7 Rekomendasi Software Editing Video Terbaik dan Populer

software editing video

Seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial, pembuatan konten semakin menjadi tren. Salah satu jenis konten yang dianggap paling signifikan dalam memberikan interaksi adalah video. Dibalik proses pembuatan sebuah konten video tentu tak lepas dari penggunaan software editing video yang tepat dan mendukung kebutuhan pengguna.

Pada dasarnya, ada banyak macam-macam software editing video yang telah berkembang, baik untuk perangkat komputer maupun ponsel. Namun, tidak bisa dipungkiri fitur aplikasi editing video pada komputer tentu memiliki fitur yang lebih canggih dan lengkap. 

Apa saja rekomendasinya? Yuk, simak artikelnya untuk menemukan daftar software editing video termasuk untuk pemula.

7 rekomendasi software editing video 

Beragam aplikasi untuk editing video tersedia dengan sejumlah fitur dan kelebihan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Berikut adalah beberapa macam-macam software editing video paling populer:

Adobe Premiere Pro

Software editing video produk dari Adobe ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kelengkapan fitur dan elemen didalamnya membuat aplikasi satu ini populer di kalangan editor video profesional. Adobe Premiere Pro ini sendiri sudah diunduh oleh jutaan pengguna di seluruh dunia dan menjadi salah satu yang paling terkenal. 

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini baik secara online maupun offline. Selain itu, aplikasi ini telah terintegrasi dengan produk Adobe lainnya, seperti Adobe Illustrator. Dengan demikian, pengguna dapat mengintegrasikan aset dari aplikasi Adobe lainnya.

Keunggulan lainnya dari Adobe Premiere adalah layanannya yang memungkinkan pengguna melakukan editing video untuk berbagai format, mulai dari low resolution sampai virtual reality. Namun, hal yang perlu diketahui adalah bahwa aplikasi satu ini tidak gratis. Kamu harus berlangganan per bulannya untuk menikmati fitur di dalamnya. 

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu DevOps? JobDesc, Tahapan dan Toolsnya 

Baca juga: Cara Kompres Video Online di HP & Laptop Mudah Tanpa Apli

Sony Vegas

Selain Adobe Premiere, kamu juga bisa menggunakan Sony Vegas sebagai salah satu software editing video terbaik. Jika dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya, Sony Vegas dinilai lebih mudah dan membuatnya sebagai software editing video untuk pemula. 

Fitur yang disediakan juga tidak kalah lengkap untuk digunakan sebagai aplikasi editing video profesional. Namun, karena tampilannya lebih sederhana dan mudah untuk dipahami, membuat aplikasi ini lebih banyak dipilih oleh pemula. 

Keunggulan Sony Vegas terletak pada fitur editing audio yang baik. Aplikasi ini menyediakan fitur canggih untuk menciptakan hasil audio yang jernih dan berkualitas pada video. Jadi, jika kamu mencari software editing video dengan fitur lengkap namun mudah untuk dipelajari, maka Sony Vegas adalah opsinya.

Final Cut Pro

Rekomendasi software editing video berikutnya adalah Final Cut Pro yang juga populer di kalangan profesional. Aplikasi ini secara khusus didesain untuk sistem operasi Mac. Dengan kata lain, pengguna Windows atau Linux tidak bisa menggunakan aplikasi yang dinilai eksklusif ini.

Oleh karena itu, pengguna Final Cut Pro dapat dengan mudah menghubungkan koleksi Photos dan iTunes mereka untuk mempermudah proses editing. Fitur unggulan pada aplikasi ini juga terletak pada fiturnya untuk menghilangkan kamera atau tripod yang muncul pada video. Fitur tersebut sangat bermanfaat pada pengambilan video secara 360 derajat.

DaVinci Resolve

Aplikasi DaVinci Resolve menjadi salah satu software editing video yang mulai banyak dibicarakan oleh para editor. Produk dari da Vinci System ini memiliki fitur unggulan yang dinilai mampu menjadi saingan Adobe Premiere. Hal ini didasarkan pada kecepatannya yang lebih optimal daripada produk keluaran Adobe tersebut.

Cloud VPS
Cek Konten Lainnya:
Cara Cek IP Address di Laptop, Android dan iOS yang Mudah!

Selain itu, DaVinci Resolve dapat digunakan secara gratis, beroperasi pada beberapa OS (Windows, Linux, Mac), mudah dioperasikan, dan proses rendering yang cepat.

Lightworks

Aplikasi Lightworks adalah software editing video yang sangat direkomendasikan untuk kebutuhan profesional. Ada banyak produksi industri film yang menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video mereka, seperti Mission Impossible, Shutter Island, dan Pulp Fiction.

Dengan kata lain, fitur dan layanan yang tersedia pada Lightworks mendukung beragam animasi, format, dan kebutuhan lain yang dibutuhkan dalam industri film. Aplikasi ini bisa digunakan baik dalam versi gratis maupun berbayar. Namun, saat menggunakan versi gratis resolusi tertinggi video yang bisa dihasilkan hanya berukuran 720p.

LumaFusion

Software editing video berikutnya adalah aplikasi yang juga secara eksklusif dibuat untuk pengguna iOS. Selain digunakan oleh profesional, aplikasi ini juga cocok digunakan sebagai software editing video untuk pemula. Fitur dan tampilan aplikasi juga sederhana serta mudah untuk dipelajari. 

Penggunaan aplikasi ini tidak gratis karena pengguna harus membayar setidaknya Rp300 ribu untuk mengakses fitur di dalamnya. Namun, nominal tersebut dianggap sepadan dengan kualitas hasil video dan fitur yang tersedia.

Filmora

Salah satu software editing video untuk pemula paling populer adalah Filmora. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan mudah dioperasikan oleh pemula. Ada banyak elemen menarik dan gratis yang bisa diakses untuk menciptakan hasil editing video berkualitas. 

Selain itu, Filmora juga tersedia dalam versi mobile dengan nama FilmoraGo. Adanya versi mobile tentu akan memberikan kemudahan untuk pengguna dalam mengedit video pendek untuk keperluan konten sosial media yang menarik. 

Itu dia, Sob daftar rekomendasi software editing video yang bisa kamu gunakan. Pada dasarnya, setiap aplikasi memiliki fitur dan kelebihan masing-masing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu. Namun, hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan aplikasi editing video adalah spesifikasi perangkat yang digunakan.

Cek Konten Lainnya:
15 Cara Meningkatkan Keamanan Website, Wajib Tahu!

Beberapa aplikasi membutuhkan spesifikasi tinggi untuk bisa menjalankan fungsinya dengan normal. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu memilih berdasarkan kemampuan dan spesifikasi perangkat yang ada. Dari daftar rekomendasi di atas, aplikasi mana yang menurut kamu paling menarik, Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara melacak hp
Read More
9 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Nyala & Mati!
Cara melacak HP yang hilang penting diketahui oleh setiap orang. HP sebagai produk teknologi semakin tidak bisa ditinggalkan,…