Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
dmca

Lindungi Konten Kamu dari Pencuri dan Plagiat, Bisa Daftar DMCA!

Paling menyebalkan ya Sobat Jagoan, kalau misalkan Sobat sudah bersusah payah mengeluarkan ide, gagasan dan kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan dan karya di website lantas dengan mudah dikopi-paste oleh orang lain tanpa seijin Sobat. Sudah gitu yang paling mengesalkan adalah bahwa si pencuri tersebut ternyata mendapatkan uang dari konten yang sejatinya dapat kopas dari Sobat. Pasti semakin tak enak saja bikin konten. Secara teknis, Sobat Jagoan bisa mencoba melindungi konten dengan cara daftar DMCA. Tapi pertanyaannya, apakah itu DMCA, dan seberapa efektifkah kinerjanya untuk melindungi konten?

DMCA
Content Theft Ilustration

Nah, menurut pada tulisan Wikipedia disebutkan bahwa DMCA merupakan satu institusi yang memang dikerahkan supaya memberi jasa perlindungan terhadap para content creator. Umumnya bentuk perlindungan yang diberikan adalah kewenangan untuk melakukan take down pada content yang sudah diunggah. DMCA sendiri merupakan singkatan dari Digital Millennium Copyright Act.

Dari namanya saja sudah cukup jelas bahwa badan ini bertugas untuk melindungi karya dalam berbagai macam bentuk. Didirikan pada tahun 1998 di Amerika Serikat, DMCA juga ikut diresmikan oleh Presiden Bill Clinton saat itu yang bertujuan untuk melindungi para pencipta supaya karya mereka tidak diambil secara sembarangan.

Begini Cara Kerjanya

Secara hirarki, DMCA ini masih lebih sering dipergunakan oleh masyarakat dan content creator di Amerika Serikat. Tapi tidak menutup kemungkinan Sobat Jagoan yang berdomisili di luar Amerika ataupun berada di Indonesia untuk mendaftarkan diri dan kemudian mendapatkan perlindungan. Sehingga sekalipun Sobat Jagoan barangkali sudah mendaftarkan diri lewat HAKI, juga masih bisa mendaftarkan diri ke terutama untuk pembuatan konten yang sifatnya global.

DMCA sendiri secara sederhana memiliki mekanisme kerja dengan cara menurunkan tulisan, konten, video ataupun item lainnya milik seseorang jika dirasa konten tersebut merupakan hasil plagiarisme. Di saat yang bersamaan pemilik orisinal dari karya dan konten tersebut juga harus mampu untuk membuktikan kepemilikannya.

Sayangnya adalah bahwa DMCA merupakan konten perlindungan yang memiliki azas penindakan, bukan pencegahan. Artinya yang namanya plagiarisme dan pencurian akan tetap ada. Namun dengan adanya DMCA, setidaknya konten-konten berharga yang orisinil bisa tetap dilindungi dengan adanya penindakan terhadap para peniru dan pencuri. Umumnya para pencuri tersebut akan diberikan takedown notice untuk menunjukkan bahwa apa yang mereka unggah dan buat tersebut menyalahi aturan dan meniru karya lain.

Mendaftar ke DMCA

Sebetulnya Sobat Jagoan bisa dengan mudah untuk mendaftarkan diri supaya karya Sobat sekalian bisa mendapatkan proteksi. Supaya Sobat bisa mendapatkan proteksi segera dari DMCA, bisa langsung sign up dan kemudian Get a Free Badge. Nanti di situ kamu bisa segera isikan kolom-kolom yang sudah ditentukan sesuai dengan identitas diri. Prosesnya tak akan susah, paling pol kamu hanya perlu untuk kopi-paste kode embed yang tersedia di situ.

Tapi untuk menghapus konten kamu yang kamu anggap sudah diambil oleh seseorang, ada beberapa hal yang harus dilengkapi supaya meyakinkan DMCA mereka mau untuk men-take down konten yang hasil curian tersebut. Antara lain

  • Hosting si tersangka
  • Provider internet
  • Pemilik website yang diduga mencuri
  • Konten orisinil yang kamu punya untuk meyakinkan bahwa yang dicuri itu milik kamu
  • Domain, bisa memakai DomainTools

Nantinya kalau sudah, Sobat bakalan diminta untuk membuat draft pengajuan penghapusan konten yang dianggap hasil curian tersebut. Jikalau kesulitan, nantinya kamu juga akan dapatkan bantuan dari mereka untuk mendaftar dan melakukan delik aduan.

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +