inilah reomendasi 17 games yang bisa kamu lakukan dengan teman-temanmu saat work from home

Ketika semua orang harus Work-from-Home, pastinya pekerjaan dan conference kantor juga diganti jadi menggunakan Google Meet atau Zoom. Seakan-akan Google Meet, Zoom, Skype, dan sebagainya sudah menjadi kantor baru kita. Tapi pastinya membosankan juga rutinitas bangun tidur lalu Video Call. Lalu bagaimana caranya biar tidak membosankan?

Hiburan seperti games tidak hanya dilakukan secara langsung. Sekarang anda bisa bekerja sekaligus berseru-seruan dengan rekan-rekan anda cukup melalui layar smartphone atau laptop anda. Di sini ada 17 games seru yang bisa dimainkan bersama rekan-rekan anda. Yuk, simak artikel berikut untuk meningkatkan pengalaman Work-from-Home anda lebih luar biasa.

1. Never have I ever

Permainan ini cukup sederhana dan pastinya seru, dimulai dengan berkata “saya tidak pernah” dan orang selanjutnya harus memberikan pernyataan. Hati-hati, walau terdengar mudah tetapi permainan ini bisa menjadi “bahaya” dengan cukup cepat.

2. Truth or dare

Truth or dare sudah menjadi permainan klasik saat berkumpul. Tapi sekarang berkumpul cukup lewat layar saja ya. Cukup dengan mengundi dan yang terpilih harus memilih truth atau dare. Silahkan jawab truth sejujur mungkin, dan jika dare pastikan tidak terlalu repot, cukup yang bisa dilihat di kamera saja.

3. Lengkapi cerita

Selain bermain, permainan ini juga melatih imajinasi anda. Dimulai dengan memberikan kalimat naratif dan orang selanjutnya harus melanjutkan cerita tersebut. Biasanya cerita-cerita seperti ini berawal normal dan berujung lucu atau tidak masuk akal. Cukup pandai-pandai merangkai ceritanya ya.

4. Tebak omongan

Atau lebih dikenal dengan Read My Lips, permainan ini cukup mudah dilakukan di video call. Permainan dilakukan secara bergilir, penggilir akan mengatakan sesuatu dalam keadaan mute, dan peserta lain harus menebak apa yang dikatakan penggilir tersebut. Pastikan kualitas video anda cukup bagus ya.

     5. Huruf terakhir

Permainan ini cukup mudah dan bahkan bisa dilakukan di chat saja. Permainan ini dilakukan dengan menyebutkan satu kata dan orang selanjutnya harus membuat kata dari huruf terakhir kata tersebut, dan begitu seterusnya. Seperti MalanG, GresiK, KedirI, IndramayU, dan seterusnya. Kira-kira berapa lama anda bisa bertahan di permainan ini?

6. Pilih Satu

Dikenal juga dengan permainan “would you rather” permainan ini juga cukup terkenal saat berkumpul. Orang pertama akan memberi dua pernyataan pilihan, dan orang kedua harus memilih salah satu dari pilihan tersebut. Terdengar sangat mudah, tetapi percayalah, permainan ini akan semakin sulit dijawab seiring bermain.

7. Bagaimana jika

Permainan ini mungkin tidak terlalu populer, tetapi permainan ini bisa membuat anda lebih mudah mengenal rekan-rekan anda. Contohnya, dengan bertanya “bagaimana jika anda melihat orang jahat?” pasti jawabannya akan berbeda-beda. Gunakan permainan ini untuk bonding session yang lebih baik, dan pastinya mengenal karakter rekan-rekan anda.

8. Tebak gaya

Dikenal juga sebagai “charade”, permainan ini cukup dilakukan di video call. Penggilir akan meragakan suatu gerakan dan peserta lain harus menebak dalam kurun waktu tertentu. Contohnya, bergaya seperti bermain bola, dan jawabannya adalah pemain bola. Gunakan permainan ini untuk membuat video call anda lebih seru, pastikan dilakukan di ruang yang cukup.

