Apa itu CPA Marketing? Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan istilah CPA(Cost per Action), Terutama untuk internet marketer atau publisher. Cost per Action merupakan istilah yang sering digunakan pada dunia advertising digital. Cost per-action adalah turunan dari Affiliate Marketing.

Apa itu CPA Marketing

CPA adalah model pembayaran iklan digital dimana seorang publisher akan mendapatkan komisi ketika seorang user melakukan sesuatu (action). Action tersebut dapat berupa mengisi formulir, mendaftar sesuatu, mendownload sebuah aplikasi, dan Membeli produk.

CPA merupakan turunan dari affiliate marketing, Jadi bisa dikatakan jika CPA adalah affiliate marketing, Tapi affiliate marketing bukan hanya CPA. Affiliate Marketing lebih sering digunakan pada penjualan produk, Sedangkan untuk CPA lebih digunakan untuk ‘action‘ atau tindakan.

Cost Per Action menjadi salah satu cara terbaik mendapatkan penghasilan di internet, karena komisinya yang lebih besar. Komisi yang bisa kamu dapatkan dari CPA beragam mulai dari $0.01 sampai $50 bahkan ada juga yang lebih untuk setiap action yang dilakukan.

Perbedaan antara Cost Per Action dan Cost per Acquisition

Sudah dijelaskan jika CPA atau Cost per-Action merupakan turunan dari affiliate marketing, Sama halnya dengan Cost per-Acquisition. Lantas apa perbedaan dari keduanya?

Cost per-acquisition adalah harga (nilai) untuk satu akusisi yang dilakukan oleh user. Walaupun sama-sama menghasilkan akuisisi namun diantara keduanya berbeda. Biasanya istilah ini sering terdengar di Google Adwords atau jenis bisnis affiliate marketing lainya. Berikut turunan dari CPA :

  • Cost Per Lead, adalah model pembayaran iklan dimana seorang advertiser membayar seorang publisher untuk setiap lead yang terjadi. Jenis model ini tidak mewajibkan publisher untuk memperoleh konversi dalam bentuk sales ataupun penjualan.
  • Cost Per Sale, adalah model pembayaran dimana seorang advertiser akan membayar publisher ketika terjadi penjualan. CPS merupakan jenis CPA dengan komisi yang lebih besar dibandingkan jenis CPA lainnya
  • Cost Per Install, adalah model pembayaran dimana seorang advertiser akan membayar publisher setiap ada install yang terjadi. Biasanya CPI digunakan untuk memasarkan aplikasi mobile.

Cara Kerja CPA Network

Bagaimana cara kerja pemasaran menggunakan model pembayaran CPA? Sebagai contoh, Sebuah perusahaan Game Developer ingin gamenya mendapatkan 100 Ribu Download. Perusahaan sebagai advertiser menggunakan model iklan CPA untuk beriklan. Disini advertiser akan membayar CPA network untuk mencapai tujuan 100 Ribu download. 

Disisi lain CPA Network yan yang sudah ditunjuk akan membagi komisi yang diberikan oleh perusahaan yang beriklan untuk setiap kali game tersebut di-download melalui link affiliasi mereka, kepada para publisher yang tergabung di CPA Network itu. 

Mengapa Cost per Action sangat Cocok bagi Advertiser?

Cost per action memungkinkan advertiser untuk mengontrol biaya iklan yang dikeluarkan untuk tujuan pemasaran tertentu. CPA memang dirancang hanya untuk membebankan biaya ketika terdapat action nyata yang terjadi.

Dengan begitu maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk beriklan, Dengan cara beriklan ini kamu memiliki tingkat konversi penjualan lebih tinggi daripada model periklanan lainnya. Terutamanya jika kamu memakai jenis Cost per Install.

Dengan model pembayaran berdasarkan pada tindakan yang terjadi, Hal tersebut membuat advertiser memiliki kontrol yang lebih baik untuk melacak dan memaksimalkan laba atas investasi di berbagai saluran pemasaran.

Mengapa Komisi CPA Lebih tinggi

CPA biasanya memberikan komisi yang lebih tinggi, Mengapa demikian? Mungkin kamu sudah sedikit paham tentang alasan mengapa komisi CPA lebih tinggi.

Alasan terbesar CPA komisi lebih tinggi adalah karena pembayaran akan terjadi ketika terdapat action. Nah action ini kebanyakan akan menimbulkan konversi, Berbeda dengan jenis model pembayaran iklan lainnya.

Biasanya jenis Cost per Sale dan Cost per Install memberikan komisi yang lebih tinggi, Karena kedua jenis CPA tersebut memiliki tingkat konversi penjualan yang lebih tinggi dan sesuai dengan tujuan beriklan.

Itulah informasi mengenai CPA, Jika kamu ingin beriklan kamu bisa menggunakan model pembayaran cost per action untuk meningkatkan konversi atau tujuan beriklan lainnya. Buat kamu para publisher bisa menggunakan model pembayaran jenis ini karena memberikan komisi yang lebih tinggi.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like