Bisnis online semakin menjamur. Memang banyak sekali peluang bisnis yang bisa kamu wujudkan menjadi bisnis online, Sob! Salah satu kunci memulai bisnis online yang sering diabaikan adalah platform atau tempat toko online kamu. Masih banyak pebisnis pemula yang mengelola toko online-nya dengan cara yang asal-asalan. Sayang banget lho, Sob! Bukannya untung, bisa jadi malah rugi karena toko online yang diurus nggak mampu menarik minat pembeli.

Kalau kamu tertarik untuk memulai bisnis online, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mencoba langkah demi langkah memulai bisnis online di bawah ini. Lengkap juga dengan tips membuat toko online yang kuat dan memikat.

Apa tujuan kamu memulai bisnis online, Sob?

Ini langkah dasarnya. Untuk memulai sebuah bisnis online, kamu wajib tau tujuannya. Coba tanyakan pada dirimu apa tujuan kamu memulai bisnis ini. Kamu pasti punya alasan khusus kenapa ingin memulai bisnis online ini, kan? Mustahil untuk memulai bisnis kalau kamu belum memahami tujuan bisnis online yang akan kamu mulai. Jadi, pastikan dulu nih ada tujuan yang pasti dari bisnis online yang kamu tuju. Misalnya nih, Sob, kamu memulai bisnis online berupa layanan jasa penerjemah anime. Pastikan dulu tujuannya untuk apa. Untuk memudahkan para pecinta anime misalnya atau untuk tujuan yang lain.

Cari mangsa pasar kamu dulu, ya!

tujuan memulai bisnis online
gambar dari unsplash

Nah, pentingnya tujuan memulai bisnis online akan berpengaruh pada langkah ini, Sob! Kamu akan kesulitan menentukan target pasar yang kamu inginkan. Kalau udah tau apa tujuannya kamu akan lebih mudah menentukan siapa target pasar yang kamu tuju.

Riset calon kompetitor kamu

riset kompetitor untuk memulai bisnis online
gambar dari unsplash

Langkah ini nggak kalah penting, lho. Kamu wajib mengetahui kompetitormu. Kamu perlu memiliki sesuatu yang bisa diunggulkan dibandingkan kompetitor ini. Buat produk atau jasa yang khas dan mampu bersaing di antara para kompetitor-kompetitor ini.

Ciptakan konsep bisnis anti mainstream

konsep bisnis online

Yang nggak kalah penting lagi adalah konsep bisnis online. Ajak otakmu untuk menciptakan konsep bisnis yang anti mainstream dan bisa membuat banyak pelanggan melirik produk atau jasa yang akan kamu tawarkan. Ciptakan konsep yang menjual dan punya identitas yang khas serta melekat.

Bangun toko online yang kuat dan memikat

membuat toko online yang menarik
gambar dari unsplash

Langkah yang satu ini banyak banget diabaikan oleh para pebisnis. Padahal, toko online adalah aset utama dari bisnis online yang mereka bangun. Kamu jangan sampai mengabaikan ini juga ya, Sob! Pastikan kamu membangun toko online yang kuat dan memikat. Ada tiga tips membangun toko online yang kuat dan memikat yang bisa kamu terapkan untuk bisnis online kamu.

  1. Memilih platform portofolio online

Pertama, kamu perlu memilih platform yang akan kamu gunakan. Kamu bisa memanfaatkan website atau marketplace yang sudah tersedia seperti Shopee atau Tokopedia. Kalau kamu akan membangun brand tersendiri, ada baiknya kamu membangun website sendiri. Website ini akan menjadi toko online utama yang kamu kelola. Kamu juga tetap bisa menggunakan marketplace lain untuk menjual produk atau jasa kamu.

Sekarang kamu nggak perlu ribet membuat website sendiri, Sob! Langsung aja gunakan jasa bikin website di Jagoan Hosting. Bikin website tanpa ribet dengan jaminan keamanan yang oke banget!

  1. Membuat domain

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mendaftarkan domain. Kamu bisa mendaftarkan nama domain dengan nama brand kamu. Misalnya kamu bernama Rara dan menawarkan jasa penerjemah Bahasa Jepang ke Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia khusus untuk subtitle anime. Kamu bisa membuat domain dengan nama “subtitlebyrara(dot).com”. Untuk mempermudah prosesnya, kamu bisa membeli domain untuk memulai bisnis online ini.

  1. Gunakan web hosting

Membuat domain saja tidak akan cukup. Kamu juga perlu menggunakan layanan web hosting agar toko online kamu bisa lebih  maksimal. Ada beberapa jenis web hosting yang bisa kamu pilih nih, Sob. Untuk permulaan, kamu bisa menggunakan layanan web hosting yang sederhana.

Rancang strategi pemasaran

strategi bisnis online
gambar dari unsplash

Langkah yang terakhir untuk memulai bisnis online adalah membuat strategi pemasaran. Langkah ini susah-susah gampang, sih! Kamu bisa aja terus merombak rancangan strategi pemasaran sampai menemukan strategi pemasaran yang paling sesuai.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like