Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Mastercard Luncurkan Teknologi Kode QR untuk Perbankan Indonesia

Mastercard adalah perusahaan penyedia layanan finansial. Matercard mengembangkan teknologi kode QR yang akan diterapkan pada industri-industri perbankan yang ada di Indonesia. Dengan teknologi kode QR ini, nasabah nantinya bisa melakukan pembayaran hanya dengan melakukan pemindaian kode QR melalui aplikasi yang telah disediakan dari berbagai macam bank.

Menurut Direktur Mastercard Indonesia yaitu Tommy Singgih, dengan menggunakan teknologi kode QR maka bank di Indonesia yang menjadi klien Mastercard bisa lebih menghemat biaya investasi mereka daripada harus membeli peralatan electronic data capture (EDC).

Tommy tidak menjelaskan berapa besaran investasi yang harus dikeluarkan bank yang digunakan untuk investasi penggunaan kode QR. Namun Tommy mengatakan bank biasanya mengeluarkan dana berkisar US$200 hingga US$300 atau sekitar Rp2,7 juta hingga Rp5,4 juta per unit, untuk berinvestasi pada pengadaan alat EDC, tergantung berapa jumlah unitnya.

Teknologi Kode QR tidak hanya untuk masyarakat di kota besar. Tommy juga mengumumkan penggunaan kode QR juga diterima baik dan lebih luas oleh masyarakat dan tak hanya terbatas pada kota-kota besar saja. Namun mastercard hanya menyediakan teknologiya saja, yang menyediakan aplikasinya adalah perbankan itu sendiri. Kenapa begitu? Karena client Mastercard adalah perbankan. Tommy Singgih selaku Direktur Mastercard Indonesia belum mengatakan bank apa saja yang sudah menjalin kerjasama dalam teknologi Kode QR ini, yang akan mengumumkan yaitu bank itu sendiri mengenai teknologi ini.

Kode QR ini bukan untuk menggantikan mesin EDC. Tetapi untuk memfasilitasi transaksi pembayaran non tunai di daerah yang minim atau kurang adanya EDC. Beberapa bank yang beroperasi di Indonesia sudah menyatakan untuk mulai menggunakan layanan pembayaran berbasis kode QR.

 

 

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +