Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
cloud computing

Cara Kerja Teknologi Cloud Computing yang Harus Kamu Tahu

Entah kamu menggunakan cloud computing untuk menjalankan aplikasi berbagi foto dengan jutaan pengguna ponsel lainnya atau untuk mendukung suatu operasi bisnis, platform layanan cloud mampu menyediakan akses cepat ke sumber daya TI yang fleksibel dan berbiaya murah.

Dengan cloud computing, kamu tidak perlu melakukan investasi besar-besaran untuk perangkat keras. Sebagai gantinya, kamu bisa menyediakan jenis dan ukuran sumber daya komputasi yang tepat yang kamu butuhkan untuk menghidupkan ide baru atau mengoperasikan departemen TI kamu.

Di artikel kali ini, kamu akan diajak untuk mendalami lebih jauh teknologi komputasi cloud. Let’s check this out.

Apa Itu Cloud Computing?

cloud computing
Source: PCMag

Jika didefinisikan secara sederhana, cloud computing adalah penyampaian layanan komputasi, termasuk server, penyimpanan, basis data, jaringan, perangkat lunak, analitik, dan intelijen melalui Internet ‘cloud’ untuk menawarkan inovasi yang lebih cepat, sumber daya yang fleksibel, dan skala yang ekonomis.

Kamu biasanya hanya perlu membayar untuk layanan cloud yang digunakan. Hal ini bisa membantu kamu menurunkan biaya operasi, menjalankan infrastruktur secara efisien, dan meningkatkan skala seiring perubahan kebutuhan bisnis.

Cara Kerja Cloud Computing

Melalui koneksi layanan Internet, cloud storage berfungsi dengan memungkinkan pengguna mengakses dan mengunduh data pada perangkat apa pun yang dipilih, seperti laptop, tablet, atau smartphone.

Pengguna cloud storage juga dapat mengedit dokumen secara bersamaan dengan pengguna lain, sehingga pengguna dapat bekerja di luar kantor.

Tergantung pada kebutuhan spesifik, biaya yang dikenakan untuk cloud storage sangat bervariasi. Sebagai pengguna individu, kamu biasanya bisa mendapatkan jumlah cloud storage awal secara gratis, seperti 5 GB dengan Apple iCloud.

Jika kapasitas 5 GB dirasa kurang, kamu bisa membayar biaya untuk penyimpanan tambahan. Tarif yang dikenakan mencakup tarif bulanan atau tahunan, tergantung pada layanan yang kamu gunakan.

Benefit Menggunakan Cloud Computing

Cloud computing menawarkan banyak manfaat. Dengan semakin banyaknya perangkat berkemampuan web yang digunakan dalam lingkungan bisnis saat ini, akses data menjadi jauh lebih mudah.

Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari cloud computing:

Penyimpanan Lebih Banyak

Sebelum teknologi berkembang dengan pesat, memori dibatasi oleh perangkat tertentu. Jika kehabisan memori, kamu akan memerlukan drive USB untuk mencadangkan perangkat kamu.

Cloud computing menawarkan peningkatan penyimpanan, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang pada hard drive.

Worldwide Access

Cloud computing dapat meningkatkan mobilitas karena kamu dapat mengakses dokumen dari perangkat apa pun di belahan dunia mana pun.

Jika kamu memiliki bisnis besar, ini berarti karyawan kamu dapat bekerja dari rumah atau dalam perjalanan bisnis, tanpa harus membawa-bawa dokumen.

Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan memungkinkan pertukaran informasi lebih cepat. Karyawan juga dapat mengerjakan dokumen yang sama tanpa harus berada di tempat yang sama.

Pengaturan yang Mudah

Kamu bisa mengatur layanan cloud computing dan menyesuaikan pengaturan individual, seperti memilih kata sandi atau memilih perangkat mana yang ingin kamu sambungkan ke jaringan dalam hitungan menit.

Setelah itu, kamu bisa segera mulai menggunakan sumber daya, perangkat lunak, dan informasi yang ditawarkan.

Tipe Cloud Computing

Cloud computing biasanya diklasifikasikan berdasarkan lokasi atau layanan yang ditawarkan. Berdasarkan lokasi, kita bisa mengklasifikasikan cloud sebagai berikut:

Public Cloud

Infrastruktur komputasi menyeluruh yang terletak di lokasi perusahaan cloud computing yang menawarkan layanan cloud.

Community Cloud

Cloud ini dibagi antar anggota organisasi guna mencapai tujuan bersama.

