari 500 template yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kategori atau jenis bisnismu. DIhargai sebesar $30/bulan, kamu pun bisa memanfaatkan trial selama 30 hari.

  1. YesWare

Serupa dengan ToutApp, YesWare fokus pada sales marketing dalam mengirim broadcast email kepada target yang sudah ditentukan. Kita juga akan tahu, apakah email tersebut dibuka, diklik dan lain sebagainya. YesWare akan membantu tim sales marketing yang berjumlah 20-50 orang dalam mengirim email secara bersamaan. YesWare menjadi berbayar mulai dari $12/user/bulan setiap 30 harinya.

  1. ActiveCampaign

Jika kamu ingin menjalankan otomasi dalam menjalankan komunikasi dalam email marketing, maka Active Campaign adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa membuat rencana email subscribe sampai email untuk pelangganmu. ActiveCampaign memang berbayar, $7,65/bulan. Namun fitur yang akan kamu terima akan sangat membantumu dalam menjalankan email marketing.

Nah, email marketing memang menjadi kebutuhan bagi bisnis online. Selain website toko online dan media sosial. Email marketing pun menjadi tempat untuk branding online sebuah bisnis. Ya, kamu bisa menjalankan kampanye promo bisnis dengan email marketing.

Kamu pun bisa menggunakan tools yang lebih optimal dalam menunjang pengiriman email bisnismu. Email Hosting adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin meningkatkan penjualan bisnis lewat komunikasi email. Email Hosting memberikan banyak kemudahan, mulai dari mengirim email dengan nama domain atau nama perusahaan kamu sendiri. Sehingga memungkinkan kamu untuk mempromosikan bisnismu lebih mudah lagi.

Kamu jugas bisa menggunakan email sesuai dengan jumlah karyawan yang ada di perusahaan. Tentunya ini akan lebih mudah dan menyesuaikan budget yang kamu miliki.

Ya email hosting Indonesia menjadi pilihan yang harus kamu coba.

Lalu, bagaimana dengan kamu? Apakah sudah siap untuk berbisnis online?

 

Nelsi Islamiyati