Salah satu kendala ketika akan mengirimkan file video melalui internet adalah ukurannya yang cukup besar sehingga memakan waktu dan kuota yang banyak pula. Ada solusi praktis untuk menangani hal tersebut, yaitu dengan cara kompres video online di hp atau laptop.

Berbeda dengan cara mengecilkan ukuran foto, untuk menekan ukuran file video Sob perlu menggunakan tool compress khusus agar kualitasnya tetap terjaga. Nah, buat kamu yang masih awam dengan cara compress video online, yuk intip tutorialnya berikut ini!

Cara kompres video di HP

cara kompres video
Photo by Teono123 No from Pexels

Kalau misalnya kamu malas menggunakan laptop untuk menerapkan cara kompres video, memanfaatkan HP pun tidak menjadi masalah. Terlebih lagi saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi kompres video dengan cepat dan mudah bahkan bisa kamu peroleh secara gratis. Yuk cek rekomendasi aplikasi kompres video yang bisa kamu unduh di HP, Sob!

1. Video Dieter 2

Selain digunakan sebagai aplikasi untuk mengedit video dalam bentuk slow motion, Video Dieter 2 juga ternyata bisa digunakan sebagai kompres video, lho. Aplikasi besutan perusahaan asal negara Korea Selatan, yakni Outplay Lab Inc, ternyata sudah diunduh oleh para pengguna internet sebanyak jutaan kali.

2. VidCompact

Cara kompres video menggunakan aplikasi di HP lainnya yang bisa kamu pilih adalah memanfaatkan VidCompact. Aplikasi ini diperuntukan bagi para Android User secara gratis. Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Yuk coba download sekarang!

3. ShrinkVids

Bagi para pengguna iOS, ShrinkVids bisa jadi pilihan kamu nih untuk menerapkan cara kompres video. Kalau kamu menelisik sedikit ke App Store, aplikasi ShrinkVids ini mempunyai rating mencapai 4.5! Sudah terbukti bukan kualitasnya dalam kompres video?

Dengan user interface yang sederhana, ditambah dengan fitur pemilihan bit rate, kamu bisa menyesuaikan resolusi video yang kamu inginkan setelah dikompres.

4. Smart Video Compressor and Resizer

Kalau kamu ingin mengetahui cara mengkompres video hingga 80%, maka gunakanlah aplikasi Smart Video Compressor and Resizer. Proses penerapan cara kompres video di aplikasi ini cenderung mudah, cepat, dan bisa mengkompres berbagai macam format video, mulai dari VGA hingga 720p.

5. YouCut

Para pengguna Android tentunya banyak yang mengandalkan aplikasi YouCut untuk mengedit video, terlebih lagi kelebihan yang dimiliki aplikasi ini tidak ada watermark saat video selesai diedit.

Namun, yang lebih spesialnya lagi adalah bahwa YouCut pun bisa mengkompres video tanpa mengurangi resolusi dan kualitas gambarnya, lho, jadinya kamu tidak perlu khawatir jika kualitas videonya akan menurun.

6. Panda Video Processor

Kalau kamu mencari cara kompres video dan ingin mengirimkan hasilnya melalui email maupun teks, maka gunakan Panda Video Processor. Kemampuan aplikasi yang satu ini mempermudah kamu dalam menerapkan cara mengkompres video dengan cepat.

Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik Untuk Transfer File Dari Android ke PC Tanpa Kabel

Cara kompres video di laptop

Kalau kamu merasa kurang nyaman dalam menerapkan cara kompres video di HP, kamu bisa menggunakan laptop. Terlebih lagi laptop mempunyai kapasitas memori yang jauh lebih memadai dibandingkan HP, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika mengalami lag karena perangkat kehabisan memori untuk menyimpan video kamu.

Berikut ini terdapat cara mengkompres video di laptop yang wajib untuk kamu coba. Tidak harus menggunakan aplikasi, bahkan kamu dapat mengakses alat kompres video hanya mengandalkan koneksi internet saja, lho. Yuk simak pembahasannya di bawah ini

1. Cara compress video dengan handbrake

Bagi yang membutuhkan software khusus untuk kompres video, handbrake menjadi salah satu dari sekian banyak software yang cukup populer untuk digunakan. Kelebihan software handbrake yakni bisa diterapkan di berbagai macam operating system (OS), seperti Linux dan Windows.

