Sebagai bentuk pengabdian profesi, guru tentu ingin yang terbaik untuk siswa-siswinya, bukan? Ada kebanggan tersendiri ketika melihat wajah mereka berseri saat sudah selesai melakukan sesuatu! Apalagi di masa pandemi seperti ini, tentunya tantangan menjadi lebih berat. Di saat Bapak/Ibu guru harus mengajar melalui online termasuk persiapan ujian sekolah online!

Tentunya ini berbeda ketika ujian dipersiapkan di sekolah dengan kertas atau pun lembar jawaban komputer (LJK). Ujian sekolah online tergolong sesuatu yang baru sehingga perlu adanya pelatihan terlebih dahulu, bukan?

Jangan khawatir, kami akan membantu Anda Bapak atau Ibu Guru untuk mempersiapkan ujian sekolah online baik untuk sekolah maupun kesiapan murid-murid kesayangan Anda!

1. Persiapan ujian sekolah online utama adalah mengenali sistem ujian

Sebelum murid-murid Anda melakukan ujian sekolah online, ada baiknya Anda dan pihak sekolah mengenali sistem ujian.

Ada banyak sistem ujian dan tentunya memiliki sistem yang berbeda. Contohnya adalah UTBK dengan ujian sekolah online yang dilaksanakan berdasarkan kewenangan sekolah masing-masing.

Jika sekolah Anda belum atau baru memiliki sistem ujian online, maka Anda tentu perlu berkoordinasi untuk mengenali bagaimana sistem input hingga output seperti hasil pengecekan nilai.

2. Bekerja sama dengan provider internet terpercaya

Momok terbesar saat menjalani ujian online adalah koneksi internet yang terputus atau tidak lancar. Hal ini bisa membuat siswa panik dan kehilangan konsentrasi.

Tentunya hal ini tidak akan terjadi jika Anda sudah bekerja sama dengan provider internet terpercaya. Pastikan petugas provider internet hadir saat ujian sekolah berlangsung agar bisa sigap membantu.

3. Siapkan rencana cadangan untuk menghadapi kendala ujian sekolah online

Tidak ada yang pernah tahu apa yang terjadi saat ujian. Anda harus segera bersiap dengan rencana cadangan agar murid bisa terus melaksanakan ujian.

Mulai dari laptop cadangan hingga paper-based test, Anda bisa menggunakannya sebagai penyelamat agar tidak panik!

4. Sekolah bisa uji coba sistem ujian sekolah online dahulu

Sebelum siswa ‘nyemplung’ ke ujian sekolah online, ada baiknya Anda dan guru-guru mencoba sistem ujian sekolah yang sudah siap. Apakah terdapat soal yang hilang? Atau jawaban yang tidak keluar?

Dengan begini, Anda bisa mengkonsultasikan dengan penyedia sistem ujian sekolah online.

Jagoan Hosting sebagai penyedia hosting dan server terbaik di Indonesia kini mempersembahkan sistem ujian sekolah online yang bisa langsung digunakan. Anda bisa memilih kebutuhan Anda dan mencobanya saat itu juga untuk diuji coba. Dengan lebih dari 1400 sekolah di Indonesia yang percaya dengan Jagoan Hosting, Anda bisa bergabung dengan kami di sini.

5. Himbau murid agar beristirahat dari gadget secara berkala

persiapan ujian sekolah online

Persiapan ujian sekolah online yang lainnya adalah kesiapan murid-murid, termasuk fisik. Pelaksanaan ujian melalui gadget seperti laptop ataupun smartphone tentunya memiliki efek yaitu mata menjadi mudah lelah.

Anda bisa menghimbau murid-murid agar beristirahat dari penggunaan gadget berlebihan diluar ujian. Ajak murid untuk membaca buku atau pun melakukan aktivitas fisik di rumah saja agar tidak tergantung pada gadget.

6. Menyiapkan tempat ujian yang nyaman

Baik di sekolah maupun di rumah saja, persiapan ujian sekolah online juga mencakup suasana ruang ujian yang nyaman. Pastikan kursi berjauhan untuk menjaga jarak dan juga ventilasi yang lebar agar memastikan pergantian udara lancar.

Anda juga bisa membuat suasana menjadi lebih nyaman dan tidak menegangkan seperti menuliskan kalimat-kalimat motivasi. Dengan begini, siswa menjadi tidak mudah panik dan tegang.

7. Memberikan instruksi pelaksanaan yang memudahkan dan jelas

Setelah Anda melakukan uji coba, tentunya Anda ingin murid-murid bisa mengerjakan tanpa kendala. Pastikan instruksi pelaksanaan jelas, mulai dari pengisian biodata hingga pengisian jawaban soal.

Anda juga bisa memastikan apa yang akan dilakukan siswa setelah ujian selesai. Dengan begini, siswa tidak bingung untuk menjalani ujian online.

Sudah siap Bapak dan Ibu Guru untuk mendampingi siswa-siswinya untuk ujian sekolah online? Anda juga bisa mendapatkan keuntungan sistem ujian sekolah online yang lebih mudah dengan School Partnership Program bersama Jagoan Hosting. Selain harga khusus, Anda juga mendapat bimbingan pelaksanaan ujian sekolah dan website sekolah gratis! Kunjungi Jagoan Hosting untuk memudahkan Anda mengelola ujian sekolah online!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like