Hybrid Cloud

Gabungan antara private cloud dan public cloud yang memungkinkan kamu menggunakan salah satu dari keduanya, tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Usahakan untuk meng-host aplikasi kamu di server kamu sendiri untuk meningkatkan keamanan.

Private Cloud

Memungkinkan kamu untuk mengoperasikan sendiri semua infrastruktur komputasi. Tingkat keamanan dan kontrol akan menjadi sangat tinggi ketika kamu menggunakan jaringan pribadi.

Berdasarkan layanan yang ditawarkan cloud, kita bisa mengklasifikasikannya sebagai berikut:

Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

IaaS adalah kategori paling dasar dari layanan cloud computing yang memungkinkan kamu menyewa infrastruktur TI dari penyedia cloud.

Platform-as-a-Service (PaaS)

PaaS mengacu pada penyediaan lingkungan untuk pengembangan, pengujian, pengiriman, dan pengelolaan aplikasi perangkat lunak.

Layanan ini dirancang untuk membuat aplikasi web atau seluler dengan cepat, tanpa khawatir tentang pengaturan atau pengelolaan infrastruktur yang mendasari server, penyimpanan, jaringan, dan basis data yang diperlukan untuk pengembangan.

Software-as-a-Service (SaaS)

SaaS adalah metode untuk mengirimkan aplikasi perangkat lunak melalui Internet. SaaS dapat membantu kamu meng-host dan mengelola aplikasi perangkat lunak dan infrastruktur yang mendasarinya, serta menangani pemeliharaan apa pun.

Functions-as-a-Service (FaaS)

FaaS menambahkan lapisan abstraksi lain ke PaaS, sehingga kamu sepenuhnya terisolasi dari semua yang ada pada tumpukan kode kamu.

Alih-alih menangani kerepotan server virtual, wadah, dan runtime aplikasi, FaaS mengunggah blok kode dan mengaturnya sedemikian rupa sehingga ia hanya akan terpicu oleh peristiwa-peristiwa tertentu.

Aplikasi FaaS tidak menggunakan sumber daya IaaS sampai suatu peristiwa terjadi sehingga layanan ini bisa mengurangi biaya bayar per penggunaan.

Penggunaan Cloud Computing

Cloud computing telah banyak dikenal dengan fleksibilitas yang lebih besar, elastisitas, dan pemanfaatan sumber daya yang optimal.

Berikut adalah beberapa situasi di mana cloud computing digunakan untuk meningkatkan kemampuan mencapai suatu tujuan bisnis.

Tes dan Pengembangan

Penggunaan cloud dalam lingkup pengujian dan pengembangan adalah hal yang sudah banyak diketahui.

Untuk melakukan tes dan pengembangan seringkali memerlukan pengamanan anggaran, pengaturan lingkungan melalui aset fisik, tenaga kerja, dan waktu yang signifikan.

Namun, dengan komputasi cloud, pekerjaan kamu bisa jadi lebih mudah karena cloud menawarkan lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Analitik Big Data

Salah satu aspek yang ditawarkan oleh komputasi cloud adalah kemampuan untuk menggunakan sejumlah besar data terstruktur dan tidak terstruktur untuk mengambil manfaat dari penggalian nilai bisnis.

Pengecer dan pemasok sekarang mengekstraksi informasi yang berasal dari pola pembelian konsumen untuk menargetkan iklan dan kampanye pemasaran mereka ke segmen tertentu.

Bahkan platform media sosial kini menyediakan ruang untuk melakukan analitik pada pola perilaku konsumen.

Penyimpanan File

Cloud memungkinkan kamu menyimpan, mengakses, dan mengambil file dari interface apa pun yang didukung web.

Jika kamu adalah seorang pemain bisnis, kamu hanya perlu membayar jumlah penyimpanan cloud yang benar-benar digunakan dan kamu tidak perlu khawatir terhadap pemeliharaan harian infrastruktur penyimpanan.

Produk Cloud Computing Jagoan Hosting

Jagoan Hosting menawarkan produk dan layanan cloud computing berbasis teknologi kekinian yang tentunya memiliki respons server yang cepat dan performa yang tangguh.

Jagoan Hosting hadir dengan beberapa package produk dan layanan cloud computing yang telah disesuaikan sedemikian rupa agar memenuhi kebutuhan segmentasi pasar tertentu.

Jika kamu tertarik dengan layanan komputasi cloud untuk kebutuhan personal atau bisnis kamu, yuk, cek produk cloud computing Jagoan Hosting dengan mengklik button di bawah ini.

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +