Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Tips Bisnis Online: 5 Manfaat Memiliki Akun Facebook Bisnis

Kamu masih bingung mencari Tips Bisnis Online? Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Akun Facebook Bisnis.

Menjalankan bisnis di era digital tidak lagi sesulit dulu. Semakin banyak media yang bisa digunakan, semua proses bisnis dan aktivitas online lainnya seolah 10x lebih cepat. Kenapa bisa begitu? Tentu saja, sebab manusia yang setiap waktunya dekat dengan gadget atau sosial media pun menjadi target pelanggan loyal yang mudah untuk dijangkau.

Begitupun saat kamu menggunakan sosial media seperti Facebook untuk menjalankan bisnis. Baik untuk mempromosikan produk, sampai melakukan transaksi. Setiap bisnis harus memiliki akun Facebook bisnisnya sendiri.

Sebab, sama halnya dengan website toko online yang akan jauh lebih professional ketimbang hanya dengan blog biasa. Akun Facebook pun akan memberikan kekuatan untuk branding sebuah bisnis, ketimbang hanya “numpang” di akun Facebook pribadi kamu sendiri.

Nah, inilah 5 manfaat yang akan bisnismu rasakan saat memiliki akun Facebook Bisnis sendiri:

1. Menumbuhkan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan

Jika kamu menjalankan bisnis online, maka perhatianmu bukan hanya sekedar pada seberapa banyak penjualan produkmu via online. Tapi bagaimana kamu menjalin hubungan baik dengan pelanggan yang sudah pernah membeli agar terus datang lagi.

Dengan adanya Akun Facebook Bisnis sendiri inilah, maka diskusi dengan pelanggan akan dengan mudah terjalin. Kamu benar-benar akan merasa dekat dengan pelanggan. Terlebih saat mereka merekomendasikan dengan mencantumkan Akun Facebook Bisnismu di postingan mereka.

Dengan Akun Facebook Bisnis ini juga, kamu bisa membuat sebuah forum tersendiri untuk diskusi yang dijalin oleh pelangganmu. Mereka bisa bebas berdiskusi tanpa takut data tersebar ke orang yang tidak mereka inginkan.

2. Maksimal dalam mengajak pengunjung untuk membeli produk

Selain membuat pelanggan menjadi lebih loyal, Akun Facebook Bisnis akan membuatmu mudah menarik lebih banyak pelanggan baru. Bahkan menkonversi kunjungan mereka yang awalnya hanya “stalking akun Facebook Bisnismu” menjadi tergiur untuk datang ke website bisnis online dan membeli produkmu.

3. Mendapatkan banyak feedback dari pengunjung

Akun Facebook Bisnis menjadi tempat yang pas untukmu mendapatkan banyak Feedback dari pengunjung dan juga pelangganmu. Selain review seputar produk dan pelayanan yang mereka terima. Feed back dapat berhubungan pula dengan bagaimana keinginan mereka dapat terpenuhi oleh bisnismu.

Terlebih jika kamu memiliki grup Facebook tersendiri. Akan sangat mudah untukmu mendapatkan banyak feed back dari mereka yang memiliki bahasan yang sesuai dengan apa yang ingin kamu kembangkan.

4. Media promosi paling mudah dan murah

 Selain untuk mendapatkan banyak feed back dari pengunjung ataupun dari pelanggan. Akun Facebook Bisnis pun bisa menjadi tempatmu mempromosikan bisnis dengan mudah dan murah. Namun ada pula iklan yang harus kamu bayar agar bisa mendapatkan jangkauan pengunjung dan pembeli yang jauh lebih luas lagi.

Promo yang akan kamu tampilkan juga bisa disesuaikan dengan target bisnis yang sudah kamu miliki. Sehingga ketika konten promo mu tampil di Facebook, maka konten tersebut akan terdistribusi dengan baik di Facebook.

5. Membangun kepercayaan dan meningkatkan nilai bisnis

Banyak pebisnis yang meremehkan ini. Bisnis online yang menggunakan sosial media memang sah-sah saja. Tapi jangan abaikan jika bisnismu pun membutuhkan Akun Facebook Bisnis yang resmi. Sebab, tanpa akun Facebook yang resmi akan banyak calon pelanggan yang ragu dengan keaslian brand atau bisnismu. Mereka pun akan meremehkan nilai bisnismu.

Jangan campur adukkan akun bisnis dengan akun pribadimu. Sebab sama halnya dengan website toko online yang memiliki nama domain khusus untuk bisnismu. Akun Facebook Bisnis yang memiliki nama bisnis atau brandmu akan semakin terpercaya.

Begitulah, setidaknya 5 hal yang menjadi manfaat dari adanya akun Facebook Bisnis yang kamu miliki. Tidak ada batasan sosial media apa saja yang harus kamu gunakan. Tapi pastikan bahwa kamu sudah memisahkan akun bisnis dengan akun pribadimu. Ini akan membantumu melakukan branding bisnis dengan lebih mudah.

Membranding bisnis memang susah-susah gampang. Terlebih saat kamu ingin membangun bisnis online dengan lebih professional lagi, maka website toko online akan memberikan kamu kemudahan sebagai media branding yang lebih terpercaya.

Jangan khawatir tentang bagaimana membuat website untuk bisnis onlinemu. Sebab kini banyak provider website toko online yang siap memenuhi semua kebutuhan onlinemu. Sehingga kamu memiliki banyak waktu untuk lebih fokus mengembangkan strategi bisnis dan juga konten untuk promosi bisnismu.

Lalu mana apa lagi yang kamu tunggu? 🙂

Nelsi Islamiyati