Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

7 Jurus Terjitu Membangun Tim Kerja Solid untuk Bisnis

Dalam sebuah bisnis, dibutuhkan sebuah tim kerja solid. Tentu saja bukan untuk menjalankan proses produksi, tapi juga management perusahaan. Tidak ada bisnis yang bisa dibangun dengan usaha sendiri. Bahkan sebesar perusahaan ternama Apple, Microsoft, Facebook, Tokopedia, hingga Jagoanhosting.com pun membutuhkan tim kerja solid.

Banyak orang yang akan mempertanyakan keefektifan jumlah manusia dalam 1 tim. Semakin banyak, seolah semua tidak akan efektif dalam bekerja. Namun nyatanya, setiap perusahaan yang baik akan memanfaatkan kinerja, keahlian dan bahkan peluang sukses masing-masing orang dalam tim untuk bisa membantu kesuksesan perusahaan.

Ada beberapa tips membangun Tim Kerja Solid untuk sebuah bisnis. Berikut ini uraiannya:

  1. Manfaatkan sosial media

Tidak ada karyawan di zaman sekarang yang tidak memiliki sosial media. Termasuk anggota tim kerja Anda yang pastinya sudah akrab dengan sosial media. Sosial media memiliki manfaat yang positif dalam membangun Tim Kerja Solid untuk bisnis.

Setiap anggota tim dapat memanfaatkan sosial media ini untuk membentuk group yang akan membantu dan memudahkan mereka dalam berkomunikasi di luar perusahaan. Tentu saja dengan kesadaran masing-masing orang untuk tetap pada aturan yang tidak merugikan siapapun.

Sosial media mendekatkan dan merekatkan hubungan sosial yang terbentuk di dalam tim Kerja Anda. Anda bisa memilih mau menggunkan apa untuk lebih mudah digunakan oleh semua anggota tim.

  1. Lakukan pendekatan secara individual

Tidak ada manusia yang ingin disamakan dengan orang lainnya. Setiap orang memiliki perbedaan baik dari keahlian, kesukaan ataupun hal yang ingin mereka capai. Ada baiknya setiap anggota di dalam tim mengenal satu dengan lainnya. Tentu saja untuk lebih menghargai satu dengan lainnya. Mendukung apa yang ingin dicapai dan menghindari perselisihan karena tidak saling mengenal.

Ada baiknya setiap anggota tim saling menyampaikan apa yang menjadi kelebihan dan kekurang mereka, tentu saja hal yang ingin mereka bagikan. Tanpa paksaan, karena setiap orang juga memiliki ruang untuk privacy mereka sendiri.

Setiap orang harus menghargai apapun yang disampaikan. Suka tidak suka, setiap orang yang berpendapat harus dihargai. Jika suka maka bisa langsung menyampaikan, jika pun tidak bisa menggunakan waktu lain untuk menyampaikan dan menyamakan maksud dari apa yang disampaikan sebelumnya. Pastinya untuk mendapatkan suasana kerja yang nyaman dan membangun Tim kerja solid.

  1. Gunakan waktu luang untuk hangout bersama tim

Hal ini bisa menjadi bagian yang dapat membuat semua anggota tim lebih mengenal satu dengan lainnya. Gunakan 1 atau 2 kali dalam 1 bulan untuk keluar dan menghabiskan waktu bersama di luar kantor. Menikmati secangkir kopi dan saling bertukar pikiran, akan lebih merekatkan hubungan antar anggota tim.

Bahkan tidak ada yang menyangka, jika acara sederhana ini bisa saja memunculkan ide-ide baru untuk bisnis yang sedang dijalani.

  1. Gunakan platform kerja bersama

Jika Anda bekerja di dunia digital yang erat kaitannya dengan teknologi terbaru. Maka bukan hal yang sulit untuk menemukan platform kerja bersama. Seperti Trello yang digunakan untuk menuliskan to do list bersama dalam sebuah tim. Slack yang digunakan untuk melakukan percakapan dalam perusahaan, dan Google Drive dengan semua fiturnya yang dapat digunakan untuk bekerja bersama.

Dengan memanfaatkan platform kerja bersama ini, maka akan lebih mudah bagi semua anggota tim berkolaborasi menciptakan karya bersama. Tidak ada waktu yang seolah teruang percuma untuk sekedar bekerja bersama dengan cara yang konvensional. Meski terkadang cara ini tetap dibutuhkan untuk membangun tim kerja solid dari sisi komunikasi dan bertukar pikiran.

  1. Belajar banyak hal baru bersama

Selain bekerja dengan platform bersama, ternyata banyak hal yang bisa dilakukan bersama, yaitu belajar hal baru bersama. Misalnya saja datang ke sebuah seminar atau melakukan perjalanan yang dapat memunculkan ilmu baru bersama.

Setiap anggota mungkin memiliki pemikiran dan ide perjalanan yang berbeda. Itu sebabnya, komunikasi dan diskusi perlu dilakukan sebelum memutuskan akan pergi kemana. 🙂

  1. Ciptakan program pengenalan karyawan

Program seperti ini bisa diciptakan bukan hanya untuk mengenal semua anggota di dalam 1 tim unik kerja. Tapi bisa juga dengan mengadakannya untuk mengenal semua anggota di dalam tim kerja lainnya.

Jagoanhosting.com adalah salah satu perusahaan yang menerapkan cara ini. Melalui sebuah program Sharing Session, semua anggota dari banyak tim unik kerja bisa saling menyampaikan pendapat, bisa saling mengenal melalui segmen Fun Fact, dan juga bisa membagikan ilmu baru yang mereka dapatkan.

Tentu saja salah satu perusahaan Provider Hosting Terbaik Indonesia ini tidak mudah membangun tim kerja solid untuk perusahaannya. Namun semua anggota di dalam banyak tim unik kerja saling mendukung di acara ini.
Anda pun bisa menerapkannya di perusahaan Anda saat ini. 🙂

  1. Berilah mereka penghargaan

Yang terakhir untuk membangun Tim Kerja Solid dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan adalah dengan memberikan penghargaan terhadap karyawan yang berprestasi, bahkan pun untuk mereka yang tidak berprestasi namun sudah membantu untuk perusahaan.

Penghargaan berupa ucapan terima kasih adalah bentu yang paling sederhana. Tentu saja dengan memberikan penghargaan lain, agar setiap karyawan lebih bersemangat dalam menggapai prestasi selanjutnya.

Penghargaan bukan sekedar untuk memberikan semangat bagi karyawan untuk terus berprestasi dan memberikan manfaat untuk perusahaan. Tapi juga untuk membangun Tim Kerja Solid untuk perusahaan.

Nah, 7 jurus terjitu di atas adalah beberapa saja dari yang dapat Anda terapkan di dalam tim kerja Anda. Jika memang perusahaan Anda memiliki budaya sendiri, maka cobalah untuk menyamakan visi dan misi dengan perusahaan. Tanpa mengurangi niat untuk membangun Tim Kerja Solid, maka Anda bisa melakukan berbagai hal dengan cara Anda sendiri.

Sebab yang paling mengerti bagaimana tim Anda bekerja adalah Anda dan mereka. Setiap tim memiliki cara masing-masing untuk bekerja, dalam menyelesaikan setiap tugas dan tanggungjawabnya. Sama halnya ketika seseorang memiliki cara berbeda dalam memahami apa itu arti Tim Kerja Solid.

Lalu bagaimana menurut Anda sendiri?

SM Team

  • Bakal sering baca-baca nih, buat belajar hosting