Tingkat Stress Guru – Kebijakan pemerintah yang mengharuskan untuk melakukan segala aktivitas di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar memiliki tantangan tersendiri. Tantangan tersebut adalah dampak kesehatan mental para pendidik selama melakukan aktivitas belajar mengajar.

Hasil dari pembelajaran daring ini bisa menjadi ketakutan dan kekhawatiran tersendiri bagi pendidik, seperti takut jika pembelajaran tidak efektif, kurang maksimal dalam penyampaian dan lain sebagainya. Efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan beberapa strategi untuk mengurangi tingkat stress selama melakukan kegiatan belajar mengajar saat masa pandemi seperti saat ini.

Jagoan Hosting sudah merangkum strategi yang bisa Anda terapkan agar bisa beradaptasi dengan baik sehingga dapat menghindarkan Anda dari stres. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan!

1. Beristirahat dan melakukan hobi bisa jadi cara kurangi tingkat stress guru selama pandemi

tingkat stress guru
Photo by Zoe Schaeffer on Unsplash

Strategi pertama adalah mengutamakan istirahat dan melakukan hobi.

Ketika sedang tidak mengajar, usahakan untuk beristirahat sejenak atau melakukan kegiatan yang Anda sukai. Misalnya saja dengan berkebun, memasak, membaca buku, menonton film, atau bermain game.

Lakukan apapun yang bisa membuat Anda terhindar dari kecemasan dan kekhawatiran akibat melakukan kegiatan mengajar di rumah. 

2. Terapkan gaya hidup sehat

Selama pandemi seperti ini penting untuk selalu menjaga imunitas, salah satu caranya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Menerapkan gaya hidup sehat juga tidak hanya bertujuan untuk menghindarkan dari stres.

Cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat adalah jaga asupan makanan dan istirahat yang cukup serta berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh dan sering-sering mencuci tangan.

3. Berkonsultasi tentang kesehatan mental

Ada baiknya jika Anda merasa stres dengan adanya pembelajaran daring, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli seperti, psikolog dan konselor.

Memendam kecemasan dan kekhawatiran tentang efektivitas belajar daring hanya dapat memperburuk keadaan dan bisa menimbulkan penyakit psikosomatis. 

3. Lebih selektif dalam memilih pemberitaan online bisa tekan tingkat stress guru

tingkat stress guru
Photo by John Tuesday on Unsplash

Banyak berita yang tersebar di media online, berita yang berkembang pun tidak jarang membuat kita semakin takut dan cemas. Untuk mengurangi hal tersebut, Anda bisa lebih selektif dengan pemberitaan media online.

Selain itu, Anda bisa melakukan kegiatan selingan seperti, meluangkan waktu untuk belajar di luar kelas dengan murid-murid yang memiliki kesulitan dalam memahami pelajaran saat belajar daring.

Hal tersebut akan lebih bermanfaat dan dapat mengurangi kecemasan dan kekhawatiran Anda tentang pemahaman murid-murid saat belajar daring. 

5. Berkomunikasi dengan orang terdekat 

Anda bisa bercerita tentang keluh kesah tentang belajar daring kepada orang terdekat, seperti rekan sesama guru atau keluarga.

Jika Anda kurang memahami sistem pembelajaran daring yang mengharuskan penggunaan teknologi dan internet, Anda bisa bercerita kepada orang sesama guru yang menurut Anda ahli dalam teknologi dan internet. 

Itu dia strategi untuk mengurangi tingkat stres dalam belajar mengajar selama pandemi yang bisa Anda terapkan. Di masa-masa seperti ini, penting untuk menjaga diri, tidak hanya secara fisik namun secara mental.

Adanya stres tersebut juga bisa disebabkan karena rumitnya sistem akademik yang dilakukan secara online. Namun, Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mengurangi kecemasan Anda dengan salah satu layanan Jagoan Hosting yaitu, dengan Instant School App. Satu aplikasi yang memungkinkan Anda bisa lebih mudah dalam melakukan pembelajaran secara daring. 

Instant School App bisa menjadi solusi kebutuhan digitalisasi sekolah Anda. Mulai dari kegiatan belajar mengajar, ujian online hingga pengumuman kelulusan bisa Anda dapatkan dalam satu aplikasi ini. Jadi, tunggu apalagi konsultasikan kebutuhan digitalisasi sekolah Anda dengan Jagoan Hosting! 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like