Aplikasi game developer – Sobat Jagoan, apakah kamu punya niatan untuk menjadi game developer ternama? Sebelum kamu terjun langsung, kamu harus punya skill khusus dulu, terutama basic programming. Nah, skill khusus ini harus selalu dilatih dengan cara menggunakan aplikasi-aplikasi yang memang sudah tersedia bagi para game developer. Lalu, kira-kira apa saja ya aplikasi game developer bagi pemula? Yuk, simak ulasannya satu per satu berikut ini.

aplikasi game developer
gambar dari unsplash

1. Construct 2

Gak perlu takut coba buat game, aplikasi yang satu ini menawarkan tagline No Programming Needed! Aplikasi ini biasa digunakan untuk game 2D dimana kamu juga bisa menambahkan efek suara sendiri. Ini juga adalah salah satu software terbaik, buat kamu yang belum pernah nulis coding

Dalam membuat sebuah game, yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan drag dan drop. Terus setelah itu, tinggal sesuaikan saja deh logika dan variabel game. Terus,fitur keren lainnya adalah kamu bisa mempublikasikan game yang sudah kamu buat ke berbagai versi,  seperti HTML5, Chrome Web Store, Windows Store, atau Facebook.

2. GameMaker: Studio

Aplikasi game developer selanjutnya yang tak kalah menarik adalah GameMaker: Studio. Bahkan saat ini sudah ada versi terbarunya yaitu GameMaker: Studio 2 yang dirilis di tahun 2017. Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat game untuk iOS, PCS, Android, atau Web. Bahkan, konsol seperti Xbox dan Playstation juga bisa loh. GameMaker digunakan untuk membuat game dengan grafik 2D, yang memungkinkan penggunaan grafik raster, grafik vektor (melalui SWF), dan animasi kerangka 2D.

3. Stencyl

Ini adalah salah satu program pembuatan game yang sempat populer di tahun 2000-an. Antarmukanya itu berkonsep drop and drag yang bisa diekspor ke dalam bentuk versi Linux, Windows, Mac, iOS, Android, dan Flash. Buat kamu yang sebelumnya pernah mengenal aplikasi Scratch, kamu akan cepat familiar dengan Stencyl, dimana dalam membangun code-nya dengan menyusun balok-balok. Beberapa game populer yang pernah dibuat dengan menggunakan aplikasi ini adalah Impossible Pixel dan Zuki’s Quest.

4. GameSalad

Ini adalah aplikasi game developer tanpa coding terbaik yang wajib kamu coba. Sob, kamu bisa ekspor untuk penggunaan iOS, Android, hingga permainan web berbasis HTML5. Buat kamu yang belum memahami bahasa pemrograman, tenang saja. Kamu hanya perlu mengatur properti saja, dan gak perlu melakukan coding yang rumit dalam membangun game. Untuk aplikasi ini, dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS X 10.7, Windows 7, Win 8, Win 8.1, dan Windows 10.

5. Unity

Siapa sih yang gak kenal dengan aplikasi yang satu ini? Unity merupakan software yang banyak dikenal dikalangan game developer. Tapi, sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan dulu ya bahwa kamu sudah memahami beberapa bahasa pemrograman seperti C# dan Javascript. Aplikasi ini terbilang memang memiliki fitur unggulan. Misalnya saja, kamu bisa import assets dari 3DS Max, Maya, Softimage, Cinema 4D, Blender, dll. 

Sob, itulah beberapa aplikasi game developer yang direkomendasikan oleh Jagoan Hosting. Jadi, mana nih aplikasi yang segera pengen kamu coba? Yang pasti, dalam membuat sebuah game, gak bisa sembarangan dalam memilih aplikasinya. Kamu harus pilih aplikasi yang memang kamu nyaman untuk menggunakannya dan yang pasti anti ribet. Nah, sama halnya ketika kamu mau pilih hosting buat website-mu yang pastinya mau yang praktis. Yang pasti praktis dan resource-nya bisa disesuaikan sama keinginan, ya cuman Mix & Match punyanya Jagoan Hosting. 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like