Game RPG – Gaming memang menyenangkan! Baik yang mengaku sebagai ‘gamer’ ataupun sekadar penikmat game di waktu senggang, bermain game memang memiliki dampak yang bagus untuk tubuh. Berbeda dengan pendapat bahwa game bisa membuat bodoh, sebenarnya dari game kamu bisa belajar banyak! Mulai dari bahasa Inggris, strategi, cara berpikir kritis, hingga kerjasama. Apalagi jika game tersebut memiliki genre RPG.

Mungkin kamu sering mendengar tentang RPG, tapi sebenarnya game seperti apa sih yang disebut RPG? Kali ini Jagoan Hosting akan menjelaskan tentang apa itu game RPG yang selalu diminati dan bisa menjadi inspirasi kamu jika hendak menciptakan game!

Game RPG: Bikin kamu masuk ke dalam game

contoh game rpg
gambar dari https://www.tokopedia.com/blog/game-rpg-android-ent/

RPG merupakan singkatan dari role-playing game atau game yang mengajak kamu memerankan sebuah tokoh di dalam permainan tersebut. Ibaratnya, kamu sedang menjadi tokoh yang ada di game itu!

Ciri-ciri Role Playing Game adalah adanya tokoh yang kamu mainkan dan tentukan nasibnya. Tidak ada jalan yang ‘benar’ atau ‘salah’, tetapi perkembangan dari tokoh tersebut semuanya murni dari kamu. Tokoh yang kamu kontrol disebut protagonis.

Ada pula NPC atau non-player character yang tidak diperankan oleh siapapun dan bisa berperan dalam game, seperti musuh, teman, atau sekadar orang yang ada di sekelilingmu.

Game RPG sangat kuat di jalan ceritanya

Jalan cerita atau storyline menjadi kekuatan utama di game ini. Kamu bisa mencari tahu siapa tokohmu, apa yang terjadi, dan masih banyak lagi. Maka nggak heran jika cutscene-nya bisa lebih banyak daripada game action biasa!

Menariknya, karena tokoh yang kamu mainkan benar-benar sesuai dengan kebebasanmu, maka ada keputusan-keputusan yang kamu ambil yang akan berpengaruh pada jalan cerita. Mungkin jalan cerita utama membebasi keputusan yang ada, tetapi banyak sekali side-mission atau misi sampingan yang bisa terjadi jika kamu melakukan suatu hal, lho!

Contoh game yang paling populer dengan kisah yang kuat dan side mission bervariasi adalah The Elder Scrolls V: Skyrim.

Kustomisasi tokoh biar makin kuat atau fashionable

Bukan cuma skill dan keputusan, tetapi kamu juga bebas menentukan item atau inventory yang dimiliki dan dikenakan tokoh utama. Kamu bisa memakaikan pakaian yang kuat tetapi tampak kuno atau yang fashionable dengan defense rendah. Semuanya bebas!

Inilah kenapa kekuatan tokoh sangat bergantung pada kemampuanmu sebagai gamer dalam mengelola tokohmu sendiri. Mungkin senjata kamu sangat bagus, tetapi belum tentu armor kamu kuat!

Menjadi reviewer game RPG bisa menjadi sumber uang tersendiri, lho!

Mendapatkan uang dari game tidak selalu harus menjadi seorang developer game, lho! Kamu bisa menggunakan website kamu sebagai sumber review game RPG paling keren dan hits pada tahun ini, misalnya. Kamu juga bisa memberikan ulasan agar orang yang ingin mencari tahu tentang game itu bisa mendapatkan informasi dari website kamu.

Apa yang selanjutnya dilakukan dengan website kamu? Kamu tentunya bisa memasang Google Adsense untuk layanan iklan di website kamu. Atau lebih keren lagi, kamu bisa membuka affiliate marketing, lho! Affiliate marketing berarti kamu mereview sebuah game dan meletakkan link untuk membeli game tersebut di website kamu.

Tentunya jangan sampai website kamu lemot ketika traffic semakin banyak, ya! Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan hosting dan server yang prima, seperti VPS Cloud dari Jagoan Hosting. Harga terjangkau dengan bandwidth yang terbaik siap membantu website kamu menjadi tujuan utama review game RPG!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like