Aplikasi belajar online dari pemerintah kini menjadi salah satu aplikasi yang banyak dicari. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, karena semua aktivitas termasuk pembelajaran dilakukan secara online. 

Berbicara mengenai aplikasi belajar, mungkin kamu hanya tahu aplikasi seperti Ruangguru, Zenius, dan lainnya. Namun diluar itu ternyata ada banyak pilihan aplikasi pembelajaran online yang bisa digunakan, ditambah lagi aplikasi tersebut gratis!

Untuk mendukung dilakukannya pembelajaran online karena pandemi COVID-19, Kemendikbud sendiri ikut berpartisipasi dalam hal ini. Kemendikbud bekerjasama dengan berbagai platform untuk menyediakan aplikasi belajar online

Berikut Jagoan Hosting berikan daftar 7 aplikasi belajar online dari pemerintah yang bisa kamu gunakan untuk belajar sendiri di rumah. Ini daftarnya!

1. Rumah Belajar adalah salah satu aplikasi belajar online dari pemerintah

aplikasi belajar online dari pemerintah
www.p4tkbispar.kemdikbud.go.id

Aplikasi belajar online dari pemerintah yang pertama adalah Rumah Belajar. Aplikasi ini dikembangkan oleh kemendikbud sebagai dukungan alternatif selama belajar di rumah. 

Aplikasi ini memiliki beberapa tool seperti laboratorium maya, yang kehadirannya bisa dijadikan pengganti laboratorium di sekolah. Fitur-fitur yang tersedia juga banyak sekali, seperti kelas digital, sumber belajar, bank soal, e-book, dan karya bahasa sastra.

2. Meja Kita cocok untuk diskusi

Setiap aplikasi memiliki keunggulan tersendiri. Tidak terkecuali aplikasi ini yang bisa kamu gunakan untuk forum diskusi. Cocok banget untuk kamu yang suka berdiskusi dan memiliki jiwa berorganisasi. Selain itu kamu juga bisa mengajukan pertanyaan ataupun melakukan sesi tanya jawab.

3. Icando, aplikasi belajar online dari pemerintah untuk anak PAUD

Icando menjadi salah satu aplikasi yang direkomendasikan oleh Kemendikbud, loh. Aplikasi ini menggunakan program pembelajaran kurikulum 2013 yang sudah direvisi dan dikembangkan secara komprehensif. 

Yang spesial dari Icando adalah, aplikasi ini diperuntukkan untuk anak sekolah jenjang PAUD. Oleh karena itu, banyak game seru yang cocok untuk perkembangan anak-anak.

4. Kelas Pintar

aplikasi belajar online dari pemerintah
www.yangcanggih.com

Rekomendasi aplikasi belajar online lainnya yang tak kalah keren adalah Kelas Pintar. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat dijadikan teman belajar secara online. Semua siswa maupun guru bisa mengakses materi pembelajaran di aplikasi ini. 

Kelebihan aplikasi ini dibanding aplikasi lain adalah, dapat diakses oleh orangtua siswa. Jadi tidak hanya siswa dan guru saja yang bisa mengakses Kelas Pintar. Untuk materi kurikulumnya, aplikasi ini mengacu pada materi kurikulum 2013.

5. Meski bukan aplikasi belajar online dari pemerintah, Google for Education sangat direkomendasikan

Kamu pasti sudah tahu Google, kan? Semenjak Covid-19 menjadi topik hangat dimana-mana, google mengeluarkan fitur baru yang memudahkan untuk belajar secara online. Fitur ini bernama Google for Education. 

Aplikasi ini memiliki beberapa layanan seperti chromebooks dan G-Suite. Google sendiri sengaja merancang aplikasi ini agar dapat diakses dengan mudah meski dengan koneksi internet yang rendah. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi mereka yang tinggal di daerah dengan akses internet minim.

6. Sekolahmu

aplikasi belajar online dari pemerintah
www.sekolah.mu

Aplikasi ini merupakan program belajar tanpa batas yang bisa diakses oleh pelajar.  Kelebihan yang bisa kamu nikmati dari aplikasi ini adalah tool live streaming, dimana kamu bisa belajar secara langsung.

Live streaming ini tentunya dapat ditonton sesuai dengan jenjang pendidikan penggunanya. 

7. Quipper School

Aplikasi ini menawarkan cara belajar yang inovatif untuk proses pembelajaran. Quipper juga mendukung guru untuk mengelola tugas dan pekerjaan rumah dengan lebih efektif. 

Itulah 7 aplikasi belajar online dari pemerintah yang bisa kamu jadikan rekomendasi. Selain aplikasi tersebut, kamu juga bisa mencoba layanan dari Jagoan Hosting yang satu ini, yaitu Instan School Apps. 

Aplikasi ini menjadi salah satu solusi instan untuk kebutuhan sekolah kamu. Instan School Apps juga didukung oleh VPS terbaik dari Jagoan Hosting saat ini. Dengan storage yang besar, kamu bisa menyimpan semua data terkait materi pembelajaran tanpa khawatir lagi kekurangan ruang, Sob
Untuk penawaran terbaik lain seperti domain, hosting, serta server terbaik, yul kepoin aja website Jagoan Hosting disini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like