Tidak hanya itu, cara kompres video menggunakan handbrake juga mendukung berbagai macam format video, mulai dari MPEG, MP4 hingga AVI. Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

  • Kunjungi situs https://handbrake.fr/downloads.php untuk melakukan proses pengunduhan (download) ke perangkat komputer yang kamu miliki.
  • Setelah kamu selesai mengikuti prosedur pengunduhan, silahkan pilih file dan dilanjutkan dengan source.
  • Cari video kamu yang ingin dikompres, lalu pilih open. Sebelum dilanjutkan proses penyimpanan video, terlebih dahulu tentukan lokasi yang akan kamu pilih untuk menyimpan hasil video yang telah dikompres. Kamu hanya perlu memilih browse dan destination.
  •  Kamu bisa melakukan berbagai banyak pengubahan sesuai kebutuhan, mulai dari resolusi hingga subtitle. Setelah semuanya sudah kamu atur, saatnya memilih start encode.
  • Tunggu beberapa saat hingga video kamu selesai diproses. Durasi kompres video tergantung dari durasi video yang kamu gunakan, sehingga harus sedikit bersabar ya, Sob!

2. Cara compress video dengan windows

cara kompres video
Photo by CoWomen from Pexels

Siapa sangka jika Windows sudah mempunyai settingan default untuk kompres video. Kamu hanya perlu mencari aplikasi Video Editor di Windows di search bar Windows. Setelah itu, kamu pilih opsi video project dan pilih video yang ingin diterapkan proses kompres.

Jika sudah, pindahkan ke bagian storyboard dengan cara menggesernya ke samping dan langsung memilih finish. Dari sistem Windows juga akan meminta kamu menentukan resolusi serta ukuran video yang diinginkan dan langsung pilih export hingga proses pengeditan selesai.

Baca Juga: 7 Aplikasi untuk Mengedit Video di Laptop, Ringan dan Anti Lemot!

Website kompres video

Kalau kamu tidak ingin mengunduh software ataupun aplikasi hanya untuk menerapkan cara compress video, maka manfaatkan saja tools-tools online yang tersedia. Berbagai macam tools kompres video secara online, seperti Clideo, Free, Veed, dan CloudPresso bisa kamu gunakan, Sob!

1. Clideo

Selain menunjukan fitur unggulan seperti slow motion, flop, dan reverse, Clideo dipercaya oleh jutaan orang dalam kompres video tanpa harus mengunduh aplikasi secara online hanya dengan mengunjungi situsnya di www.clideo.com.

2. Veed

Situs www.veed.io juga bisa kamu jadikan situs untuk mengedit video, seperti melakukan kompres, menambahkan subtitle hingga menambahkan audio.

3. CloudPresso

Kalau kamu ingin mencari situs lain untuk kompres video, maka bisa langsung kunjungi www.cloudpresso.com. Tidak hanya video, kamu juga bisa melakukan kompres data lainnya seperti gambar, dokumen hingga aplikasi.

Sekarang kamu sudah tau bagaimana cara kompres video di hp maupun di laptop. Jangan lupa untuk memperhatikan tiap langkahnya dengan baik ya agar hasilnya lebih maksimal!

Terlebih lagi untuk kamu yang membutuhkan konten dalam bentuk video untuk diunggah ke website, tentunya jika tidak dilakukan kompres video, maka dikhawatirkan performa website menjadi menurun karena harus mengunggah data dengan ukuran memori yang cukup besar.

Namun, kamu tidak perlu khawatir! Jagoan Hosting memahami kebutuhan kamu akan fleksibilitas daya simpan berbagai macam data, termasuk video sekalipun supaya dapat diunggah dan ditampilkan dengan mudah tanpa hambatan di halaman website melalui layanan Unlimited Hosting.

Mulai dari Rp9.000-an per bulan, layanan Unlimited Hosting memberikan kamu kebebasan dengan menyediakan Unlimited SSD Storage dan gratis domain juga, lho. Yuk kepoin lebih lanjut mengenai layanan Unlimited Hosting dari Jagoan Hosting di sini.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like