Aplikasi untuk Kuliah Online – Salam untuk bapak dan ibu dosen! Adakah yang sudah rindu mengajar langsung tatap muka di kelas?

Sejak pandemi COVID-19 merebak dan PSBB diberlakukan, semua aktivitas di sekolah dan perkuliahan otomatis dihentikan. Oleh sebab itu, perkuliahan pun dilakukan secara daring di rumah.

E-learning atau belajar online sebenarnya sudah lama muncul di Indonesia. Namun, semenjak pandemi COVID-19 menyerang, kuliah online menjadi opsi terbaik bagi para mahasiswa yang tidak bisa mengikuti perkuliahan di kampus. 

Nah, sebagai dosen, Anda dituntut agar dapat menyelenggarakan sejumlah kegiatan belajar mengajar. Dan tentunya Anda membutuhkan sebuah media untuk tetap bisa mengikuti perkuliahan.

Kali ini Jagoan Hosting telah merangkum 7 aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk kuliah online bersama mahasiswa Anda. Ada apa saja ya?

1. Zoom, aplikasi untuk kuliah online yang paling populer

aplikasi untuk kuliah online
www.tekno.kompas.com

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Zoom Cloud, yang merupakan aplikasi untuk meeting online. Layanan ini hadir di platform desktop sejak tahun 2011  dan saat ini sudah bisa digunakan bagi pengguna Android dan iOS. 

Dengan aplikasi ini, kamu Anda bisa melakukan video conference dengan para mahasiswa maupun rekan-rekan dosen. 

2. Google Classroom

Dengan dukungan Google, aplikasi ini didesain khusus untuk para guru dan dosen dalam memberikan materi pembelajaran. Pemberian dan penyelesaian tugas bisa dilakukan melalui Google Drive dan menggunakan Gmail sebagai pemberitahuan. 

Proses pembuatan kelas pada Google Classroom sangat cepat dan mudah jika dibanding LMS lain yang harus menginstall atau mendaftarkan ke provider LMS.

Anda hanya perlu mengaksesnya lalu membagikan materi pembelajaran. Interface Google Classroom juga lebih user-friendly sehingga ideal digunakan bagi setiap pengajar dengan tingkat pengalaman e-learning yang beragam.

3. Edmodo

Edmodo adalah sebuah aplikasi kuliah online yang tidak hanya menghubungkan mahasiswa dan pengajar, namun juga dengan orang tua atau wali.

Mahasiswa dan dosen dapat saling berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Dengan Edmodo, para pengajar bisa memeriksa tingkat pemahaman mahasiswa dan memberikan penghargaan atas kinerja dan perilaku selama pembelajaran.

Yang menjadikannya berbeda dengan aplikasi lainnya adalah, orang tua pun bisa memantau kegiatan belajar anaknya. 

4. Whatsapp yang super simpel juga jadi pilihan aplikasi untuk kuliah online

aplikasi untuk kuliah online
www.whatsapp.com

Siapa sih, yang tidak menggunakan Whatsapp saat ini? Aplikasi ini pasti sangat familiar dan sering digunakan sehari-hari.

Bagi para mahasiswa, adalah sebuah keharusan menginstal aplikasi yang satu ini di ponselnya. Selain itu, Whatsapp juga dianggap lebih mudah pengoperasiannya. 

Mahasiswa dan juga dosen bisa melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan fitur grup chat yang ada di Whatsapp. Dengan cara ini, mahasiswa dan dosen bisa terkoneksi dan berkomunikasi dengan lebih lancar.

5. Google Duo

Google Duo adalah produk lain dari Google yang bisa dijadikan aplikasi pembelajaran jarak jauh.

Terdapat fitur Knock Knock, yaitu tampilan preview video saat ada panggilan. Aplikasi ini memiliki koneksi yang lebih cepat dan stabil, serta dengan teknologi end to end encrypted. 

6. Skype

Aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna fitur alat komunikasi jarak jauh. Jadi tidak heran jika dosen dan mahasiswa melakukan kuliah online menggunakan aplikasi ini.

Skype mampu melakukan panggilan dengan maksimal 70 pengguna sekaligus dan memiliki kualitas suara yang baik. 

7. Moodle, yang ini sih aplikasi untuk kuliah online yang paling oke. Setuju dong?

learning management system terbaik
www.moodle.com

Dan yang terakhir adalah Moodle! Sebuah aplikasi kuliah online berbasis website yang dapat mengubah sistem pembelajaran menjadi bentuk online atau web-based

Moodle memungkinkan para mahasiswa masuk ke dalam ruang kelas digital dan mengakses semua materi pembelajaran yang telah dibagikan oleh pengajar. Aplikasi ini juga memungkinkan para pengajar untuk membuat kuis, materi, jurnal, dan lain-lain. 

Tapi sebelum menginstal Moodle untuk pembelajaran, kamu perlu memiliki domain dan hosting terlebih dulu. Anda bisa mendapatkannya dengan berlangganan di Jagoan Hosting dan memilih sendiri paket yang sesuai dengan kebutuhanmu! 

Itulah 7 rekomendasi aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk kuliah online. Kalau kamu prefer menggunakan aplikasi yang mana, Sob? Kalo Mimin sih paling merekomendasikan Moodle. Mau coba fitur-fiturnya? Dapatkan disini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like