Cara membuat video animasi — Video animasi kini sudah menjadi kebutuhan sekunder dalam dunia digital. Perannya selain mempercantik tampilan, video animasi juga membantu penyampaian pesan jadi lebih mudah dan menarik. Salah satu jenis animasi yang ramai digandrungi adalah motion graphic.

Apa itu Motion Graphic?

cara membuat video animasi
gambar drai unsplash

Motion graphic adalah gabungan antara beberapa media yang ditampilkan dalam bentuk desain grafis. Media yang biasanya muncul dan digunakan yaitu media tipografi, video dan musik. Dalam dunia digital, kehadiran motion graphic memiliki efek yang sangat kuat. Lebih kuat dibandingkan objek yang berupa still image, ya.

Beberapa sering ditemui dalam iklan komersial, hiburan, promo atau dalam opening sebuah program televisi. Karena biasanya yang menjadi komponen utama dalam motion graphic adalah teks, maka video animasi ini digunakan sebagai media informasi.

Fungsi Motion Graphic

Cara membuat video animasi yang gampang dibagikan dan diterima informasinya adalah dengan menggunakan motion graphic. Kenapa bisa begitu? Iya, karena motion graphic mampu merangkum seluruh informasi menjadi lebih efektif. Selain itu pula, dalam video bisa ada tambahan audio dan teks yang sesuai. Durasi nggak kepanjangan, informasi mudah diingat!

Cara Membuat Video Animasi versi Motion Graphic

Membuat video animasi motion graphic itu nggak susah kok, Sob. Yuk kita bahas beberapa tips dalam membuat motion graphic!

Tentukan konsep desain motion yang akan dibuat

Dalam membuat motion graphic, tentunya kamu harus bisa menyambungkan tiap elemen yang ingin digunakan dalam video. Jangan sampai ada yang bentrok. 

Misalnya, kamu sedang ada project pembuatan motion graphic dengan tema membuang sampah pada tempatnya. Konsep yang ingin ditanamkan adalah sampah yang nggak bergerak dan akan dibuang oleh salah satu karakter di video.

Dengan begitu, konsep yang kamu gunakan nggak mungkin menggunakan background luar angkasa. Karena sampah di luar angkasa bisa saja terombang ambing tanpa gravitasi. Jadi, pastikan konsepnya sesuai dengan briefnya ya Sob.

Pilih software yang sesuai konsep

Memilih software untuk video animasi nggak susah kok, Sob. Ada banyak banget software yang bisa kamu gunakan. Mimin akan memberikan 2 rekomendasi yang cocok untuk motion graphic!

After Effect

After Effect adalah salah satu software buatan Adobe yang dirancang untuk menciptakan animasi, motion graphic, compositing serta menambahkan efek visual. Software ini memang cocok digunakan untuk membuat animasi 2D.

Kelebihan dari After Effect adalah lebih mudah dalam proses rigging, memiliki efek bawaan yang melimpah serta keyframe dan scripting yang mudah. Jadi, sedikit ada dasar pemrograman yang bisa digunakan kalau pakai After Effect.

Adobe Character Animator

Software yang pernah diulas Jagoan Hosting sebelumnya ini paling powerful sekarang. Sistem yang digunakan ialah menggabungkan penangkapan gerak langsung dengan multi-track untuk mengontrol boneka 2D berlapis di Photoshop atau Illustrator.

Karena tergolong baru sebagai aplikasi, kelebihannya adalah software ini masih akan update dan memiliki pembaharuan yang bisa mendukung pembuatan motion graphic-mu, Sob!

Atur timing dan motion yang ingin digunakan

Timing dan motion adalah kunci. Jangan sampai video animasi yang kamu buat terkesan tidak natural karena timingnya yang nggak tepat atau gerakan yang nggak dinamis. Dalam membuat graphic motion, kamu harus mencoba untuk buat gerak yang sinkron dan kontinu agar grafis lebih nyata.

Begitu lah cara membuat video animasi, Sob. Kalau sudah ahli, kamu bisa banget jadikan ini sebagai ladang cuan. Misalnya, tawarkan jasa animasi keren dengan website. Jangan lupa pakai Hosting Terbaik di Jagoan Hosting, ya! Cek di sini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like