Apakah kamu berniat untuk pindah dari satu layanan hosting ke hosting yang lain? Jika iya, kamu wajib memperhatikan beberapa hal ini sebelum memutuskan saat mau pindah hosting. Kenapa? Karena pada beberapa kasus, pindah hosting bukan malah membawa hal positif untuk website kamu, tapi malah menimbulkan kerugian untuk website yang sudah kamu bangun sejak lama. Keputusan untuk pindah hosting ini bisa berpengaruh pada ranking website termasuk pada hal-hal terkait search engine optimization yang sudah kamu lakukan untuk tulisan-tulisan di dalam website kamu.

pindah hosting cloud vps indonesia
gambar dari unsplash

Beberapa pengaruh dari pindah hosting yang bisa terjadi adalah:

Kecepatan website kamu akan berubah, Sob!

Terkadang, saat kamu mau pindah hosting malah membuat kecepatan respons website kamu jadi berubah, Sob! Beruntung jika kamu bisa mendapatkan layanan hosting yang membuat website kamu bisa merespons dengan lebih cepat. Namun, ada juga layanan hosting yang malah membuat website kamu memerlukan waktu yang lebih lama untuk merespons. Perubahan kecepatan respons website ini dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan oleh penyedia layanan hosting yang kamu gunakan.

Waktu uptime website kamu

Waktu uptime adalah waktu online dari server. Uptime mencakup seberapa besar waktu server website kamu bekerja. Sebaliknya, downtime adalah waktu ketika website kamu tidak dapat diakses atau yang biasa dikenal dengan server down. Waktu uptime ini sangat dipengaruhi oleh hosting yang kamu gunakan, Sob! Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa penyedia layanan hosting yang pilih mampu membuat uptime website kamu jadi lebih maksimal. Waktu uptime yang menurun akan membuat ranking website kamu di Google juga ikut menurun.

Website kamu akan lebih dikenali atau malah makin sulit dikenali Google

Ketika kamu memutuskan untuk pindah hosting, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi pada website kamu. Bisa jadi website kamu semakin mudah dikenali oleh Google. Namun, bisa juga website kamu semakin sulit dikenali oleh Google. Layanan hosting yang baik adalah layanan hosting yang mampu membuat website kamu semakin mudah dikenali Google. Karena, hanya website yang bisa dikenali oleh Google yang bisa masuk dalam ranking.

IP Address website kamu akan diperiksa kembali oleh Google

Jika kamu memilih region yang berbeda ketika pindah hosting, ranking website kamu akan tetap aman. Kamu tetap bisa bertahan pada posisi ranking yang sama seperti sebelum kamu pindah hosting. Namun, jika kamu memilih region hosting yang berbeda, IP Address kamu akan berubah dan hal ini akan berpengaruh pada ranking website kamu. Kemungkinan besar kamu perlu merintis ranking website dari awal lagi. 

Agar keputusan untuk pindah hosting yang kamu ambil bisa memberikan dampak yang lebih positif untuk website, pastikan untuk memperhatikan spesifikasi calon layanan hosting yang kamu tuju. Beberapa hal yang bisa kamu perhatikan adalah:

  1. Region hosting yang ditawarkan
  2. Carilah informasi terkait teknologi yang digunakan
  3. Pastikan layanan hosting yang dituju menjamin keamanan data-data kamu
  4. Pilihlah layanan hosting yang kapasitasnya sesuai kebutuhan kamu dan visitor website kamu

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca artikel seputar memilih hosting atau VPS yang baik untuk website kamu. Setelah kamu benar-benar memahami seluk beluk dari layanan hosting yang kamu tuju, barulah kamu bisa memutuskan untuk pindah hosting atau tidak. Dengan begitu, keputusan kamu akan bisa memberikan dampak positif untuk website yang kamu kelola. Nggak cuma itu, website kamu bisa punya ranking yang lebih bagus di Google. Upaya kamu untuk mengoptimasi website bisa terwujud.

Jagoan Hosting adalah penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia. Semua spesifikasi yang kamu butuhkan pasti ada di sini. Kamu bisa memutuskan untuk pindah hosting ke Jagoan Hosting dan dapatkan dampak yang fantastis untuk website kamu. Cek penawaran lengkapnya di sini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like