Apakah kamu tahu apa itu komputasi awan (cloud computing)? Di tengah pesatnya perkembangan era digital seperti sekarang ini, banyak individu ataupun instansi yang memerlukan tempat penyimpanan berbagai data dan informasi dalam jumlah besar. Kini, menyimpan file di hard drive atau penyimpanan lokal perangkat sudah tidak dianggap efektif karena dinilai kurang efisien.

Atas dasar itulah, cloud computing hadir sebagai inovasi tempat penyimpanan yang memanfaatkan jaringan internet dengan memberikan keuntungan praktis. Yuk pelajari apa itu komputasi awan selengkapnya di bawah ini, let’s check this out!

Apa itu Komputasi Awan (Cloud Computing)?

cloud computing
Source: PCMag

Jika didefinisikan secara sederhana, cloud computing atau komputasi awan adalah penyampaian layanan komputasi melalui jaringan internet, termasuk server, database, penyimpanan data, jaringan, dan perangkat lunak untuk menawarkan inovasi yang lebih cepat, sumber daya fleksibel, dan skala yang ekonomis.

Kamu biasanya hanya perlu membayar untuk layanan cloud yang digunakan. Hal ini bisa membantu kamu menurunkan biaya operasi, menjalankan infrastruktur secara efisien, dan meningkatkan skala seiring perubahan kebutuhan bisnis.

Manfaat Komputasi Awan

Dengan semakin banyaknya perangkat berkemampuan web yang digunakan dalam lingkungan bisnis saat ini, akses data menjadi jauh lebih mudah. Berikut adalah manfaat cloud computing yang akan kamu dapatkan.

1. Penyimpanan Lebih Banyak

Sebelum teknologi berkembang pesat, memori dibatasi oleh perangkat tertentu. Jika kehabisan memori, kamu akan memerlukan drive USB untuk mencadangkan perangkat kamu. 

Manfaat komputasi awan adalah menawarkan peningkatan penyimpanan, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang pada hard drive.

2. Worldwide Access

Manfaat komputasi awan dapat meningkatkan mobilitas karena kamu bisa mengakses dokumen dari perangkat apa pun di belahan dunia mana pun. Jika kamu memiliki bisnis besar, ini berarti karyawan kamu dapat bekerja dari rumah atau dalam perjalanan bisnis, tanpa harus membawa-bawa dokumen.

Hal ini bisa meningkatkan produktivitas dan memungkinkan pertukaran informasi lebih cepat. Karyawan juga dapat mengerjakan dokumen yang sama tanpa harus berada di tempat yang sama.

3. Pengaturan yang Mudah

Kamu bisa mengatur layanan cloud computing dan menyesuaikan pengaturan individual, seperti memilih kata sandi atau memilih perangkat mana yang ingin kamu sambungkan ke jaringan dalam hitungan menit.

Setelah itu, kamu bisa segera mulai menggunakan sumber daya, perangkat lunak, dan informasi yang ditawarkan. Tentunya, manfaat komputasi awan satu ini sangatlah membantu kamu ke depannya, Sob.

4. Tidak Membutuhkan Biaya Besar

Dengan memanfaatkan cloud computing, kamu dapat melakukan pemangkasan biaya dan tentunya lebih untung, Sob! Hal ini dikarenakan kamu nggak lagi membutuhkan perangkat keras dan tenaga ahli yang tentunya akan memerlukan biaya tambahan jika kamu merekrutnya untuk melakukan proses pemeliharaan media penyimpanan.

Baca juga: Keunggulan Cloud Server, Bikin Website Makin Optimal

Fungsi Komputasi Awan

Cloud computing mempunyai beberapa fungsi utama yang wajib kamu ketahui, Sob. Fungsi tersebut tentunya mampu menunjang proses penyimpanan data supaya lebih optimal.

1. Pusat keamanan data

Nggak perlu khawatir jika data yang kamu simpan akan hilang maupun rusak. Faktanya, fungsi komputasi awan adalah sebagai pusat keamanan data, sehingga setiap data yang tersimpan di sini terjaga kondisinya dengan baik, Sob.

