Siapa bilang bekerja sesuai dengan hobi atau passion kita akan jauh dari rasa bosan? Hampir semua jenis pekerjaan menciptakan kejenuhan atau kebosanan tersendiri bagi pelakunya. Hanya saja tingkatan atau kadar kejenuhan yang berbeda membuat mereka berbeda dalam menangani rasa bosannya.

Tidak terkecuali seorang programmer. Dimana mereka yang setiap hari bergumul dengan berbaris-baris code untuk membangun sebuah aplikasi ataupun website. Bukan hal yang aneh lagi saat mereka pun merasa bosan dengan aktivitas ‘ngoding’ mereka. Namun tuntutan untuk menyelesaikan tugas harus mereka jalani.

Promo Hosting, Domain Murah & Website Gratis - jagoanhosting.com

Untuk mensiasati kebosanan dalam aktivitas ‘ngoding’, kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana ini.

1. Ngoding di tempat yang berbeda dari biasanya

Rasa bosan bisa muncul dari lingkungan tempatmu bekerja. Ada sesuatu yang harus berubah atau setidaknya kamu harus melihat sesuatu yang berbeda agar tidak bosan dengan hal yang sama setiap harinya. Kamu yang bisa bekerja dari mana saja, bisa memilih sesekali bekerja di luar meja kantormu. Kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu di rumah, di sebuah café atau coworking space.  Selain mendapatkan suasana baru, kamu pun akan mendapatkan inspirasi baru. Sebab kamu akan melihat dan merasakan sesuatu yang berbeda dari biasanya bukan?

Beberapa orang memilih pekerjaan sebagai programmer karena mereka bisa bekerja dari mana saja. Bahkan mereka bisa bekerja di waktu atau tempat sesuai keinginan mereka. Ini akan membantu para programmer mengurangi stress karena bosan dalam bekerja.

2. Cari teman ngobrol baru

Programmer memang dikenal sebagai seorang introvert atau bahkan ada pula mereka yang dicap sebagai individu yang ansos atau anti sosial. Sebab dunia mereka akan lebih banyak fokus mengerjakan berbaris-baris coding yang tidak pun mudah. Namun bukan berarti kamu yang programmer tidak punya kesempatan untuk bertemu atau membangun relasi dengan orang baru.

Jangan ragu untuk keluar dan sejenak meninggalkan meja dan laptopmu untuk bertemu dan berkumpul dengan komunitas yang kamu sukai. Misalnya saja komunitas programmer atau yang lainnya. Kamu akan bertemu dengan orang baru. Tentu saja ini akan membuat kamu menambah jalinan pertemanan yang siapa tahu akan menjadi klien atau partner bekerjamu di kemudian hari.

3. Coding untuk sesuatu yang membuatmu bersemangat

Beberapa orang akan merasa bosan saat mereka harus mengerjakan pekerjaan yang tidak mereka sukai, atau yang membuat mereka merasa sangat terbebani. Jika ‘ngoding’ sudah menjadi separuh dari dirimu, cobalah untuk membuat aplikasi yang kamu sukai. Meski hanya untuk senang-senang, setidaknya kamu sudah memiliki protofolio untuk klienmu selanjutnya bukan?

4. Pelajari bahasa baru atau gunakan editor baru

Jika masih tetap ingin ‘ngoding’ meski kamu merasa bosan, cobalah untuk mempelajari bahasa pemrograman baru. Pelajaran baru akan membuatmu bersemangat. Pilihlah bahasa yang membuatmu lebih mudah memahami dan tidak sulit untuk menerapkannya.

Kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan editor baru atau yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya. Misalnya, jika kamu terbiasa menggunakan editor notepad++, kamu bisa menggunakan Sublime text. Tentu saja untuk mencari suasana baru supaya tidak mudah bosan.

5. Ubah waktu codingmu

Nah, yang satu ini sedikit sulit, namun bisa dicoba. Kamu yang terbiasa bangun di malam hari untuk bekerja dan berpikir bahwa di saat itulah waktumu lebih banyak mendapatkan inspirasi. Cobalah untuk mengubah waktu kerjamu. Cobalah untuk tidur di malam hari, bangunlah di pagi hari. Berolahraga, sarapan, kemudian baru bekerja. Mengubah kebiasaan buruk akan membuatmu menjadi lebih sehat dan tentu saja menghilangkan kebosananmu dengan rutinitas yang sama setiap harinya.

Gimana sobat? Kamu yang seorang programmer memang sedikit berbeda dari yang lainnya. Lebih banyak bekerja di balik layar dan bahkan jarang muncul bahkan untuk bertemu dengan klien. Tapi sesunggunya kamulah #Pahlawandigital yang dimiliki Indonesia. Kamu bekerja membangun website atau aplikasi yang banyak dibutuhkan dan membantu aktivitas orang lain.

Mengatasi rasa bosan tentu harus kamu lakukan, bukan sekedar untuk membuatmu kembali bersemangat tapi lebih membuatmu lebih menghargai apa yang kamu miliki saat ini. So, #Pahlawandigital sudah siap membangun Indonesia dengan barisan code?

55 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like