Mau Jajal Aplikasi Trading Saham? Freelancer Wajib Ikuti 7 Tips Ini!

aplikasi trading saham
Photo by Jamie Street on Unsplash

Aplikasi Trading Saham – Nggak saham, nggak cuan! Kayaknya slogan ini pas banget buat generasi millennials yang udah mulai aware dengan finansialnya. Nggak cuma lagi menabung di bank seperti generasi pendahulu, tapi juga mulai menyisihkan untuk investasi.

Well, emang sih investasi bisa menjadi salah satu alternatif untuk mempertahankan atau menambah aset kamu. Apalagi kalau kamu seorang freelancer yang tentunya ingin tabungan kamu senantiasa aman, kan?

Sayangnya, semakin menjamurnya aplikasi trading saham di Android ataupun iOS nggak diikuti dengan banyaknya persiapan untuk berinvestasi.

Apapun aplikasi trading saham yang bakal kamu pilih, pastikan kamu mengikuti 7 tips di bawah ini. Tujuannya nggak lain biar nggak rugi dan malah bikin zonk! Simak yuk tips bersaham khususnya buat kamu freelancer!

1. Siapkan dana investasi tersendiri, jangan mengorbankan tabungan

Perlu kamu ketahui bahwa dana investasi untuk aplikasi trading saham harus berasal dari dana dingin alias dana yang tidak digunakan, ya!

Jangan sampai kamu menggunakan dana tabungan untuk investasi. Idealnya, investasi adalah 10-30% dari pemasukan (jika tidak ada hutang).

Ini untuk menghindari agar kamu tidak panik jika membutuhkan dana likuid. Investasi saham yang bagus adalah yang bikin kamu tetap bisa makan dan nggak belanja banyak di saham, oke Sob?

Cek Konten Lainnya:
Membangun Kesuksesan Startup dengan Memperkuat Budaya Perusahaan

2. Pastikan aplikasi trading saham kamu terdaftar di OJK

Ini adalah tips yang wajib kamu ketahui! Otoritas Jasa Keuangan bertugas untuk memastikan jika aplikasi trading yang akan kamu gunakan legal.

Kamu biasanya menemukan logo OJK di aplikasi atau website resmi mereka. Kamu juga bisa cek di website OJK langsung.

Tujuannya tidak lain jika terjadi suatu musibah, kamu bisa mengurusnya secara legal.

3. Baca juga referensi aplikasi trading saham yang terbaik buat kamu!

Ingat, saham menuntut kamu untuk mengenali mana yang terbaik buat kamu. Jangan langsung ingin untung cepat, kamu terburu-buru buat berinvestasi. Bisa-bisa malah tetot!

Cari tahu prospek perusahaan tersebut ke depannya. Apakah kondisi keuangan stabil? Bagaimana dengan potensi bisnis tersebut kedepannya jika terjadi krisis?

Umumnya, kamu bisa coba main di saham consumer-goods alias barang sehari-hari.

4. Kamu bisa mencoba reksadana saham terlebih dahulu

Nggak bakal ada yang ngejek kamu cuma karena masih main aman, kok! Reksadana saham bisa menjadi pilihan utama kamu.

Nggak perlu repot cek portfolio masing-masing perusahaan. Uang kamu langsung dikelola manajer investasi yang disediakan. Beli lalu tunggu manis, deh. Aman banget buat kamu yang masih mau belajar, Sob!

5. Sabar, jangan langsung beli saat harga tinggi!

Ini nih godaan terbesar pengguna aplikasi trading pemula! Jangan langsung beli kalau harga tinggi, ya! Sabar, lalu cek setiap hari pergerakan saham yang kamu incar.

Kamu bisa membeli saham saat harga sedang turun agar tidak ketinggalan jika harga kembali naik atau normal. Tapi tentunya kamu juga perlu mempertimbangkan apakah penurunan ini berlangsung dalam jangka waktu lama atau segera naik.

6. Gunakan trading saham untuk investasi jangka panjang

aplikasi trading saham

Saham bukan seperti menabung bulanan yang langsung dapat banyak. Bisa jadi kamu turun, bisa naik, tetapi kamu harus menggunakannya untuk jangka panjang.

Cek Konten Lainnya:
10 Hal Penting Yang Harus Anda Bekali Bagi Customer Service Bisnis Anda

Membeli mobil, biaya pendidikan nanti, atau mungkin keliling dunia? Boleh banget. Asal sabar!

7. Diversifikasi portofolio kamu, ya!

Jangan bergantung pada satu portofolio saham saja, Sob! Kamu bisa mencoba berbagai portfolio dari keuntungan yang mungkin kamu sudah dapat.

Jika suatu portfolio turun, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari yang lain, kan?

Itulah 7 tips ampuh untuk nyemplung di aplikasi trading saham untuk freelancer! Sambil menunggu saham kamu makin cuan, kamu bisa berinvestasi juga dengan membeli server terbaik di Indonesia dari Jagoan Hosting.

VPS X hadir sebagai rekomendasi cloud hosting terbaik di Indonesia. Kamu bisa membuat virtual server pribadi dengan kecepatan stabil untuk website portofolio kamu supaya semakin banyak klien yang bisa mampir dan tertarik dengan kemampuan kamu.

Makin banyak klien, makin banyak cuan, makin banyak yang bisa diinvestasikan. Win-win banget, kan? Kuy kepoin VPS X yang super terjangkau dari Jagoan Hosting langsung di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
JANGAN LAKUKAN! 6 Kesalahan Besar dalam Membangun Brand
Read More
JANGAN LAKUKAN! 6 Kesalahan Besar dalam Membangun Brand
Aqua, Danone, Ponds, Nike, Swiss Army, dan masih banyak lagi adalah beberapa contoh brand besar yang sudah akrab…
Read More
Siap Sambut Liburan Akhir Tahun? Ini Tips Packing Cerdik Ala Jagoanhosting
Gak kerasa ya bulan Desember sudah akan segera berakhir, artinya liburan akhir tahun sudah menunggu di depan mata.…