2. Sistem yang terus diperbaharui

Melakukan pembaharuan secara berkala menjadi hal yang otomatis dilakukan oleh cloud computing.

Tujuan utamanya adalah untuk mengikuti perkembangan zaman yang mengandalkan teknologi dan cenderung cepat mengalami pengubahan serta memastikan jika pembaharuan yang dilakukan bisa meningkatkan kenyamanan para pengguna saat mengaksesnya.

3. Meningkatkan produktivitas

Optimalisasi dengan memanfaatkan sistem berbasis cloud computing memang terbukti mampu meningkatkan produktivitas, Sob. Hal ini dikarenakan cloud computing bisa menghemat sumber daya dan dapat menghubungkan setiap departemen dalam instansi pekerjaan supaya berada di satu waktu yang bersamaan.

Jenis Komputasi Awan Menurut Lokasinya

Cloud computing biasanya diklasifikasikan berdasarkan lokasi atau layanan yang ditawarkan. Berdasarkan lokasi, kita bisa mengklasifikasikannya sebagai berikut:

1. Public Cloud

Public cloud adalah infrastruktur komputasi menyeluruh yang terletak di lokasi perusahaan cloud computing yang menawarkan layanan cloud.

2. Community Cloud

Community cloud adalah jenis komputasi awan yang dibagi antar anggota organisasi guna mencapai tujuan bersama.

3. Hybrid Cloud

Gabungan antara private cloud dan public cloud yang memungkinkan kamu menggunakan salah satu dari keduanya, tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Usahakan untuk meng-host aplikasi kamu di server kamu sendiri guna meningkatkan keamanan.

4. Private Cloud

Private cloud memungkinkan kamu untuk mengoperasikan sendiri semua infrastruktur komputasi. Tingkat keamanan dan kontrol akan menjadi sangat tinggi ketika kamu menggunakan jaringan pribadi.

Tipe Komputasi Awan Menurut Layanannya

Berdasarkan layanan yang ditawarkan cloud, kita bisa mengklasifikasikannya sebagai berikut:

1. Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

IaaS adalah kategori paling dasar dari layanan cloud computing yang memungkinkan kamu menyewa infrastruktur TI dari penyedia cloud.

2. Platform-as-a-Service (PaaS)

PaaS mengacu pada penyediaan lingkungan untuk pengembangan, pengujian, pengiriman, dan pengelolaan aplikasi perangkat lunak.

Layanan ini dirancang untuk membuat aplikasi web atau seluler dengan cepat, tanpa khawatir tentang pengaturan atau pengelolaan infrastruktur yang mendasari server, penyimpanan, jaringan, dan basis data yang diperlukan untuk pengembangan.

3. Software-as-a-Service (SaaS)

SaaS adalah metode untuk mengirimkan aplikasi perangkat lunak melalui Internet. SaaS dapat membantu kamu meng-host dan mengelola aplikasi perangkat lunak serta infrastruktur yang mendasarinya, juga menangani pemeliharaan apa pun.

4. Functions-as-a-Service (FaaS)

FaaS menambahkan lapisan abstraksi lain ke PaaS, sehingga kamu sepenuhnya terisolasi dari semua yang ada pada tumpukan kode kamu.

Alih-alih menangani kerepotan server virtual, wadah, dan runtime aplikasi, FaaS mengunggah blok kode dan mengaturnya sedemikian rupa sehingga ia hanya akan terpicu oleh peristiwa-peristiwa tertentu.

Aplikasi FaaS tidak menggunakan sumber daya IaaS sampai suatu peristiwa terjadi sehingga layanan ini bisa mengurangi biaya bayar per penggunaan.

Struktur Komputasi Awan

Struktur cloud computing adalah sebagai berikut.

1. Computer front end

Merupakan tampilan komputer pertama yang kamu temukan saat akan mulai mengakses cloud computing. Computer front end terbagi lagi menjadi dua interface serta aplikasi utama yang nantinya disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya saat digunakan.

