Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Jangan Bilang Suka Data Kalau Tidak Tahu Database MySQL

Penggunaan teknologi database didunia bisnis bermanfaat menghemat waktu dan biaya karena dengan database yang terkomputerisasi kita bisa banyak menyimpan informasi seperti mencetak, memuat, menampilkan data yang akurat, dan memudahkan pengaksesan data. Database memungkinkan bagi perusahaan untuk menyimpan data customer seperti nomor telepon, dan alamat email, yang dapat digunakan untuk memasarkan produk atau menawarkan diskon dan penawaran khusus secara langsung. 

Apa itu MySQL?

Pada proses pembuatan database, seorang developer mengetahui bahasa pemograman SQL maupun NonSQL. MySQL merupakan salah satu sistem manajemen database SQL yang bersifat Open Source. Sistem database MySQL mendukung beberapa fitur seperti multithreaded, multi-user, dan SQL database managemen sistem (DBMS). Sebagai peladen basis data, MySQL mendukung operasi basis data transaksional maupun operasi basis data non transaksional.

MySQL didirikan oleh Michael “Monty” Widenius pada tahun 1979, dia merupakan seorang programmer komputer dari Swedia. Monty mengembangkan database yang disebut UNIREG sistem sederhana yang menggunakan mesin database ISAM untuk menghubungkan indeks tingkat rendah.

Lalu apa keuntungan dari MySQL?

MySQL memiliki beberapa kelebihan yang dapat menguntungkan penggunanya, diantaranya adalah:

1. Software open source

Meskipun MySQL merupakan software open source, namun MySQL memiliki liosensi GPL sehingga para pengguna tidak perlu khawatir atau meragukan kualitasnya. Source MySQL dapat diperoleh dengan mudah dan gratis. Sintaknya lebih mudah dipahami dan tidak rumit. Apabila menginginkan source yang memiliki fungsi lebih, dapat membeli MySQL versi enterprise.

2. Software portable

MySQL dapat dijalankan untuk mengolah database multi platform. Beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac, dan lain-lain dapat menggunakan DBMS MySQL sehingga lebih efisien dan fungsionalitas, sehingga pengaksesan database dapat dilakukan dengan mudah. MySQL juga dapat diintegrasikan dengan berbagai macam bahasa pemrograman yang tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi dan RAM yang berukuran kecil.

3. Tipe data lebih bervariasi

MySQL memiliki tipe data yang bervariasi seperti integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lainnya.  Maka dari itu MySQL berguna untuk kebutuhan DBMS. Struktur data yang dimiliki oleh MySQL lebih fleksibel terutama untuk menangani table berupa Alter Table. MySQL didukung program-program umum seperti C, C++, Java, Perl, PHP, Python, dan sebagainya.

Setelah memanfaatkan aplikasi DBMS, langkah berikut adalah mengelola informasi. Hal ini bukan suatu pekerjaan yang mudah, meliputi siapa yang bisa melihat dan menggunakan, bagaimana mem-backup, berapa lama harus disimpan, teknologi penyimpanan yang tepat dan lain-lain. Sudah saatnya perusahaan kecil beralih dalam pengelolaan informasi yang dimiliki dengan menggunakan aplikasi DBMS.

Kemudahan dalam pencarian informasi akan membantu perusahaan kecil dalam memantau kegiatan operasional dan mempermudah dalam pengambilan keputusan karena pada database tersimpan informasi untuk mengetahui, misalnya, hosting terbaik Indonesia, data pengguna website, provider hosting Indonesia yang memiliki customer atau pelayanan terbaik, dan lain sebagainya.

Nelsi Islamiyati