Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Ini Dia Penjelasan tentang Apa itu Kecerdasan Buatan(Intelegensi Artifisial)

Pernah mendengar tentang kecerdasan buatan? Apa yang ada di benakmu saat kamu mendengar tentang kecerdasan buatan ini? Nah, kalau kamu belum pernah tau, ada baiknya kamu membaca penjelasan berikut ini.

Definisi

1. A. Simon [1987]:

“kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas.” 

2. Rich and Knight [1991]:

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”

3. Encyclopedia Britannica:

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”

Bagian utama aplikasi kecerdasan buatan adalah pengetahuan, yang diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman. Pengetahuan terdiri dari fakta, pemikiran, teori, prosedur dan hubungannya satu sama lain. Pengetahuan j uga merupakan informasi yang terorganisir dan teranalisa agar dapat lebih mudah dimengerti dan dapat diterapkan pada pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Kecerdasan adalah kegiatan belajar, berpikir dan mengamati.

Manfaat

Kecerdasan buatan memiliki keuntungan untuk dunia bisnis, diantaranya adalah membantu untuk memperbaiki pendukung keputusan yang disediakan bagi manajer dan praktisi bisnis di banyak perusahaan. Kecerdasan buatan digunakan sebagai bagian vital dalam aplikasi bisnis tsrategis seperti manufaktur, pengendalian proses, riset biomedis, deteksi penipuan, penambangan data, dan riset pasar.

Kecerdasan buatan bersifat permanen dalam penyimpanan data penjuaan suatu perusahaan dan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya. Selain itu, kecerdasan buatan lebih mudah untuk mendupikasi informasi perusahaan bisnis dan mudah untuk menyebarkan informasi perusahaan bisnis. Jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebut dapat ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer lain.

Pada perusahaan provider hosting Indonesia, dengan menggunakan kecerdasan buatan dapat membantu dalam memutuskan campaign maupun promo yang menarik banyak pendatang baru. Hal itu diharapkan dapat membuat provider tersebut menjadi provider hosting Indonesia dengan menggunakan data pengguna website dan data analitycs hosting.