2. Computer back end

Merupakan sistem komputer dengan skala ukuran lebih besar karena mencakup pusat data server yang harus mempunyai performa tinggi, sebab nantinya dituntut untuk melayani banyaknya permintaan data dalam satu waktu.

3. Hybrid (computer front and back end)

Internet merupakan hybrid dalam cloud computing untuk menghubungkan satu sistem bagian front dan back end supaya mampu saling bertukar informasi secara mudah.

Contoh Pemanfaatan Komputasi Awan

Cloud computing telah banyak dikenal dengan fleksibilitas yang lebih besar, elastisitas, dan pemanfaatan sumber daya yang optimal.

Berikut adalah beberapa contoh komputasi awan digunakan untuk meningkatkan kemampuan mencapai suatu tujuan bisnis.

1. Tes dan Pengembangan

Penggunaan cloud dalam lingkup pengujian dan pengembangan adalah hal yang sudah banyak diketahui. Untuk melakukan tes dan pengembangan, seringkali memerlukan pengamanan anggaran, pengaturan lingkungan melalui aset fisik, tenaga kerja, dan waktu yang signifikan.

Namun, dengan komputasi cloud, pekerjaan kamu bisa jadi lebih mudah karena cloud menawarkan lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

2. Analitik Big Data

Salah satu aspek yang ditawarkan oleh komputasi cloud adalah kemampuan untuk menggunakan sejumlah besar data terstruktur dan tidak terstruktur guna mengambil manfaat dari penggalian nilai bisnis.

Pengecer dan pemasok sekarang mengekstraksi informasi yang berasal dari pola pembelian konsumen untuk menargetkan iklan dan kampanye pemasaran mereka ke segmen tertentu. Bahkan platform media sosial kini menyediakan ruang untuk melakukan analitik pada pola perilaku konsumen.

3. Penyimpanan File

Cloud memungkinkan kamu menyimpan, mengakses, dan mengambil file dari interface apa pun yang didukung web.

Jika kamu adalah seorang pemain bisnis, kamu hanya perlu membayar jumlah penyimpanan cloud yang benar-benar digunakan dan kamu tidak perlu khawatir terhadap pemeliharaan harian infrastruktur penyimpanan.

Cara Kerja Komputasi Awan

Melalui koneksi layanan Internet, cloud storage memungkinkan pengguna mengakses dan mengunduh data pada perangkat apa pun yang dipilih, seperti laptop, tablet, atau smartphone. Pengguna cloud storage juga dapat mengedit dokumen secara bersamaan dengan pengguna lain, sehingga pengguna bisa bekerja di luar kantor.

Tergantung pada kebutuhan spesifik, biaya yang dikenakan untuk cloud storage sangat bervariasi. Sebagai pengguna individu, kamu biasanya bisa mendapatkan jumlah cloud storage awal secara gratis, seperti 5 GB dengan Apple iCloud.

Jika kapasitas 5 GB dirasa kurang, kamu bisa membayar biaya untuk penyimpanan tambahan. Tarif yang dikenakan mencakup tarif bulanan atau tahunan, tergantung pada layanan yang kamu gunakan.

Produk Komputasi Awan Jagoan Hosting

Jagoan Hosting menawarkan produk dan layanan cloud computing berbasis teknologi kekinian yang tentunya memiliki respons server yang cepat dan performa yang tangguh. Teknologi komputasi awan bisa kamu jalankan mulai dari hari ini.

Jagoan Hosting hadir dengan beberapa package produk dan layanan cloud computing yang telah disesuaikan sedemikian rupa agar memenuhi kebutuhan segmentasi pasar tertentu.

Jika kamu tertarik dengan layanan komputasi cloud untuk kebutuhan personal atau bisnis kamu seperti vps murah dan hosting terbaik dari Jagoan Hosting, langsung aja cek di sini

Demikian pembahasan seputar apa itu komputasi awan lengkap dengan fungsi, jenis, cara kerja, hingga contoh pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Dari penjelasan di atas terkait pengertian komputasi awan, dapat dipahami bahwa menggunakan cloud computing akan sangat membantu kamu untuk mengelola data, terutama dalam jumlah besar.

16 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like