Komunitas Game Developer – Salah satu dampak dari kemajuan teknologi adalah melesatnya developer game. Tidak hanya terjadi di luar negeri namun, dampak tersebut juga terjadi di Indonesia!

Data menunjukkan industri game di Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Salah satu tolok ukurnya adalah semakin banyaknya komunitas pengembang game di berbagai kota di Indonesia.

Nah, kabar baik juga buat kamu yang hobi bermain games, lewat komunitas game kamu tidak hanya mendapatkan info-info menarik seputar games, tetapi kamu juga bisa belajar membuat game sendiri.

Ada beberapa komunitas games yang sudah dirangkum oleh Jagoan Hosting dan komunitas ini bisa kamu ikuti. Jadi, tidak hanya bermain games kamu juga bisa sambil belajar bikin game, Sob! Apa saja komunitasnya, langsung cek di bawah ini! 

1. Komunitas GameDev Indonesia

Komunitas yang juga rumah bagi anak muda Indonesia yang handal membuat game. Para game developer lokal ini berkumpul dalam komunitas ini yang berbasis online.

Disini, kamu bisa bertukar pikiran mengenai game dan mencari ide untuk membuat sebuah game. Di komunitas ini, para anggotanya bisa belajar membuat game dari developer game pemula hingga anggota game yang sudah jadi developer handal. 

2. GameLan, Komunitas Game asal Jogja

Buat kamu orang Jogja dan ingin belajar membuat games bisa bergabung dengan GameLan. GameLan didominasi anak muda ini juga menjadi wadah sharing bagi developer serta penggemar dunia game.

Komunitas game ini sudah berdiri sejak tahun 2011 di Jogja, selain belajar membuat games, GameLan juga aktif mengadakan event tahunan seperti, Global Game Jam yang diadakan setiap tahunnya.

Dalam event ini, setiap orang dapat berkompetisi untuk membangun sebuah game dalam jangka waktu 48 jam berdasarkan tema yang baru akan ditentukan pada hari-H dengan anggota yang diacak.

Seru ya, bermain dan belajar bersama komunitas ini! 

3. Belajar di Komunitas Game Godot Engine Bisa Jadi Pilihan

Salah satu komunitas yang mengembangkan game engine, yang memungkinkan untuk membuat game sendiri dengan seperti, mesin video game 2D dan 3D lintas platform, open source yang dirilis di bawah Lisensi MIT.

Game engine yang dikembangkan oleh Godot ini bisa bekerja di Windows, OS X, Gnu / Linux, dan BSD. Kita dapat menggunakan mesin ini untuk membuat game untuk desktop, ponsel, atau platform web.

Bagaimana tertarik bergabung dengan Godot Engine? 

4. Gadas – Game Developer Community Surabaya

Tidak hanya buat anak muda Jogja yang bisa mengembangkan game dengan komunitas GameLan, Arek-arek Suroboyo juga punya komunitas Game Developer dengan nama Gadas.

Setiap bulan Gadas juga mengadakan event seperti, gathering. Dalam event gathering tersebut biasanya mereka berkumpul sambil sharing ilmu tentang game development dari para profesional Surabaya.

Di masa pandemi seperti ini, Gadas juga masih aktif mengadakan event secara online. Sebagai komunitas Game Developer Surabaya, Gadas memiliki harapan untuk menjadi sebuah komunitas pecinta game namun juga bisa menjadi wadah bagi semua anggotanya untuk berkembang dan mengembangkan game sehingga bisa meningkatkan angka developer game di Indonesia.

Itu dia list komunitas game di Indonesia. Buat kamu yang ingin menjadi seorang developer games, kamu bisa mengikuti salah satu komunitas dari list di atas. Mengapa bergabung komunitas penting bagi seorang developer games? karena pada dasarnya game developer tidak bisa berdiri sendiri. Untuk menjadi developer besar dan sukses, kita harus kenal banyak orang. 

Nah! Sebagai langkah awal, kamu bisa membuat portofolio atau review tentang game yang bisa menjadi bekalmu sebelum masuk ke komunitas game developer Indonesia. Siapa tau dengan banyak review, kamu juga bisa mendapatkan exposure dari game developer lainnya, atau pencinta game lain. Sehingga kamu akan dikenal oleh banyak orang dan mudah untuk bergabung dengan komunitas game developer.

Jadi, yuk mulai dari sekarang bikin website pribadi dengan Jagoan Hosting, sebagai penyedia hosting terbaik di Indonesia. Kreasikan websitemu dengan harga minimal kualitas maksimal! 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like