9. Two Truth One Lie

Permainan ini dapat menguji seberapa kenal orang dengan anda, dan jika salah, anggap saja fakta baru mengenai anda. Permainan dimulai dengan seseorang memberikan 3 pernyataan tentang dirinya di mana salah satunya tidak benar. Peserta lain harus menebak di mana salah satunya yang tidak benar. Cukup mudah dan merupakan bonding session yang cukup efektif.

     10. Tebak lagu

Bagi anda yang doyan mendengar music, tentu saja tidak ada permainan yang lebih pas. Permainan dimulai dengan mengatakan lirik, tapi jangan dinyanyikan, dan peserta lain harus menebak lirik tersebut. Di permainan ini, anda mungkin bisa tahu di antara rekan-rekan anda yang merupakan fans berat penyanyi atau band tertentu.

11. Salah atau Benar

Permainan yang cukup fleksibel dengan tema apa saja. Contohnya, bisa dimulai dengan menyatakan suatu “fakta”, dan peserta lain harus menebak apa pernyataan tersebut benar atau salah. Permainan ini juga bisa menguji pengetahuan anda, atau bisa juga untuk mengenalkan diri atau mengenal orang lain.

12. Sajak/rhyme

Bagi orang Indonesia, pastinya sudah kenal dengan pantun bukan? Tetapi permainan ini bukan bermain pantun, melainkan sajaknya saja. Dimulai dengan mengatakan sesuatu, dan orang selanjutnya harus mengatakan sesuatu yang bersajak dengan kata sebelumnya. Cukup mudah dimulai, dan cukup mudah juga berakhir, tentunya diperlukan berpikir dengan cepat untuk bisa menjawab sajak tersebut.

13. 21 Pertanyaan

Permainan ini juga termasuk cukup “bahaya”, tetapi cukup mudah dilakukan bahkan cukup dengan group chat. Permainan ini dilakukan secara bergilir memberi pertanyaan hingga terkumpul 21 pertanyaan. Penjawab akan diundi secara acak dan di-“bom” dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut.. Hati-hati, pertanyaan yang anda berikan bisa jadi memakan diri anda sendiri.

14. Werewolf

Permainan berkumpul yang sudah hampir semua orang tahu. Werewolf sudah menjadi permainan legendaris untuk berkumpul-kumpul. Permainan ini cukup mudah dilakukan di group chat, atau aplikasi tertentu. Kumpulkan pemain sebanyak-banyaknya agar membuat sesi werewolf anda menjadi jauh lebih seru.

 15.  Spy

Spy merupakan mainan yang cukup mudah dilakukan di group chat. Seorang moderator akan memberikan 2 kata berbeda (tapi bersinonim) untuk 2 tim berbeda, yaitu tim Spy dan Citizen. Pemain akan mendeskripsikan kata tersebut dengan satu kata, dan akan dilakukan voting untuk menentukan siapa yang memiliki kata yang berbeda (Spy). Anda harus pintar membaca situasi dan deskripsi orang-orang untuk menentukan siapa Spy-nya, atau melindungi diri anda sebagai Spy.

16. Emoji Game

Permainan andalan group chat. Permainan ini cukup dilakukan dengan memberikan serangkaian emoji dan menebak apa makna dari emoji-emoji tersebut. Dilakukan dengan membentuk 2 tim dan 1 moderator, moderator akan memberikan serangkaian emoji dan 2 tim tersebut akan berlomba untuk menebak apa makna emoji tersebut. Cukup mudah bukan? Pastikan anda cepat dalam men-translate emoji-emoji tersebut.

17. Excel Pixel Art

Siapa bilang Spreadsheet/Excel tidak bisa digunakan untuk gambar? Permainan satu ini dapat dilakukan menggunakan Google Sheets karena terdapat fitur Live Editing yang bisa diubah menjadi permainan. Akan dibentuk menjadi 2 tim dan 2 orang juri, juri akan menentukan apa yang digambar. Anggota tim akan berusaha menggambar sebaik mungkin yang ditentukan dengan mewarnai kolom-kolom sheets menjadi bentuk gambar. Permainan ini menuntut anda meningkatkan kreatifitas anda ke level selanjutnya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like