Bahasa Pemrograman Terpopuler – Menjadi seorang programmer tentu identik dengan istilah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman memiliki peran penting agar sebuah komputer dapat berfungsi dengan baik. Sebab, seluruh instruksi di dalamnya tidak akan lepas dari unsur tersebut. 

Dari banyaknya bahasa yang digunakan dalam dunia pemrograman, terdapat 5 bahasa yang memiliki trending terbaik menurut banyak versi. Menariknya, dari kelima bahasa pemrograman tersebut tidak diperlukan gelar sarjana untuk perusahaan merekrut karyawan yang ahli di bidang ini. Skill dan portofolio yang baik sudah cukup bagi perusahaan. 

5 bahasa pemrograman terpopuler

Sebelum membahas apa saja bahasa pemrograman terpopuler, kamu harus tahu faktor apa yang menjadikan 5 bahasa tersebut terpilih menjadi yang terbaik. Ini dia alasannya:

  • Lama pemula mempelajari bahasa dari awal hingga mampu membuat aplikasi yang baik.
  • Banyaknya permintaan tenaga kerja yang ahli dengan gaji besar dalam bahasa pemrograman tersebut. 
  • Produktivitas secara keseluruhan dalam mengelola bahasa.

Nah, berikut kelima bahasa pemrograman terpopuler yang menarik untuk kamu pelajari!

1. Python menduduki 5 peringkat teratas bahasa pemrograman terpopuler

bahasa pemrograman terpopuler
www.its.ac.id

Yang pertama ada Python. Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang sulit untuk dipahami, keunggulan python adalah pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks.

Bahasa Python selalu menduduki peringkat 5 besar bahasa pemrograman terpopuler. Bukan tanpa alasan, Python menghasilkan beberapa produk terkenal seperti Youtube, Wikipedia, Google, Yahoo!, Instagram, Nasa, dan lainnya. 

Python juga biasa digunakan untuk komputasi ilmiah dan matematika, salah satu proyeknya adalah Artificial Intelligence. 

2. SQL

SQL atau Structured Query Language biasa digunakan untuk sistem database. SQL digunakan untuk perihal administrating, updating, maintaining, dan manipulating database atau tabel yang menggunakan bisnis decision-making.

Back End Developer dan Full Stack Developer adalah profesi yang biasanya menangani bahasa SQL.

3. JavaScript

bahasa pemrograman terpopuler
www.gmedia.net.id

Bahasa ini cukup umum digunakan sebagai bahasa script di sisi client. Ketika pengguna me-request halaman HTML berunsur JS, script akan dikirim ke browser dan browser akan melakukan perintahnya. 

Semua orang dapat melihat script JS yang ada di HTML dan dapat menyalin kodenya. Keterbukaan inilah yang memberi keuntungan bagi pemula untuk melihat, mempelajari, dan menggunakan contoh JS yang ada di WWW.

JS menjadi bahasa yang sering dijadikan syarat keahlian untuk profesi Front End Developer bersama dengan HTML dan CSS. Jadi, kamu bisa mulai mempelajari JS sesudah menguasai HTML dan CSS terlebih dahulu. 

4. Java bahasa pemrograman terpopuler di kalangan programmer Android

Java digemari oleh aplikasi developer lokal hingga internasional karena portabilitasnya yang tinggi dan serbaguna. Bahasa ini cukup mudah penggunaannya karena berorientasi pada objek. Biasanya Java digunakan untuk Android OS, yang mana kebanyakan digunakan oleh merk smartphone.

5. PHP

PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa pemrograman yang bersifat open source, dimana pengguna bebas memodifikasi dan mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan. Fungsinya yaitu digunakan untuk pengembangan website. Ini karena fleksibilitasnya yang tinggi dan PHP juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi komputer. 

Dari kelima daftar diatas kamu bisa mulai salah satu bahasa yang disukai dan menekuninya hingga berhasil menjadi seorang programmer profesional. Dengan keterampilan yang kamu miliki, kamu bisa membuat situs website ataupun aplikasi sendiri. Dimana dalam website tersebut kamu bisa berbagi pengalaman, memamerkan portofolio, hingga menghasilkan uang!

Saat membuat website, mencoba berlangganan produk Cloud Hosting dari Jagoan Hosting adalah ide yang bagus! Website kamu akan menjadi lebih keren dengan cloud hosting terbaik. Kamu juga bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan mengatur sendiri spesifikasi hosting yang diinginkan. 

Bagaimana menurut kamu, Sob? Tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman yang mana?

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like